11 Bahasa Gaul Gen Z yang Sering Dipakai di Medsos

Jum'at, 14 Juli 2023 - 16:08 WIB
Bahasa gaul yang diciptakan Gen Z sangat beragam dan unik di media sosial. Foto/Spectrum
JAKARTA - Selalu ada bahasa gaul terbaru yang bermunculan di media sosial, seperti di Twitter, Instagram, dan TikTok. Bahasa ini umumnya dibuat oleh anak-anak muda Gen Z.

Generasi Z, yang terdiri dari individu yang lahir antara pertengahan 1990-an hingga pertengahan 2000-an, memang jagonya membuat bahasa atau istilah baru atau singkatan unik untuk digunakan di media sosial. Bahasa ini sekaligus merefleksikan dinamika budaya, kehidupan sosial, dan interaksidi dunia maya yang khas generasi muda.

Berikut ini 11 bahasa gaul yang kini kerap dipakai Gen Z.



1. Cegil





Cegil adalah singkatan dari "cewek gila". Meski awalnya dipakai untuk konotasi negatif, tapi belakangan kata gaul ini juga kerap dipakai sebagai bahan lelucon atau bercanda untuk menggambarkan perempuan yang perilakunya tak sesuai norma umum masyarakat. Contohnya: "Aktris ini hobinya perankan karakter cegil".

2. Clingy



Clingy diambil dari bahasa Inggris yang artinya "tidak bisa/susah lepas", terutama dalam hal ini dari pasangannya. Contohnya: "Clingy banget, sih, lo".

3. Flexing



Ini juga diambil dari bahasa Inggris. Artinya "pamer/memamerkan". Contohnya: "Dia kebanyakan flexing".

4. Ghosting



Kembali dari bahasa Inggris, yang artinya "tiba-tiba hilang, tidak melanjutkan interaksi". Istilah ini umumnya dipakai untuk urusan percintaan, tapi kini juga dipakai untuk situasi non-asmara. Contoh: "Gue di-ghosting klien kemarin".

5. Healing



Healing mengacu pada arti "melepas stres dengan melakukan aktivitas tertentu". Contohnya: "Healing dulu ke Bali".

6. Picky



Ini juga diadaptasi dari bahasa Inggris, yang artinya "Terlalu banyak memilih". Contoh: "Lo jangan terlalu picky,sih, kata gue".



Foto: iStock

7. Red Flag

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. SINDOnews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More