7 Film Biopik tentang Wanita Indonesia, Cocok Ditonton saat Hari Perempuan Internasional

Senin, 06 Maret 2023 - 15:17 WIB
Film biopik tentang tokoh perempuan Indonesia salah satunya memotret perjalanan hidup pebulutangkis Susi Susanti. Foto/Time International Films
JAKARTA - Para perempuan Indonesia juga punya kiprah yang luar biasa, dan beberapa di antaranya dianggap punya kisah hidup yang menarik untuk diangkat ke dalam sebuah film panjang.

Sedikitnya ada tujuh film Indonesia yang masuk kategori film biopik tentang tokoh perempuan di Indonesia. Mereka terdiri dari pahlawan nasional hingga pengusaha.

Berikut ini tujuh film biopik Indonesia yang pernah diproduksi, sangat pas ditonton saat momen Hari Perempuan Internasional pada 8 Maret mendatang.



1. Before, Now & Then (2022)





Foto: Fourcolours Films

Film yang juga berjudul Nana ini disutradarai oleh Kamila Andini, dan merupakan film biopik tentang Raden Nana Sunani, perempuan Sunda yang hidup pada era 1960-an. Ceritanya diadaptasi dari bab pertama novel Jais Darga Namaku karya Ahda Imran.

Before, Now & Then menyoroti kehidupan sulit seorang perempuan pada masa budaya patriarki yang masih sangat kental. Tokoh utamanya adalah Nana (Happy Salma), perempuan yang menikah lagi dengan seorang pria kaya dan terhormat di kampungnya. Namun belakangan, suaminya ketahuan memiliki hubungan dengan perempuan lain.

2. Kartini (2017)



Foto: Legacy Pictures

Kemunculan film Kartini merupakan penampilan ketiga sang pahlawan di layar lebar setelah R.A. Kartini (1984) dan kisah fiksi Surat Cinta untuk Kartini (2016). Film ini mengisahkan tentang Kartini (Dian Sastrowardoyo) yang berjuang untuk menyetarakan hak bagi semua orang baik ningrat ataupun bukan, terutama hak pendidikan untuk perempuan.

3. Tjoet Nja’ Dhien (1988)



Foto: Kanta Indah Film

Film Tjot Nja’ Dhien (Christine Hakim) mengisahkan tentang perjuangan perempuan Aceh melawan tentara Belanda. Film ini menjadi film Indonesia pertama yang tampil dalam Festival Film Cannes 1989 di Prancis, serta memenangkan piala film terbaik FFI 1988.

4. Athirah (2016)



Foto: Miles Films

Athirah atau yang dikenal juga dengan judul internasional Emma’ (berarti "ibu" dalam bahasa Makassar) merupakan film biopik yang diadaptasi dari novel dengan judul sama karya Alberthiene Endah. Film tersebut menceritakan kisah ibunda Jusuf Kalla, yakni Athirah Kalla (Cut Mini Theo) yang bergulat melawan perasaannya demi mempertahankan keutuhan keluarga.

5. Susi Susanti: Love All (2019)



Foto: Time International Films
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. SINDOnews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More