CERMIN: Bisakah Kita Menonton Film Tanpa Pretensi, Teori, dan Referensi?

Sabtu, 21 Januari 2023 - 13:27 WIB
Menonton film adalah pengalaman personal, juga sebagaimana membuat film. Bisa saja saya membuat film dari hal yang pernah saya alami dan ternyata beresonansi dengan para penonton karena mereka pernah berada dalam situasi serupa.

Tapi saya berupaya sekuat tenaga menghindari ambisi untuk mengesankan siapa pun ketika membuat film. Yang terpenting bagi penonton setelah menonton film adalah yang mereka rasakan ketika menontonnya dan perasaan itu sampai dengan jujur ke hati mereka masing-masing. Boleh saja kita mengagumi sebuah film tapi lantas melupakannya begitu saja karena after taste-nya tak tertinggal di hati.

Baca Juga: 10 Film Populer Ini Dibenci Kritikus, tapi Laku di Box Office

Jadi apa yang saya rasakan setelah menyaksikan Autobiography? Apa yang saya rasakan mungkin tak penting, karena sekali lagi menonton film adalah pengalaman personal.

Saya melihat aspek teknis visual, warna hingga ilustrasi musik yang terasa betul-betul diperhitungkan. Saya juga melihat Kevin Ardilova yang bermain luar biasa dan sangat berbeda dan sangat pantas meraih Piala Citra. Dan tentu saja Autobiographyadalah sebuah film Indonesia yang perlu dirayakan dengan menontonnya di bioskop.

AUTOBIOGRAPHY

Produser: Yulia Evina Bhara

Sutradara: Makbul Mubarak

Penulis Skenario: Makbul Mubarak

Pemain: Kevin Ardilova, Arswendy Bening Swara, Rukman Rosadi

Ichwan Persada

Sutradara/produser/penulis skenario, pernah menjadi dosen di Universitas Padjajaran dan SAE Institute
(ita)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. SINDOnews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More