4 Cara Agar Kamu Tidak Body Shaming Dirimu Sendiri

Senin, 22 Juli 2019 - 19:55 WIB
4 Cara Agar Kamu Tidak Body Shaming Dirimu Sendiri
4 Cara Agar Kamu Tidak Body Shaming Dirimu Sendiri
A A A
Kadang, ucapan negatif tentang diri kita datang dari orang lain. Tapi kadang juga, ucapan negatif itu justru datang dari pikiran kita sendiri. Kalau ini yang terjadi, gimana mengatasinya?

Siapa yang suka ngaca di cermin, terus merasa enggak suka dengan bentuk wajah, badan, lengan, atau anggota tubuh lainnya?

kalau kamu salah satunya, maka kamu tergolong dalam orang-orang yang disebut oleh psikolog sebagai orang yang suka "negatif self-talk" alias berucap dalam hati bahwa diri sendiri buruk dan tidak berharga.

Nah, buat kamu yang suka mengatakan hal-hal buruk pada tubuh kamu, ini tips supaya kamu bisa menghentikannya.

1. Hari Ini Saya Jelek Banget
Dibanding ngomong begini ke diri sendiri, lebih baik kamu katakan begini, "Hari ini tampilan saya memang jelek, tapi enggak apa-apa. Enggak mungkin semua orang tampil keren setiap hari. Yang penting saya menghargai diri saya sebagai manusia."

Dikutip dari Psychology Today, harapan agar semua orang bisa merasa cantik setiap saat adalah harapan yang konyol.

Jauh lebih sehat kalau kamu merasa bahwa kadang-kadang penampilan kamu memang enggak bagus, tapi ada hal-hal lain selain penampilan yang bisa kamu banggakan dan bikin kamu berharga sebagai manusia.

4 Cara Agar Kamu Tidak Body Shaming Dirimu Sendiri

Foto:roamnewroads.ca


2. Saya Enggak Suka Bentuk Tubuh Saya

Nah, ini kayaknya sering kejadian dengan para cewek. Dibanding menghina diri sendiri, lebih baik kamu perlakukan tubuh kamu dengan baik.

Rawat tubuh kamu supaya selalu sehat dan bersih dengan rajin mandi dan pakai produk perawatan wajah dan kulit.

Kalau pun bentuk badan kamu enggak kayak Kim Kardashian atau Rio Dewanto, tapi kalau sehat dan bersih, pasti akan bikin kamu pede. Orang pun akan melihat pancaran positif dari badan kamu yang sehat dan bersih.

4 Cara Agar Kamu Tidak Body Shaming Dirimu Sendiri

Foto: Refinery29

3. Perut Saya (Atau Anggota Tubuh yang Lain) Kelihatan Jelek
Semua anggota tubuh kamu adalah hal yang menunjang kamu untuk bisa hidup. Kaki untuk bisa jalan-jalan, tangan untuk makan dan memeluk, bahkan perutmu pun jadi tempat untuk mengambil nutrisi makanan.

Alih-alih ribet mikirin bentuk satu organ tubuh yang kamu anggap enggak ideal, mending pikirkan semua hal luar biasa yang organ tubuh itu lakukan dari kamu lahir hingga sekarang. Kalau tanpa mereka, apa kamu bakal bisa seperti sekarang?

4 Cara Agar Kamu Tidak Body Shaming Dirimu Sendiri

Foto:readersdigest.com.au

4. Semua orang Kelihatan Lebih Keren Dibanding Saya
Dibanding berpikir seperti ini, atur pikiran kamu dengan bilang pada diri sendiri bahwa kamu akan fokus pada hal-hal yang tidak ada hubungannya dengan penampilan fisik kamu.

Sifat manusia memang suka membandingkan satu dengan yang lain. Tapi kalau kamu mulai membandingkan tubuh kamu dengan teman kamu, hal ini enggak ada manfaat apa-apa selain bikin hidup kamu jadi drama.

Lebih baik fokus pada kelebihan-kelebihanmu yang lain, sekecil apapun kelebihan tersebut.

4 Cara Agar Kamu Tidak Body Shaming Dirimu Sendiri

Foto:vanessacoppes.com
(her)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1784 seconds (0.1#10.140)