6 Alasan untuk Traveling Setelah Lulus Kuliah

Selasa, 21 Mei 2019 - 20:45 WIB
6 Alasan untuk Traveling Setelah Lulus Kuliah
6 Alasan untuk Traveling Setelah Lulus Kuliah
A A A
Setelah lulus kuliah, beberapa orang memutuskan untuk tak segera mencari pekerjaan. Alih-alih, mereka malah bepergian keliling kota atau keluar negeri, bahkan menetap hingga beberapa bulan lamanya.

Ini juga yang dilakukan oleh penulis Emma Sarran Webster. Dalam artikel yang ditulisnya untuk Teen Vogue, Emma bercerita bahwa setelah lulus, dia mendapat visa bekerja di Inggris. Dia lalu tinggal dan bekerja paruh waktu di London sambil jalan-jalan ke banyak tempat.

Emma mengatakan, itu adalah salah satu keputusan yang disyukurinya dalam hidup. Nah, berikut ini enam alasan yang membuat Emma bangga dengan keputusannya itu.

1. Bisa Membantu Kamu Mendapatkan Pekerjaan
Kamu bisa memilih pergi ke luar kota dan menetap di satu kota sambil melakukan pekerjaan paruh waktu, atau kamu traveling ke luar kota atau luar negeri selama beberapa kali dalam setahun. Apapun itu, setelah kamu kembali ke kota asal dan melamar pekerjaan, maka CV kamu akan terasa menarik bagi perusahaan tempat kamu melamar.

"Perusahaan senang bekerja dengan orang-orang yang punya rekam jejak menarik, cerdas, dan terbuka," ujar Britt Swingle, account executive di perusahaan agensi Creative Circle.

Tentu saja, keahlian dan pengalaman punya andil dalam meraih pekerjaan impian, tapi latar belakang traveling itu jadi pembeda kamu dengan para pelamar lainnya, sekaligus membuat kamu jadi menonjol. Apalagi kalau pengalaman jalan-jalan itu kamu dapat di luar negeri sambil bekerja paruh waktu, itu akan membuat kamu makin dilirik oleh perusahaan.

2. Kamu Mungkin Bisa Menemukan Minatmu yang Sebenarnya
Traveling bisa menajamkan pikiranmu tentang pekerjaan dan masa depan seperti apa yang kamu inginkan. Bahkan, seringkali bisa membuatmu menemukan minat baru yang tersembunyi jauh di dalam dirimu.

Josh Gaston, 31 tahun, kini tengah mengambil master untuk Teaching English to Speakers of Other Languages (TESOL). Ini adalah sesuatu yang tak pernah terbayangkan olehnya sebelumnya.

"Saat lulus, aku bingung mau ngapain. Akhirnya aku memutuskan untuk tinggal di China selama setahun. Selama di sana, ternyata aku menemukan minat baru sebagai pengajar," ujarnya.

Setelah setahun, Josh pulang ke negaranya dan kini sambil menuntaskan sekolah, dia berjanji setelah lulus dia akan bepergian sambil mengajar di universitas di negara-negara yang disambanginya.

6 Alasan untuk Traveling Setelah Lulus Kuliah

Foto: littlefishblog.com

3. Cakrawala Berpikirmu Akan Terbuka
Memang terdengar klise, tapi dengan bepergian, maka kamu bisa melihat budaya dan orang-orang dengan cara hidup yang berbeda denganmu. Hal-hal tersebut akan membuat mata dan pikiranmu terbuka dan meluaskan sudut pandangmu dalam berpikir.

Alissa Trowbridge, 29 tahun, pernah ditawai pekerjaan sebagai guru di negaranya di Amerika Serikat. Tapi dia memutuskan untuk jalan-jalan ke China karena merasa dengan traveling, dia akan menjadi guru yang lebih baik.

"Saya belajar, bahwa walau sesuatu itu berbeda dengan yang kita lakukan, bukan berarti itu hal yang salah. Memang tidak mudah untuk bisa menerimanya, tapi kesadaran seperti itu adalah sesuatu yang sangat berharga," ujar Alissa.

4. Kamu Akan Belajar Mandiri
Ini adalah sesuatu yang otomatis kamu lakukan jika bepergian atau tinggal di luar kotamu tanpa ada siapapun yang mengenalmu. Tinggal di kota atau negeri orang akan mengusik zona nyamanmu, sekaligus memaksanya untuk mengatur kembali hidupmu, mulai dari memilih tempat tinggal hingga mengatur keuangan.

Selain itu, kamu akan dipaksa untuk beradaptasi dengan lingkungan baru dan bersosialisasi dengan orang-orang yang juga baru. Di sinilah kekuatan beradaptasimu akan diuji.

6 Alasan untuk Traveling Setelah Lulus Kuliah

Foto: braziliangringo.com

5. Kamu Akan Mengenal Dirimu Sendiri
Masih menyambung dengan poin nomor 5. Dengan mendorong dirimu sendiri menghadapi situasi yang di luar kebiasaanmu, maka kamu akan melihat kemampuan serta potensimu yang selama ini tersembunyi. Awalnya memang sulit, tapi itu adalah pengalaman yang sangat berharga.

"Kamu akan makin mengetahui apa yang kamu suka dan tidak suka, kamu akan dipaksa untuk melakukan sesuatu yang sebelumnya tak pernah terpikirkan olehmu untuk mampu melakukannya. Hal-hal ini akan membuatmu semakin kuat dalam menghadapi situasi apapun," ujar Alissa.

6. Kamu Akan Menyesal Jika Tidak Melakukannya
Kamu bisa saja mengatakan bahwa kamu lebih baik mengejar kesempatan kerja selagi muda atau ingin menabung untuk impian yang lain. Tapi kelak jika kamu semakin berumur dan waktumu semakin sedikit untuk bisa jalan-jalan, maka kamu akan menyesalinya.

Dibanding barang-barang, membelanjakan uang untuk sebuah pengalaman adalah sesuatu yang bermakna. Pasalnya, pengalaman akan terus diingat, bisa diceritakan kepada orang lain atau bahkan anak kita nanti, dan bisa mengubah cara pandang kita dalam melihat hidup.

"Kamu punya banyak waktu untuk menjalani hidup dan pekerjaan yang 'normal', jadi enggak usah buru-buru. Apalagi kalau kamu masih bingung mau ambil jurusan apa, lebih baik pikirkan sambil traveling," kata Alissa.

Singkat kata, bepergian, baik itu menetap sementara di luar kota/negeri akan memberimu pengalaman yang luar biasa. Kamu akan memahaminya hanya jika kamu melakukannya. "Jangan berpikir dua kali, lakukan saja, dan kamu bisa menceritakannya kepada orang-orang yang belum melakukannya," ujar Britt.
(her)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6865 seconds (0.1#10.140)