Tips Agar Aktif Belajar Dirumah Menggunakan Smartphone

Selasa, 07 April 2020 - 14:09 WIB
Tips Agar Aktif Belajar Dirumah Menggunakan Smartphone
Tips Agar Aktif Belajar Dirumah Menggunakan Smartphone
A A A
Selain kantor dan perusahaan, banyak kampus yang meliburkan mahasiswa untuk mengurangi dampak penyebaran virus yang merebak. Sebagai gantinya, mahasiswa diminta belajar secara online dari rumah. Caranya, memanfaatkan teknologi yang ada seperti smartphone.

Maka, selama sepekan terakhir, Gensindo mencoba melakukan eksperimen menggunakan Samsung Galaxy M31. Apakah baterai besar dan kamera selfie beresolusi tinggi punya dampak besar terhadap kenyamanan belajar di rumah? Fitur-fitur apa saja di smartphone yang penting dalam proses pembelajaran?

Satu hal yang pasti, Gensindo cukup terkejut dengan mudahnya dan banyaknya aplikasi, media, serta literatur yang sebagian besar bisa di akses secara gratis. Artinya, kita bisa belajar apa saja yang kita mau, selama punya kemauan.

Nah, berikut beberapa hal yang dapat Gensindo simpulkan:

Mengakses Kuliah Online
IMG_2187

Kegiatan belajar mengajar (KBM) melalui sistem daring atau online saat ini gencar diterapkan sekolah dan perguruan tinggi. Selain prakis, juga gratis. Sebab, sejumlah operator memberikan akses gratis internet hingga puluhan gigabyte (GB) untuk mengakses situs kampus. Misalnya saja Universitas Negeri Malang yang memberikan materi perkuliahan secara streaming maupun berbentuk file yang bisa diunduh di um.ac.id dan sipejar.um.ac.id.

Selain situs resmi Universitas, akses gratis juga diberikan di aplikasi/website tambahan seperti Kelas Pintar, Sekolah.mu, Rumah Belajar, juga portal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( https://belajar.kemdikbud.go.id/ ).

Nah, disini peran ponsel berlayar besar dan tajam menjadi cukup vital. Menyimak materi pembelajaran lebih nyaman di layar Super Amoled 6,4 inci (1080 x 2340 piksel) dengan desain Infinity-U dari Samsung Galaxy M31. Apalagi, mengikuti kuliah online bisa memakan waktu berjam-jam menghadap layar.

Berdiskusi dengan Video Call
IMG_2184

Ponsel pintar juga bisa dijadikan sebagai media diskusi. Ada banyak aplikasi yang memudahkan diskusi hingga beberapa orang sekaligus. Misalnya Zoom atau Google Hangout yang dapat di akses gratis dalam durasi tertentu. Ada dua hal manfaat video call: Pertama, jadi media diskusi interaktif, untuk misalnya mengerjakan tugas. Kedua, sebagai media untuk bertemu, bergosip, dan bercanda. Ini penting karena interaksi dengan teman bisa mengusir kebosanan dan jenuh.

Untungnya, Kamera depan 32MP f/2.2 Samsung Galaxy M31 sangat baik. Dalam kondisi pencahayaan rendah sekalipun. Juga, memiliki pilihan wide dan normal. Tapi, favorit Gensindo adalah baterai-nya yang berukuran masif 6.000 mAh. Streaming non-stop berjam-jam tidak berdampak besar di ponsel ini. Ketika lawan bicara sudah mencari charger, baterai Galaxy M31 belum tembus separuh. Klaimnya, baterai ponsel ini mampu bertahan hingga 48 jam (call-time).

Isi Waktu dengan Belajar Online Gratis
Kuliah online sudah, mengerjakan tugas juga sudah. Bukan berarti mahasiswa tidak bisa belajar mandiri. Caranya mudah dan bahkan gratis. Operator seperti Telkomsel memberi Paket Bebas Akses ilmupedia hingga 30 GB. Kita bisa menyimak koleksi video bimbel di Quipper, belajar Bahasa asing di Cakap dan Bahaso, atau bahkan mengajari adik yang duduk di kelas 1 SD hingga 12 SMA di aplikasi Zenius.

Mengunduh Materi Tutorial di YouTube
IMG_2199

Ada segudang tutorial soal apapun di YouTube. Mulai tips Freeletics untuk menjaga tubuh tetap aktif, tutorial kreatif memanfaatkan barang bekas, hingga belajar coding. Biasanya, agar bisa di tonton kapan saja ada waktu senggang, Gensindo mengunduh berbagai video Tutorial dari YouTube itu di memori internal. Tenang saja, Samsung Galaxy M31 memiliki memori internal hingga 128 GB yang cukup luas untuk mengunduh beragam video dalam resolusi Full HD sekalipun, bahkan dapat diperluas hingga 512 GB menggunakan memori eksternal. Hingga saat ini sudah ada 20 GB video yang diunduh Gensindo menggunakan jaringan wi-fi dirumah.

Selain itu sembari menunggu file yang sedang diunduh, pengguna bisa sembari melakukan multitasking pada beberapa aplikasi lain sekaligus tanpa adanya lagging karena Galaxy M31 juga turut didukung dengan RAM besar 6GB.

Mengetik dan Membuat Materi PPT
IMG_2210
Pembuatan dokumen sekarang bisa dilakukan mudah. Baik dokumen word, excel. Hingga PPT (powerpoint). Semua bisa diakses di ponsel. Yang Gensindo rasakan, walau memiliki baterai 6.000 mAh, desain ponselnya relatif tipis dan tidak berat. Sehingga tetap nyaman untuk digenggam, atau mengetik dalam waktu yang lama.

Join Komunitas di WAG atau Telegram
IMG_2216

Cara praktis lainnya untuk mendapatkan ilmu dan menambah wawasan sambil rebahan di rumah adalah dengan bergabung di komunitas WhatsApp Group (WAG) atau Telegram yang sama-sama memiliki ketertarikan pada bidang tertentu. Misalnya Digital Marketing atau Content Marketing. Asyiknya mengikuti WAG adalah kita bisa mendapatkan banyak materi gratis yang tidak hanya berguna, juga sangat update. Selain itu, jika ada pertanyaan, bisa juga langsung di-jawab oleh anggota lain.
(dng)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.8466 seconds (0.1#10.140)