Tips Supaya Kamu Percaya Diri Saat Presentasi

Jum'at, 06 Desember 2019 - 16:32 WIB
Tips Supaya Kamu Percaya Diri Saat Presentasi
Tips Supaya Kamu Percaya Diri Saat Presentasi
A A A
Presentasi di depan kelas atau di depan bos seringkali bikin gugup. Tapi selalu ada cara untuk jadi master saat bicara di depan umum.

Berikut ini saran dari dokter Susan Biali Haas yang banyak menulis dan berbicara soal stres, lelah mental, dan kesehatan mental, dikutip dari Psychology Today. Tips ini bisa juga, loh, dipraktikkan untuk segala jenis pembicaraan. Langsung cek!

1. PERCAYA DIRI LAHIR BATIN

Tips Supaya Kamu Percaya Diri Saat Presentasi

Foto: headsupcoach.com

Berdiri tegak, angkat kepala, dan pandangan lurus ke depan. Kaki kamu juga harus menjejak ke tanah dengan yakin. Kalau kamu duduk, duduklah dalam posisi yang menunjukkan bahwa kamu benar-benar hadir di sana, fokus, dan layak untuk didengarkan.

Kalau ada panggung dan kamu harus naik ke atas panggung, berjalanlah dengan penuh percaya diri dan tersenyum, bahkan ketika kamu sebenarnyagak percaya diri. Dengan postur tubuh yang percaya diri, kamu bisa menyetel otak atau pikiran kamu bahwa kamu memang bisa menguasai suasana dan bakal tampil keren. Kalo bahasa tubuh kamu meyakinkan, orang juga akan yakin bahwa kamu memang orang yang kompeten.

2. PERSIAPAN MATANG

Tips Supaya Kamu Percaya Diri Saat Presentasi

Foto: isrp2019.com

Rasa gugup pasti datang setiap kali mau tampil. Tapi kalo kamu sudah menguasai materi yang mau disampaikan, maka rasa gugup itu akan hilang begitu kamu sudah bicara dengan lancar. Jadi, jangan terlalu mikirin hal-hal buruk selama persiapan kamu memang benar-benar matang.

Latihan sebelum presentasi juga bisa kamu lakukan demi persiapan yang lebih sempurna. Kamu bisa latihan di depan cermin, sambil senyum, untuk melihat sendiri apakah tampilan kamu enak dilihat atau gak. Pokoknya, semakin matang persiapan, termasuk mengantisipasi pertanyaan-pertanyaan yang muncul dari audiensi, maka kamu akan baik-baik aja.

3. BICARA YANG JELAS DAN JANGAN BERGUMAM

Tips Supaya Kamu Percaya Diri Saat Presentasi

Foto: sanfilippo.org.au

Pernah dengar pembicara atau presenter yang kebingungan mencari kata-kata, terus bilang, "eee..." atau "hmm.." atau "begitu..", dan kata-kata lainnya yang terus diulang-ulang? Nah, kamu mesti menghindari hal itu. Kadang-kadang kita gak sadar mengucapkan itu, tapi biasanya hal tersebut terjadi karena kekurangan perbendaharaan kata.

Nah, coba, deh, latihan untuk bisa efektif merangkai kalimat. Bukan cuma kalimatnya yang mesti jelas dan kata-katanya gak mubazir, tapi pengucapannya juga harus jelas. Lagi, lagi, kamu bisa belajar dengan merekam latihan presentasi kamu sendiri. Ini mungkin akan bikin stres karena kamu bakal menemukan banyak kesalahan, tapi justru itulah gunanya latihan. Practise makes perfect!

4. UCAPKAN LALU DIAM

Tips Supaya Kamu Percaya Diri Saat Presentasi

Foto: thebusinesswomanmedia.com

Sampaikan semua yang kamu maksud, lalu diam dan tunggu respons pendengar. Dengan diam, artinya kamu tegas dan berpegang teguh dengan pendapat tersebut. Biarkan pendengar tahu itu. Kalau suasana heningnya terlalu lama dan kamu merasa kikuk, hitung saja sampai 10, lalu mulai bicara lagi.

Cara yang sama juga bisa kamu lakukan kalau ada sesuatu yang sangat penting yang ingin kamu tekankan. Ucapkan dengan jelas dan tegas serta intonasi meyakinkan, lalu diam. Biarkan audensi meresapi dan paham bahwa yang kamu ucapkan itu benar-benar hal yang penting.

5. IMAJINASIKAN

Tips Supaya Kamu Percaya Diri Saat Presentasi

Foto: overthinkingstereogeeks.wordpress.com

Menurut Susan, otak gak bisa memisahkan antara hal yang kita bayangkan dan hal yang beneran terjadi. Nah, jadi kamu bisa 'menipu' otak kamu dengan membayangkan bahwa kamu tampil keren dan sempurna saat presentasi, biar nantinya beneran jadi kenyataan. Teknik ini juga dipakai oleh atlet selama berpuluh tahun.

Nah, jadi bayangin aja kalokamu bisa jago ngomong kayak Barack Obama atau Greta Thunberg, atau orator-orator ulung lainnya. Dijamin bisa mendongkrak rasa pede, deh!
(her)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0696 seconds (0.1#10.140)