Ini Urutan Nonton Anime Bungou Stray Dogs hingga Season 4

Rabu, 04 Januari 2023 - 23:23 WIB
loading...
Ini Urutan Nonton Anime Bungou Stray Dogs hingga Season 4
Bungou Stray Dogs memasuki Season 4 tahun ini. Sebelum Season 4 dirilis, serial ini punya 3 season, 1 OVA, 1 spinoff, dan 1 film yang terlihat saling terkait. (Foto: Cultured Vultures)
A A A
Bungou Stray Dogs Season 4 akhirnya tayang di layar televisi. Season ini melanjutkan season sebelumnya dengan cerita yang punya benang merah satu sama lain. Karakter di Season 4 sebagian besar adalah karakter dari season atau proyek sebelumnya. Meskipun, ada beberapa karakter baru yang diperkenalkan.

Penonton baru mungkin belum menonton semua season serial ini. Season 4 bisa membuat mereka bingung dengan kelanjutan cerita serial ini karena karakternya yang saling berkaitan. Sejarah antarkarakter ini sangat menarik untuk diikuti karena kedinamisannya. Makanya, mengenal mereka dari awal akan sangat membantu.

Bungou Stray Dogs adalah serial yang cukup kronologis. Meski ada satu OVA dan satu film, serialnya cukup nyambung satu sama lain. OVA dan filmnya memang menjadi kanon untuk keseluruhan ceritanya, tapi keduanya berfungsi untuk memperkaya karakterisasi karakternya. Sementara, season 1—4 dengan ketat mengikuti cerita di manga-nya. Seluruh adaptasi animasi Bungou Stray Dogs dilakukan studio Bones. Seperti apa urutan menonton Bungou Stray Dogs? Simak urutannya berikut ini!



1. Bungou Stray Dogs Season 1

Ini Urutan Nonton Anime Bungou Stray Dogs hingga Season 4

Foto: Fiction Horizon

Bungou Stray Dogs Season 1 dirilis pada 2016. Season ini punya 12 episode dan mengadaptasi chapter 1—16 manga-nya. Season ini lebih banyak berfokus untuk memperkenalkan karakter yang menjadi bagian penting dari keseluruhan cerita serial ini. Season 1 memperkenalkan protagonisnya, Atsushi Nakajima.

Atsushi baru saja diusir dari panti asuhan dan kemudian direkrut menjadi anggota Agensi Detektif Bersenjata (ADA) oleh Osamu Dazai dan Doppo Kunikida. Season ini berfokus pada Atsushi yang beradaptasi dengan kekuatan supranaturalnya dan menghadapi permusuhan dari Port Mafia. Season ini berakhir dengan ADA merekrut anggota baru, Kyouka Izumi, seorang pembunuh dari Port Mafia. Bungou Stray Dogs Season 1 bisa ditonton di Netflix.

2. Bungou Stray Dogs Season 2

Ini Urutan Nonton Anime Bungou Stray Dogs hingga Season 4

Foto: The Geekiary

Bungou Stray Dogs Season 2 ditayangkan tidak lama setelah Season 1, yang juga pada 2016. Season ini punya 12 episode dan mengadaptasi chapter 17—37 dari manga-nya. Cerita di season ini lebih kompleks dan penonton akan disuguhi sedikit cerita tentang masa lalu Osamu Dazai dan bagaimana ADA menghadapi ancaman Guild, organisasi pengguna kemampuan khusus dari Amerika Utara.

Season 2 dimulai dengan sepak terjang Dazai sebelum bergabung dengan ADA. Saat itu, dia menjabat sebagai salah satu eksekutif di Port Mafia. Setelah teman dekatnya tewas, Dazai membelot dan bergabung ADA. Cerita kemudian beralih ke masa sekarang. Guild tiba di Yokohama dan ingin menghancurkan kota itu karena bosnya ingin mendapatkan Buku keramat. ADA bertindak dengan bantuan Port Mafia. Kedua organisasi yang berseteru itu sepakat bekerja sama karena sama-sama cinta Yokohama. Bungou Stray Dogs Season 2 bisa ditemukan di Bstation.

3. Bungou Stray Dogs: Hitori Ayumu

Ini Urutan Nonton Anime Bungou Stray Dogs hingga Season 4

Foto: Bungou Stray Dogs Wiki – Fandom

Bungou Stray Dogs merilis sebuah OVA pada 2017. OVA itu, Hitori Ayumu atau biasa diterjemahkan sebagai He Walks Alone berfokus pada Doppo Kunikida. OVA ini berkisah tentang Kunikida yang dihadapkan dengan pilihan harus melakukan semua rencana seperti yang dia tulis di bukunya atau melakukan hal lain karena insiden yang terjadi di sekitarnya.

OVA ini memberikan pandangan lebih lanjut pada sosok Kunikida. Meski menjadi orang penting di ADA, Kunikida kurang hit dibandingkan dengan Osamu Dazai. Dia adalah sosok yang disiplin, profesional, dan perfeksionis. Dia sering menjadi korban keisengan Dazai. Tapi, dia adalah orang yang sangat peduli pada teman-temannya. Di ADA, dia adalah orang kedua dalam hierarki organisasi itu setelah presidennya, Yukichi Fukuzawa. Bungou Stray Dogs: Hitori Ayumu bisa ditemukan di Bstation.

4. Bungou Stray Dogs: Dead Apple

Ini Urutan Nonton Anime Bungou Stray Dogs hingga Season 4

Foto: IMDb

Bungou Stray Dogs merilis sebuah film berjudul Dead Apple pada 2018. Film ini mengadaptasi manga dengan judul yang sama. Meski tidak terlihat seperti kanon atau punya kaitan langsung dengan cerita utamanya, sejumlah peristiwa di film ini sempat disinggung karakter Bungou Stray Dogs di season 3.

Film Dead Apple berkisah tentang kekacauan besar di bumi. Para pengguna kemampuan ditemukan tewas bunuh diri. ADA menginvestigasi kasus ini dan menemukan kalau seorang pria bernama Collector terlibat dalam kasus ini. Bekerja sama lagi dengan Port Mafia, ADA pun berusaha menangkap si Collector ini dan menyelamatkan Yokohama. Bungou Stray Dogs: Dead Apple bisa ditonton di Bstation bagi pemegang akun premium.

5. Bungou Stray Dogs Season 3

Ini Urutan Nonton Anime Bungou Stray Dogs hingga Season 4

Foto: Amazon

Bungou Stray Dogs Season 3 dirilis pada 2019. Season ini mengadaptasi chapter 38—53 untuk 12 episodenya. Season ini mengangkat busur Kanibalisme yang mengekspos Fyodor Dostoevsky. Sosok ini akan punya dampak hingga busur Bungou Stray Dogs saat ini.

Di busur ini, ADA dan Port Mafia difitnah sehingga mereka saling berhadapan. Tapi, mereka kemudian bisa menyingkirkan perbedaan dan kembali bekerja sama untuk mencari dalang di balik insiden yang nyaris membunuh bos mereka. Selain mengangkat busur Kanibalisme, Season 3 dibuka dengan kisah pertemuan pertama antara Dazai dan Chuuya Nakahara ketika Dazai masih menjadi eksekutif Port Mafia. Ini menguak tabir mengapa Chuuya sangat membenci Dazai, tapi juga mempercayainya. Bungou Stray Dogs Season 3 bisa ditonton di Netflix dan Bstation.

6. Bungou Stray Dogs Season 4

Ini Urutan Nonton Anime Bungou Stray Dogs hingga Season 4

Foto: SportsKeeda
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3908 seconds (0.1#10.140)