8 Fakta di Balik Avatar 2, Dana Besar dan Syuting selama 3 Tahun

Kamis, 15 Desember 2022 - 08:21 WIB
loading...
8 Fakta di Balik Avatar 2, Dana Besar dan Syuting selama 3 Tahun
Avatar 2 memikat mata yang menontonnya. Namun, masih banyak fakta di balik layar yang menarik untuk disimak dari film berdurasi 3 jam besutan James Cameron ini. (Foto: The Hollywood Reporter)
A A A
Avatar 2 telah tayang di bioskop di seluruh Indonesia pada hari ini, Rabu (14/12). Berjudul The Way of Water, film besutan James Cameron ini sangat dinantikan para penggemarnya. Film ini digadang-gadang bakal memecahkan box office tahun ini.

Avatar: The Way of Water adalah sekuel yang bikin deg-degan penggemarnya. Sekuel ini terus menerus mendapatkan penundaaan perilisan sejak diumumkan pada 2010. Akuisisi Fox oleh Disney juga sempat menimbulkan tanda tanya besar atas perilisan film ini.

Avatar pertama dikenal dengan visualnya yang mengagumkan. Dengan waktu pembuatan yang lama, Avatar 2 diharapkan akan melebihi versi aslinya. Harapan ini tidak salah. Sebagian besar ulasan film memang memuji visual film ini. Apa saja fakta di balik Avatar: The Way of Water? Simak ulasannya berikut ini!



1. Habiskan Biaya Lebih Besar dari Film Pertamanya

8 Fakta di Balik Avatar 2, Dana Besar dan Syuting selama 3 Tahun

Foto: IMDb

Franchise Avatar adalah salah satu franchise termahal di dunia. Biaya produksi untuk film pertamanya yang dirilis pada 2009 mencapai USD237 juta. Mengutip CBR, biaya itu melambung untuk pembuatan sekuelnya. Avatar: The Way of Water memakan biaya sekitar USD250 juta (Rp3,89 triliun).

Namun, besarnya biaya itu, sebanding dengan hasilnya. Baik film pertama dan kedua Avatar punya kualitas yang lebih tinggi dari film lain. CGI yang halus, gambar yang tajam, hingga teknologi 3D-nya yang mengagumkan, membuat film ini memang layak punya biaya produksi tinggi. Meski, cerita atau plotnya tergolong tidak istimewa.

2. Sekuel yang Lama Tertunda dan Terus Diundur

8 Fakta di Balik Avatar 2, Dana Besar dan Syuting selama 3 Tahun

Foto: WION

Avatar 2 sudah direncanakan setelah Avatar pertama memecahkan box office. Namun, sang kreator dan sutradara, James Cameron, tidak langsung mengerjakan sekuel itu. Pada 2010, dia baru mengumumkan adanya sekuel film tersebut. Tapi, James adalah seorang visioner. Dia tidak hanya merencanakan satu, tapi 2 sekuel sekaligus.

Hingga saat ini, Avatar telah direncanakan punya empat sekuel. James juga terus menyempurnakan teknologi yang akan dia pakai untuk sekuelnya. Avatar 2 sejatinya direncanakan dirilis pada 2015. Tapi, kemudian dimundurkan menjadi 2018. Tapi, tidak jadi dan diundur menjadi 2020. Karena saat itu Disney sibuk dengan Star Wars, Avatar 2 mundur lagi ke 2021. Namun, karena pandemi Covid-19, Avatar 2 akhirnya dirilis pada 2022. Ini artinya, Avatar 2 berjarak 13 tahun sejak Avatar pertama.

3. Masih Ada 3 Sekuel untuk Avatar

8 Fakta di Balik Avatar 2, Dana Besar dan Syuting selama 3 Tahun

Foto: Consequence of Sound

Kisah Jake Sully dan Neytiri tidak akan berakhir di Avatar 2. James Cameron masih punya 3 sekuel lagi untuk Avatar. Menariknya, semua sekuel itu sudah syuting dan tinggal menunggu proses pascaproduksi. Tanggal untuk perilisannya pun sudah diumumkan. Tinggal menunggu apakah tanggal itu akan kembali berubah atau tidak.

Mengutip Express.co.uk, sekuel Avatar ini akan dirilis setiap dua tahun di penghujung tahun. Avatar 3 direncanakan dirilis pada 20 Desember 2024. Kemudian, Avatar 4 dijadwalkan dirilis pada 18 Desember 2026. Rangkaian perjalanan suku Na’vi akan berakhir dengan Avatar 5 pada 22 Desember 2028.

4. Panjangnya Durasi Avatar 2

8 Fakta di Balik Avatar 2, Dana Besar dan Syuting selama 3 Tahun

Foto: Entertainment Weekly

James Cameron bukan nama asing lagi untuk film berdurasi panjang. Film ikoniknya, Titanic, berdurasi 3 jam 14 menit. Di eranya, itu sudah terasa panjang. Avatar pertama juga punya durasi lumayan panjang, yaitu 2 jam 41 menit. Kini, Avatar 2 punya durasi 3 jam 10 menit.

Dengan panjangnya durasi Avatar 2, tidak menutup kemungkinan kalau sekuel Avatar setelah ini akan punya durasi yang sama atau lebih panjang. Durasi itu dimanfaatkan James untuk mengeksplorasi dunia bawah laut yang ditampilkan di The Way of Water.

5. Sebagian Besar Lokasi Syutingnya di Bawah Air

8 Fakta di Balik Avatar 2, Dana Besar dan Syuting selama 3 Tahun

Foto: Polygon

Dengan judul The Way of Water, tidak mengejutkan kalau Avatar 2 menampilkan banyak adegan di air. Karenanya, syuting film ini banyak dilakukan di bawah air. Tim produksi memakai tak kurang dari 3.400 liter air untuk produksi Avatar 2.

Selain itu, para aktor yang terlibat di film ini pun harus belajar menyelam bebas. Sebagian besar adegan yang melibatkan mereka melibatkan aksi di atas atau bawah air. Meski begitu, Avatar juga masih menyisakan adegan untuk hutan hujan Pandora. Makhluk ajaib yang bisa terbang,ikran,masih tampil di film ini.

6. Avatar 2 Tambahkan 1.000 kata Na’vi

8 Fakta di Balik Avatar 2, Dana Besar dan Syuting selama 3 Tahun

Foto: Digital Spy
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2284 seconds (0.1#10.140)