8 Anime Original yang Baru Dibuat Manga-nya setelah Dirilis

Minggu, 11 Desember 2022 - 21:14 WIB
loading...
8 Anime Original yang Baru Dibuat Manga-nya setelah Dirilis
Anime biasanya diangkat dari manga. Tapi, tidak semuanya seperti itu. Ada pula manga yang baru dibuat setelah anime-nya dirilis. Pendeknya, manga dari anime. (Foto: IMDb)
A A A
Manga adalah komik Jepang yang sebagian besar diadaptasi menjadi animasi. Adaptasi ini biasanya dibuat ketika ada fanbase besar terhadap manga tersebut. Meski begitu, tidak semua manga hit segera diadaptasi menjadi anime.

Sementara banyak keyakinan kalau sebagian besar anime diangkat dari manga, ini terbukti salah dengan sejumlah anime yang populer. Tidak semua anime diangkat dari manga. Ada yang diangkat dari light novel dan platform lain.

Adaptasi manga menjadi anime bukanlah hukum atau prinsip kaku yang harus diikut industri anime. Sejumlah serial anime tidak mengangkat referensi plot mereka dari serial yang sudah tayang atau sedang dalam produksi. Ada sejumlah anime yang malah tayang duluan sebelum manga-nya dibuat. Apa saja anime yang lebih dulu dibuat sebelum manga-nya? Mengutip Game Rant, berikut ulasannya!



8. Code Geass

8 Anime Original yang Baru Dibuat Manga-nya setelah Dirilis

Foto: Dracula’s Cave

Code Geass adalah serial anime yang disutradarai Goro Taniguchi. Lelouch Lamperouge adalah seorang pangeran yang diasingkan yang menjadi protagonis serial ini. Anime ini ber-setting di semesta alternatif. Setelah diasingkan di Jepang, yang ditaklukkan Kekaisaran Britannia Suci, Lelouch bertekad menggulingkan kekuasaan ayahnya itu.

Lelouch kemudian mendapatkan kekuatan supranatural yang memberinya kemampuan untuk membuat orang tunduk pada keinginannya. Dengan kekuatan barunya itu, dia memperjuangkan kemerdekaan Jepang. Banyak manga Alternate Universe (AU) dan video game dibuat sebagai promosinya. Tapi, anime ini adalah serial original. Code Geass bisa ditonton di channel Ani-One Asia di YouTube.

7. Dragon Ball GT

8 Anime Original yang Baru Dibuat Manga-nya setelah Dirilis

Foto: Dragon Ball Wiki – Fandom

Penulis asli manga Dragon Ball, Akira Toriyama, tidak punya urusan dengan Dragon Ball GT. Anime ini adalah follow up Dragon Ball Z. Plotnya terbuka ketika Kaisar Pilaf mengubah Goku jadi anak-anak.

Tak seperti serial sebelumnya, Dragon Ball GT tidak diangkat dari manga. Serial ini adalah cerita asli yang divisualkan Toei Animation dengan menggunakan karakter dari semesta Dragon Ball. Sementara Dragon Ball GT tidak diterima secara luas oleh penggemar Dragon Ball karena tidak ada campur tangan Toriyama, serial ini memang punya percikan. Dragon Ball GT bisa ditonton di WeTV.

6. Violet Evergarden

8 Anime Original yang Baru Dibuat Manga-nya setelah Dirilis

Foto: The Guardian

Violet Evergarden adalah cerita mendebarkan tentang cinta, perang, dan pentingnya surat. Violet Evergarden adalah seorang tentara anak yang menemukan sulitnya pulih dari perang. Dia menemukan harapan dan cahaya di situasi teraneh dengan menuliskan emosi dan kata-kata orang di surat. Sementara membantu orang mengungkapkan emosinya di atas kertas, dia menemukan dirinya sendiri dan perasaannya kepada bosnya, Gilbert, yang hilang di tengah perang.

Violet Evergarden adalah serial light novel yang ditulis Kana Akatsuki. Anime ini memenangkan Kyoto Animation Award pada 2014. Kyoto Animation Studio kemudian membuat serial anime sepanjang 14 episode dari novel itu. Violet Evergarden bisa ditonton di Netflix.

5. Samurai Champloo

8 Anime Original yang Baru Dibuat Manga-nya setelah Dirilis

Foto: Cradle View

Serial anime ini mirip Cowboy Bebop. Bahkan, disutradarai orang yang sama, yaitu Shinichiro Watanabe. Samurai Champloo tayang pada 2004 dan entah bagaimana terkoneksi dengan proyek masterpiece pertama Watanabe, yaitu Cowboy Bebop.

Anime ini berkisah tentang seorang pelayan bernama Fuu yang merekrut Mugen dan Jin untuk mencari seorang samurai yang beraroma bunga matahari. Serial manga-nya terdiri atas dua volume. Meskipun manga-nya dipublikasikan terlebih dahulu, ketika itu, anime-nya sudah selesai diproduksi. Makanya, anime itu jadi karya original. Samurai Champloo bisa ditemukan di YouTube.

4. Angel Beats!

8 Anime Original yang Baru Dibuat Manga-nya setelah Dirilis

Foto: ReelRunDown

Anime ini ber-setting di sebuah lingkungan SMA di akhirat. Angel Beats! adalah sebuah anime supranatural. Anime ini berkisah tentang sejumlah anak usia SMA yang harus mengatasin trauma dan kesulitan di kehidupan masa lalu mereka sebelum bereinkarnasi.

Serial sepanjang 13 episode ini menggambarkan trauma masa lalu sebagai hambatan untuk menjalani hidup bahagia. Angel Beats! adalah anime original yang disutradarai Seiji Kishi. Setelah anime itu ditayangkan pada April 2010, manga-nya dirilis dalam dua volume pada Oktober 2014—April 2016. Angel Beats! bisa ditonton di Bstation.

3. Samurai 7

8 Anime Original yang Baru Dibuat Manga-nya setelah Dirilis

Foto: Netflix
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2295 seconds (0.1#10.140)