10 Anime Psikologis Tegang Ini Wajib Masuk Daftar Tonton Kamu

10 Anime Psikologis Tegang Ini Wajib Masuk Daftar Tonton Kamu
Anime psikologis akan membawa penontonnya berperang dengan pikiran mereka sendiri. Anime ini menantang audiens untuk terus menerus menebak apa yang terjadi. (Foto: Netflix)
Anime identik dengan cerita pertarungan seru dan karakter overpowered yang sulit dikalahkan. Meski begitu, ada juga anime yang punya cerita lebih berat dan mengajak penontonnya untuk ikut berpikir. Anime yang menampilkan pertarungan pikiran dan cerita yang menyelami konsep psikologis lebih dalam tidak bisa diremehkan.

Anime dengan tema psikologis ini bisa mempengaruhi secara emosional dan membuat penonton tetap tegang karena mereka berusaha mencari tahu apa yang terjadi setelahnya. Anime psikologis punya potensi untuk dikonstruksi dengan mengagumkan atau menjadi bencana yang sulit ditonton. Untungnya, banyak pikiran cerdas yang secara hati-hati menciptakan serial yang harus ditonton penggemar.

Tidak banyak anime psikologis bagus yang dirilis setiap tahunnya. Genre ini memang lumayan tricky untuk dibuat. Selama bertahun-tahun, akan sulit menemukan anime psikologis sebagus anime yang pernah dibuat dalam lebih dari 10 tahun terakhir. Apa saja anime psikologis yang wajib masuk daftar tonton? Simak rekomendasinya berikut ini!

Baca Juga: 10 Anime Komedi Romantis Terbaik yang Wajib Kamu Tonton

10. Parasyte -The Maxim-

10 Anime Psikologis Tegang Ini Wajib Masuk Daftar Tonton Kamu

Foto: Characters Profile Wikia – Fandom

Apa yang terjadi ketika tidak ada yang tahu kalau teman mereka sudah diambil alih musuh atau masih di kubu mereka? Sama seperti film The Thing, Parasyte -The Maxim- mengisahkan alien yang menginvasi bumi. Makhluk asing itu menyerbu pikiran manusia dan hidup di dalam sana.

Tapi, salah satu alien parasitik itu secara tidak sengaja gagal ketika berusaha masuk ke otak seorang anak SMA bernama Shinichi Izumi dan menemukan alien lain menginginkannya mati. Alien dan Shinichi itu terpaksa bekerja sama untuk bertahan hidup dengan menciptakan sejumlah skenario di mana keduanya harus mengamati kehidupan dari titik pandang berbeda. Parasyte -the Maxim- bisa ditonton di Netflix.

9. Neon Genesis Evangelion

10 Anime Psikologis Tegang Ini Wajib Masuk Daftar Tonton Kamu

Foto: IGN SEA

Neon Genesis Evangelion adalah kandidat untuk anime mecha paling kondang dalam sejarah. Tapi, serial ini bukanlah perwakilan genre itu secara keseluruhan. Sementara sulit menjadi cerita mecha “gelap” pertama, Evangelion mengangkat semuanya dengan arah yang lebih tidak bikin nyaman dibandingkan sebagian besar anime.

Anak-anak manusia dipekerjakan untuk memiloti robot untuk melawan ancaman alien yang dikenal sebagai angel. Di premis ini, sejauh ini, anime ini mecha banget. Tapi, robot-robot itu secara langsung terikat pada kondisi mental penggunanya dan perang kejam itu mengambil banyak dari para pilotnya. Psikis Shinjik Ikari ambruk seiring berjalannya cerita, dan dia bukanlah satu-satunya. Neon Genesis Evangelion bisa ditonton di Netflix.

8. The Tatami Galaxy

10 Anime Psikologis Tegang Ini Wajib Masuk Daftar Tonton Kamu

Foto: Letterboxd

Bayangkan sebuah anime isekai tapi karakter utamanya dikirim kembali ke masal lalu di dunianya sendiri untuk berusaha dan menjalani hidupnya berkali-kali! Ini adalah premis The Tatami Galaxy. Di anime ini, Watashi punya kesempatan untuk memanfaatkan hidupnya di kampus. Alih-alih, dia malah bikin hubungan sepasang kekasih yang bahagia putus dan secara umum hidupnya menyedihkan.

Serial ini punya gaya seni unik yang membuatnya terlihat menonjol. Ini adalah anime sempurna yang menunjukkan bagaimana sebuah pilihan kecil dalam hidup bisa mempengaruhi peristiwa besar yang menanti di luar sana. The Tatami Galaxy bisa ditonton di Disney+ Hotstar.

7. Serial Experiments Lain

10 Anime Psikologis Tegang Ini Wajib Masuk Daftar Tonton Kamu

Foto: thecriticaleye

Serial Experiments Lain adalah serial klasik yang megah. Anime ini sangat lambat, kadang membingungkan, dan kadang-kadang bikin frustrasi. Dipengaruhi dengan meningkatnya penggunaan internet, anime ini mengikuti Lain, seorang cewek yang tidak terkoneksi dengan dunia nyata.

Suatu hari, dia menerima sebuah email dari seorang teman sekelas yang sudah meninggal yang berisi tautan yang membawa Lain ke dunia siber. Di saat dia eksis di dua dunia, cewek itu mulai kehilangan dirinya. Sementara rasanya bisa didapatkan, Serial Experiments Lain jelas adalah salah satu anime psikologis terbaik sepanjang sejarah. Serial Experiments Lain bisa ditemukan di Bstation.

6. Psycho-Pass

10 Anime Psikologis Tegang Ini Wajib Masuk Daftar Tonton Kamu

Foto: Fluxkompensator

Di dunia Psycho-Pass, polisi bisa memindai orang-orang. Mereka tahu bagaimana mereka akan melakukan kejahatan dan menangkap atau mengeksekusi mereka berdasarkan informasi ini. Premis Psycho-Pass ini membawa sejumlah momen yang sangat emosional dan filosofis di sepanjang serial ini.

Akane Tsunemori adalah anggota baru pasukan polisi. Dia benar-benar ingin menegakkan keadilan di dunia, tapi, berkali-kali, dia terus menemukan kalau ideologinya diuji. Terutama dengan kekerasan polisi menjadi topik panas di dunia, serial ini menghujam lebih sulit dari sebelumnya. Psycho-Pass bisa ditonton di Netflix.

5. Steins;Gate

10 Anime Psikologis Tegang Ini Wajib Masuk Daftar Tonton Kamu

Foto: Cultured Vultures
halaman ke-1
Share: