10 Anime Komedi Romantis Terbaik yang Wajib Kamu Tonton

10 Anime Komedi Romantis Terbaik yang Wajib Kamu Tonton
Anime komedi romantis mencampurkan elemen romantis yang menyentuh hati dan komedi yang benar-benar mengocok perut. Anime ini bisa menghibur di kala hati galau. (Foto: Anime-Planet)
Anime romantis tidak melulu harus mengharu biru dan sentimental untuk bisa dinikmati. Malahan, anime romantis paling populer dan disukai banyak orang adalah anime yang mencampurkan kisah cinta dengan elemen komedi atau komedi romantis alias romcom. Kisah cinta akan jadi lebih menyenangkan ketika bisa membuat penontonnya tertawa.

Sebagian besar anime romcom ber-setting di bangku SMA. Tapi, itu tidak berarti kalau ceritanya ringan dan senada. Sejumlah romcom SMA masuk ranah seinen dengan humor yang lebih gelap dan dewasa. Meski setting-nya sama, tapi, narasinya bervariasi dan hampir sulit dicari kemiripannya.

Anime romcom tidak melulu harus dimulai dengan calon pasangan yang awalnya bermusuhan lalu jatuh cinta. Sejumlah anime romcom yang dianggap terbaik punya premis yang jauh dari kiasan itu dan lebih tidak terduga. Kekonyolan karakternya jelas mengundang gelak tawa, tapi, momen slicep-of-life-nya bisa sangat menyentuh. Apa saja anime romcom terbaik yang wajib kamu tonton? Simak rekomendasinya berikut ini!

Baca Juga: 10 Anime Shounen Ini Membunuh Karakter Terbaik Mereka

10. Kaichou wa Maid-sama!

10 Anime Komedi Romantis Terbaik yang Wajib Kamu Tonton

Foto: MyAnimeList

Misaki Ayuzawa adalah ketua OSIS dan dia sangat serius dengan pekerjaannya. Ini karena para cowok berisik dan bejat di sekolahnya membuat hidup jadi tidak tertahankan bagi sejumlah cewek. Tapi, dia berdedikasi untuk memastikan kalau mereka mendapatakan keadilan di pendidikan. Terlepas dari ketegasannya agar semua orang mengikuti peraturan, Misaki diam-diam melanggar salah satu di antaranya dengan bekerja di luar sekolah di sebuah kafe maid.

Ketika teman sekelasnya yang sarkastik, Takumi Usui, tahu rahasianya, cowok itu mulain menggodanya. Tapi, seiring berjalannya serial ini, keduanya mulai saling mengenal satu sama lain di level yang lebih dalam. Anime ini mengombinasikan humor dengan hubungan unik yang berkembang dengan cara yang nyata. Maid-sama! bisa ditonton di iQIYI.

9. Yahari Ore no Seishun Love Comedy wa Machigatteiru

10 Anime Komedi Romantis Terbaik yang Wajib Kamu Tonton

Foto: ComicBook.com

Hachiman Hikigaya adalah cowok yang sangat pesimistis dan percaya kalau semua hubungan sosial itu ditakdirkan untuk gagal. Dia juga percaya kalau dunia dirancang untuk membuat orang menderita. Ketika dia menulis essay yang mengolok-olok konsep persahabatan, gurunya menugaskannya untuk masuk Klub Pelayanan Sukarela, sebuah klub yang memaksanya untuk benar-benar membantu orang.

Di klub itulah, dia mulai melakukan apa saja dari membantu mengedit novel jelek, hingga menghentikan gadis kecil dirundung. Dari situ pulalah, dia menjali ikatan dengan dua teman klubnya, Yui dan Yukino. Hikigaya tidak pernah berpacaran dan tidak siap. Tapi, ikatannya denan Yui dan Yukino serta ketertarikannya terhadap Totsuka membuat ceritanya masuk ranah romansa. Ada banyak momen yang menyedihkan. Ini adalah salah satu anime terbaik yang mengombinasikan romansa dan komedi. My Teen Romantic Comedy SNAFU bisa ditonton di Bstation.

8. Toradora!

10 Anime Komedi Romantis Terbaik yang Wajib Kamu Tonton

Foto: Real Woman Gaming

Toradora! mungkin tidak menemukan konsep tsundere, tapi jelas menyempurnakannya. Taiga Aisaka adalah orang yang mungkin disebut sebagai kepribadian bersemangat. Dia jelas menolak mengakui perasaannya kepada Ryuuji Takasu. Keduanya memulai hubungan dengan berusaha membantu sama lain untuk jadian dengan orang yang mereka taksir.

Tapi, di tengah-tengah serial ini, jelas kalau mereka sebenarnya saling suka. Perjalanan Taiga menerima dan mengungkapkan perasannya menyentuh dan kocak. Pada dasarnya itu adalah semuanya tentang serial itu, dari Taiga yang menegaskan kalau teman mereka, Ami, punya enam payudara, sampai burung peliharaan Ryuuji yang kocak. Toradora! bisa ditonton di Netflix.

7. Ouran Koukou Host Club

10 Anime Komedi Romantis Terbaik yang Wajib Kamu Tonton

Foto: The Streambible

Ouran High School Host Club mungkin adalah anime komedi romantis yang paling terkenal. Ketika Haruhi Fujioka tak sengaja memecahkan sebuah vas mahal, dia berakhir dipaksa masuk Host Club untuk membayar utangnya. Di sana, dia harus berpakaian seperti cowok dan berusaha menarik para klien cewek.

Dari situlah, tercetus banyak adegan konyol. Dari manajer mereka yang terlalu bersemangat, Renge, membuat rencana yang tidak berhasil, ketidakpedulian Tamaki, atau rencana si kembar, selalu ada yang bisa membuat penonton tertawa. Tapi, tensi asmara antara Haruhi dan Tamaki terlalu nyata. Ouran High School Host Club bisa ditonton di Netflix.

6. Horimiya

10 Anime Komedi Romantis Terbaik yang Wajib Kamu Tonton

Foto: Fiction Horizon

Hori dikenal sebagai cewek terpopuler di sekolah karena kecantikan dan otaknya. Tapi, persona sempurna itu sepertinya hilang ketika dia ada di rumah. Faktanya, dia adalah orang yang menghabiskan waktu mengerjakan pekerjaan rumah tangga dan merawat adiknya. Di sisi lain, Miyamura dikenal di sekolah sebagai nerd otaku suram. Tapi, identitas aslinya jauh dari itu. Dia punya banyak tato dan anting. Yang mengejutkan, dia ternyata ganteng.

Ketika Hori dan Miyamura bertemu di luar sekolah, mereka sepakat menjaga identitas asli merek dari teman-teman sekelas mereka. Keduanya pun jadi dekat di saat mereka mengetahui lebih banyak tentang kepribadian tersembunyi mereka. Bagian mengapa Horimiya sangat populer adalah pendekatan segarnya terhadap genre romansa SMA. Alih-alih terjebak dengan kiasan dramatis berlebihan, ceritanya cukup sederhana dan ringan. Karakter yang berwarna dan situasi kocaknya menjadi sebuah tontonan yang asyik. Horimiya bisa ditonton di Netflix dan Bstation.

5. Sono Bisque Doll wa Koi wo Suru

10 Anime Komedi Romantis Terbaik yang Wajib Kamu Tonton

Foto: IGN
halaman ke-1
Share: