10 Film Anime dengan Rating Tertinggi di MyAnimeList

Kamis, 01 Desember 2022 - 09:10 WIB
loading...
10 Film Anime dengan Rating Tertinggi di MyAnimeList
Film anime berating tertinggi di MyAnimeList punya cerita epik dengan animasi kelas tinggi yang enak di mata. Film memberikan pengalaman lain menonton anime. (Foto: IMDb)
A A A
Film anime selalu punya tempat khusus di hati para penggemarnya. Film biasanya memberikan pengalaman yang lebih sinematik bagi penikmat anime yang disajikan di layar yang lebih lebar. Selama bertahun-tahun, film anime selalu dinantikan penggemarnya.

Ketika berbicara soal film anime, nama Studio Ghibli, Kyoto Animation, atau Makoto Shinkai sering menjadi yang pertama terlintas di benak banyak orang. Anggapan ini memang tidak salah. Film-film produksi mereka selalu menjadi hit dan meraup keuntungan besar di box office.

Namun, di rating MyAnimeList, hasilnya bisa berbeda. Meski film-film produksi ketiga nama itu punya rating tinggi, tapi film anime dari studio lain pun tak kalah tinggi ratingnya. Salah satunya adalah produksi Ufotable, yang memasukkan 2 film di top ten film rating tertinggi di MyAnimeList. Film apa saja yang punya rating tinggi di MyAnimeList? Simak ulasannya berikut ini!

*Film di daftar ini adalah film yang hanya tayang di bioskop.



10. Kimetsu no Yaiba Movie: Mugen Ressha-hen — 8,64

10 Film Anime dengan Rating Tertinggi di MyAnimeList

Foto: NJ.com

Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba the Movie: Mugen Train memecahkan rekor sebagai film terlaris di sepanjang sejarah Jepang saat dirilis pada 2020. Film ini berhasil menjungkalkan rezim Spirited Away yang menguasai rekor itu selama 19 tahun. Film produksi Ufotable ini juga menjadi film animasi rating dewasa terlaris sepanjang masa. Film ini juga menyajikan animasi kelas wahid yang memanjakan mata penontonnya dengan visual yang indah.

Film ini merupakan kelanjutan serial anime dari season 1 di mana trio Tanjiro, Inosuke, dan Zenitsu, serta Nezuko, diberi misi untuk menyelidiki misteri hilangnya penumpang di sebuah kereta. Bersama Hashira Api Kyojuro Rengoku, mereka pun menaiki kereta itu untuk mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi. Mereka tidak tahu kalau ada Iblis yang sedang merencanakan sesuatu yang jahat. Tim Pembasmi Iblis itu pun harus melakukan segalanya demi menyelamatkan para penumpang. Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba the Movie: Mugen Train bisa ditonton di Bstation.

9. Howl no Ugoku Shiro — 8,66

10 Film Anime dengan Rating Tertinggi di MyAnimeList

Foto: CinemaBlend

Howl no Ugoku Shiro atau Howl’s Moving Castle tayang perdana di Festival Film Venice pada 2004. Film ini memenangkan Osella Awards untuk Pencapaian Teknis di festival tersebut. Film ini juga banyak menang di ajang penghargaan bergengsi di Jepang. Pada 2006, film garapan Studio Ghibli ini dinominasikan untuk Film Animasi Terbaik di Oscar, tapi kalah dari Wallace and Gromit: The Curse of the Were-Rabbit.

Film ini berkisah tentang Sophie, seorang putri pembuat topi. Suatu hari, hidup Sophie yang sederhana berubah ketika dia menghadapi situasi gawat dan seorang penyihir rupawan menyelamatkannya. Penyihir itu, Howl, dikenal atas kekuatan sihirnya dan juga ke-playboy-annya. Dia tinggal di sebuah kastil yang bisa bergerak. Namun, pertemuan Sophie dan Howl itu membuat cemburu Witch of the Waste dan dia mengutuk Sophie menjadi nenek-nenek. Agar kembali normal, Sophie harus mendampingi Howl di kastil bergeraknya di petualangan berbahaya. Howl’s Moving Castle bisa ditonton di Netflix.

8. Mononoke Hime — 8,67

10 Film Anime dengan Rating Tertinggi di MyAnimeList

Foto: Homeschooling Teen

Mononoke Hime atau Princess Mononoke adalah entri tertua di daftar ini. Dirilis pada 1997, film ini dipuji atas cerita dan animasinya. Film buatan Studio Ghibli ini memenangkan penghargaan Film Jepang Terbaik, Animasi Terbaik, dan Film Jepang Pilihan Penggemar di 52nd Mainichi Film Awards. Pada 1998, film ini memenangkan penghargaan Film Terbaik di 21st Japan Academy Awards.

Film ini berkisah tentang Ashitaka, seorang pangeran muda yang mempertaruhkan nyawa ketika desanya diserang iblis celeng. Saat sekarat, iblis itu mengutuk tangan pangeran itu. Ashitaka kemudian pergi mencari obat untuk kutukan itu. Ketika tiba di Tatara, dia malah terjebak konflik antara Lady Eboshi dari Tatara dengan Putri San dan roh keramat di hutan. Ashitaka pun berusaha mendamaikan mereka. Princess Mononoke bisa ditonton di Netflix.

7. Fate/stay night Movie: Heaven's Feel – III. Spring Song — 8,69

10 Film Anime dengan Rating Tertinggi di MyAnimeList

Foto: YouTube

Fate/stay night Movie: Heaven's Feel – III. Spring Song adalah kelanjutan langsung dari Fate/stay night: Heaven’s Feel – II. Lost Butterfly. Film ini juga merupakan seri terakhir dari trilogi film yang mengadaptasi Heaven’s Feel, rute ketiga dan terakhir novel visual Fate/stay night. Dirilis pada 2020, film ini terus mengalami penundaan penayangan karena pandemi Covid-19. Film ini menduduki urutan 9 sebagai film terlaris kesembilan pada 2020 di box office Jepang.

Film ini berfokus pada Perang Cawan Suci Kelima di Kota Fuyuki yang sudah mencapai titik balik. Musuh tersembunyi pun terungkap. Shirou Emiya, Rin Toosaka, dan Illyasviel von Einzbern tahu kebenarannya. Mereka pun sadar betapa gawatnya situasi di tempat itu. Demi melindungi orang-orang yang mereka sayangi, mereka pun harus melawan musuh itu. Fate/stay night Movie: Heaven's Feel – III. Spring Song bisa ditonton di Bstation.

6. Sen to Chihiro no Kamikakushi — 8,78

10 Film Anime dengan Rating Tertinggi di MyAnimeList

Foto: Backseat Mafia

Sen to Chihiro no Kamikakushi atau Spirited Away berhasil menempatkan anime di mata dunia. Pada 2003, film ini memenangkan Oscar untuk kategori Film Animasi Terbaik. Spirited Away memegang rekor sebagai film terlaris dalam sejarah Jepang selama 19 tahun, yaitu dari 2001 sampai 2020. Rekornya dijungkalkan Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba the Movie: Mugen Train.

Spirited Away berkisah tentang Chihiro Ogino, seorang gadis kecil berusia 10 tahun. Suatu hari, dia dan orangtuanya menemukan taman hiburan terlantar di tengah perjalanan ke rumah baru mereka. Ketika masuk ke tempat itu, dia menemukan banyak hal janggal. Makanan di tempat itu malah mengubah orangtuanya menjadi babi. Chihiro pun masuk ke dunia arwah dan terjebak di sana. Kini, dia harus berusaha keluar dari tempat itu dan menyelamatkan orangtuanya. Spirited Away bisa ditonton di Netflix.

5. Kizumonogatari III: Reiketsu-hen — 8,80

10 Film Anime dengan Rating Tertinggi di MyAnimeList

Foto: Letterboxd

Kizumonogatari III: Reiketsu-hen adalah bagian terakhir dari trilogi film Kizumonogatari. Film ini dirilis pada 2017. Trilogi ini merupakan prekuel serial anime Bakemonogatari. Bagian ketiga ini berfokus pada Koyomi Araragi yang telah berubah menjadi vampir setelah membantu menghidupkan kembali Kiss-shot.

Kiss-shot jelas bisa mengubah Araragi kembali menjadi manusia begitu dia mendapatkan kembali kekuatan penuhnya. Araragi ketakutan kalau dia akan kehilangan sisi kemanusiaannya dan ingin mati saja. Tapi, Tsubasa menguatkannya agar tetap hidup. Setelah membuat Kiss-shot mendapatkan kembali seluruh kekuatannya, Araragi berada dalam dilema. Kalau dia kembali menjadi manusia, maka tidak ada yang tahu apa yang akan dilakukan Kiss-shot. Tapi, dia juga tidak mau jadi vampir. Kizumonogatari III: Reiketsu-hen bisa ditemukan di Bstation.

4. Kimi no Na wa — 8,85

10 Film Anime dengan Rating Tertinggi di MyAnimeList

Foto: Polygon

Siapa tak kenal film satu ini? Film besutan Makoto Shinkai ini sering menjadi rekomendasi pertama yang diberikan orang kepada mereka yang baru pertama ingin nonton film anime. Kimi no Na wa alias Your Name punya cerita unik dan penuh emosi. Film ini telah memenangkan banyak penghargaan seperti LAFCA Animation Award pada 2016, Film Animasi Terbaik Mainichi Film Awards 2017, dan Grand Prize Award di 20th Japan Media Arts Festival.

Kimi no Na Wa mengisahkan dua anak SMA, yaitu Mitsuha Miyamizu dan Taki Tachibana. Mereka tinggal terpisah dengan Mitsuha yang memimpikan kehidupan kota tinggal di desa dan Taki tinggal di Tokyo. Suatu hari, mereka terbangun dengan tubuh yang tertukar. Mitsuha berada di tubuh Taki dan tinggal di Tokyo. Sebaliknya, Taki ada di tubuh Mitsuha dan tinggal di desa. Mereka pun mencari jawaban atas fenomea itu dan mulai mencari satu sama lain. Your Name bisa ditemukan di Bstation.

3. Violet Evergarden Movie — 8,92

10 Film Anime dengan Rating Tertinggi di MyAnimeList

Foto: Netflix

Violet Evergarden Movie adalah salah satu film favorit penonton. Film buatan Kyoto Animation ini merupakan lanjutan dari serial anime-nya yang dirilis pada 2018. Film ini sangat menyentuh dan emosional. Dirilis di tengah pandemi Covid-19, film ini memenangkan banyak penghargaan termasuk Excellence Award di Japan Media Arts Festival dan Animation of the Year di kategori film Tokyo Anime Award Festival pada 2021.

Violet Evergarden Movie ber-setting beberapa tahun sejak akhir Perang Besar. Violet bekerja sebagai Auto Memory Doll dan tetap menuliskan surat orang lain. Di saat yang sama, dia terus memahami konsep emosi dan arti cinta. Dia juga mengejar secercah harapan kalau pria yang pernah mengucapkan kata ‘aku cinta padamu’ mungkin masih hidup meskipun bertahun-tahun sudah berlalu. Violet Evergarden Movie bisa ditonton di Netflix.

2. Gintama Movie 2: Kanketsu-hen – Yorozuya yo Eien Nare — 8,92

10 Film Anime dengan Rating Tertinggi di MyAnimeList

Foto: IMDb

Gintama adalah serial shounen populer yang disukai banyak orang. Tapi, di film keduanya ini, Gintama mengangkat genre lain, yaitu isekai. Alih-alih berkisah tentang kekonyolan Gintoki di masa sekarang, film ini malah membawa Gintoki berpetualang ke dunia lain, yaitu masa Edo yang suram dan pasca-apokaliptik. Di tempat itu, epidemi misterius bernama Plak Putih mengikis populasi dunia.

Semua itu terjadi ketika Gintoki menangkap seorang pembajak film di sebuah premier. Dia mengecek rekaman kamera dan malah terkirim ke dunia itu. Ternyata, pembaja film itu bukanlah pembajak, dia adalah android mesin waktu. Gintoki ternyata terkirim ke lima tahun ke masa depan. Dia pun menyatukan kembali Yorozuya yang terpecah. Mereka kemudian mengidentifikasi Plak Putih itu. Gintama Movie 2 bisa ditonton di iQIYI.



1. Koe no Katachi — 8,94

10 Film Anime dengan Rating Tertinggi di MyAnimeList

Foto: Netflix

Koe no Katachi alias A Silent Voice mempunyai cerita yang menyentuh dan menghangatkan hati. Film yang dirilis pada 2016 ini masih menjadi salah satu film anime terbaik, meski bukan film yang menjebol box office. Film ini meraih banyak penghargaan termasuk Japanese Movie Critics Awards untuk Film Animasi Terbaik, Japanese Academy Awards untuk Animasi Terbaik, dan lain-lain.

A Silent Voice berkisah tentang Shouya Ishida, seorang cowok yang berusaha menebus kesalahannya di masa lalu. Ketika masih SD, Shouya kerap merundung teman sekelasnya, Shoko Nishimiya, yang tuli. Shoko sampai harus pindah sekolah karenanya. Setelah itu, teman-teman sekelas Shouya menyalahkan Shouya. Dia pun dirundung teman-temannya dan akhirnya menjadi penyendiri. Saat SMA, Shouya berusaha memperbaiki hidupnya. Di saat itulah, dia kembali bertemu Shoko. A Silent Voice bisa ditemukan di Bstation.
(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2408 seconds (0.1#10.140)