10 Anime Shounen Ini Membunuh Karakter Terbaik Mereka

10 Anime Shounen Ini Membunuh Karakter Terbaik Mereka
Kematian di anime selalu sulit untuk diterima. Tapi, kematian itu jadi lebih buruk ketika menimpa salah satu karakter yang paling disukai dan belum lama tampil. (Foto: Bilibili)
Kematian adalah sesuatu yang sering terjadi di anime . Di genre yang menampilkan pertarungan sengit seperti shounen, kematian sulit untuk dihindari. Meski begitu, tetap saja, kematian karakter di sebuah serial akan meninggalkan lubang di hati penontonnya. Terlebih, kalau karakter yang mati itu adalah salah satu karakter terbaik yang paling disukai penontonnya.

Anime shounen menyasar pada demografi cowok berusia ABG. Serial ini biasanya menenkan pada aksi dan pertarungan. Tak heran, kalau serial shounen ini penuh konflik dan bentrokan besar antara kekuatan kebaikan dan kejahatan. Dengan begitu, korban jiwa pun tidak akan terhindarkan.

Korban jiwa dibutuhkan untuk membuat pertaruhan di anime shounen ini jadi lebih tinggi. Selain itu, kematian juga akan mempengaruhi perkembangan karakter pahlawannya. Kehilangan adalah bagian alamiah dari kehidupan dan sesuatu yang harus diterima karakter shounen ini. Kematian ini memang selalu sulit untuk bisa diterima. Sejumlah anime shounen dikenal tak segan membunuh karakter terbaiknya. Apa saja anime itu? Mengutip CBR, berikut ulasannya!

Baca Juga: 10 Anime Fall 2022 Rating Tertinggi Menurut MyAnimeList

10. JoJo's Bizarre Adventure — Jonathan Joestar

10 Anime Shounen Ini Membunuh Karakter Terbaik Mereka

Foto: The Anime Daily

Serial ini terus membuktikan dirinya menjadi serial shounen inovatif. Setiap saga cerita besarnya berubah ke karakter baru di sudut berbeda di dunia. Audiens pun tumbuh terbiasa dengan setting seperti ini. Tapi, jadi sebuah kejuatan ketika busur perkenalan JoJo, Phantom Blood, berakhir setelah hanya 9 episode.

Cepatnya serial ini menghujam lebih sulit karena protagonisnya, Jonathan Joestar, akhirnya mati, sementara lawannya, Dio Brando, bisa tertawa gembira. Sejumlah kematian utama terjadi di sepanjang serial ini. Tapi, kematian Jonathan adalah yang pertama dan paling mengejutkan.

9. Outlaw Star — Hot Ice Hilda

10 Anime Shounen Ini Membunuh Karakter Terbaik Mereka

Foto: The BZPB Wiki – Fandom

Outlaw Star adalah anime aksi opera antariksa mendebarkan dari 1990-an yang mengisahkan Gene Starwind. Gene dan timnya adalah perompak antariksa yang mencari Galactic Leyline yang legendaris, yang punya kekuatan untuk mewujudkan segala macam keinginan. Cita-cita ini awalnya milik Hilda, karakter yang mengorbankan dirinya di awal serial ini demi menyelamatkan Gene.

Semua yang dilakukan Hilda punya bobot signifikan dan mengejutkan ketika dia harus mati. Yang lebih buruk adalah kematiannya sepertinya bisa dihindari. Kematian Hilda menggelayuti serial ini karena perjalanan Gene menjadi penghormatan untuk Hilda.

8. Tengen Toppa Gurren Lagann — Kamina

10 Anime Shounen Ini Membunuh Karakter Terbaik Mereka

Foto: YouTube

Tengen Toppa Gurren Laggan adalah masterclass dalam penceritaan visual yang menemukan kembali genre mecha. Umat manusia dipaksa menjadi pengungsi bawah tanah. Dua remaja heroik mereka, Simon dan Kamina, kadang-kadang muncul ke permukaan ketika memiloti sebuah mecha kuat.

Kamina dan Simon menyeimbangkan satu sama lain. Kamina lebih nyaring dan lebih ekstrovert di antara keduanya. Kamina harus membayar mahal demi mengamankan sebuah kemenangan, yang jelas menyolidkan statusnya sebagai pahlawan. Simon tidak pernah lebih bangga terhadap temannya yang gugur itu. Tapi, sulit baginya untuk merayakan kemenangan mereka setelah kehilangan besar itu.

7. Dragon Ball Z — Piccolo

10 Anime Shounen Ini Membunuh Karakter Terbaik Mereka

Foto: Daily Motion

Kematian adalah kejadian yang umum terjadi di Dragon Ball dan tidak cukup mengintimidasi karena kebangkitan kembali bisa dilakukan. Sebagaian besar karakter terkuat Dragon Ball pernah mati, termasuk Goku dan Bezita. Piccolo segera berubah dari penjahat penuh dendam menjadi sekutu heroik sekaligus sosok ayah bagi Gohan setelah kematian Goku.

Piccolo mendapatkan kedalaman mendalam di episode paling awal Dragon Ball Z, yang berpuncak pada pengorbanannya untuk melindungi Gohan. Piccolo kemudian dihidupkan lagi. Tapi, ketika dia kali pertama dimatikan, dia adalah karakter terbaik serial itu.

6. Fullmetal Alchemist: Brotherhood — Maes Hughes

10 Anime Shounen Ini Membunuh Karakter Terbaik Mereka

Foto: Fullmetal Alchemist Wiki – Fandom

Fullmetal Alchemist: Brotherhood menampilkan pertarungan epik antara alkimia sihir dan ancaman militeristik. Tapi, pada inti serial itu, semuanya adalah tentang kekuatan keluarga. Koneksi antara Elric bersaudara tetap menjadi kekuatan pemandu serial ini dan ini adalah prinsip yang juga keramat bagi Maes Hughes.

Maes Hughes adalah sumber kesembronoan yang menyenangkan dari menit awal kemunculannya. Tapi, dia juga lebih dari mampu membela dirinya sendiri. Hughes tidak jahat pada orang, yang membuat kematian dininya begitu tragis. Cintanya digunakan untuk melawannya. Semua ini berpuncak pada adegan pemakaman menyedihkan yang diperburuk dengan kebingungan putrinya atas kematian ayahnya itu.

5. Death Note — L Lawliet

10 Anime Shounen Ini Membunuh Karakter Terbaik Mereka

Foto: YouTube
halaman ke-1
Share: