6 Anime Terbaik Tentang Otome Game yang Harus Kamu Tonton

6 Anime Terbaik Tentang Otome Game yang Harus Kamu Tonton
Otome game atau simulator kencan adalah genre yang besar. Genre ini sering kali menjadi sub-cerita genre lain. Tapi, ada anime yang secara khusus mengangkatnya. (Foto: Movie Reviews Simbasible)
Simulator kencan, atau game otome, dulunya menjadi subgenre yang diangkat untuk menggambarkan betapa anehnya permainan Jepang itu. Mereka sebagian besar seperti itu, tapi pengaruh mereka menyebar lebih jauh. Di anime , kadang, mereka adalah subcerita di permainan besar, seperti serial Judgment atau Persona, atau perilisan baru yang memainkan premis itui secara langsung.

Di waktu lain, mereka terlihat menjijikkan dan menggelikan seperti horor yang berbasis Hooked on You, atau Hateful Boyfriend, simulator kencan burung. Tapi, kini, genre game otome ini sudah mulai dilirik dan mendapatkan tempat di hati penggemarnya. Sebagian besar, anime game otome ini masuk anime isekai.

Apa pun bentuknya, simulator kencan telah menginspirasi sejumlah serial yang menggunakan estetikanya. Yang lainnya benar-benar menggunakan game simulator kencan ini sebagai pusat plot mereka. Apa saja anime game otome yang harus kamu tonton? Mengutip Game Rant, berikut rekomendasinya!

Baca Juga: 4 Anime dengan Episode Terakhir Paling Memuaskan Sejauh Ini

6. Excel Saga

6 Anime Terbaik Tentang Otome Game yang Harus Kamu Tonton

Foto: TV Tropes

Excel Saga menghilangkan apa pun dan semuanya di bawah matahari. Serial ini mencapai titik di mana mereka menayangkan satu episode secara keselurhan dengan serius karena, pada tahap itu, itu lebih aneh ketimbang yang lain. Episode 4 serial ini, Love Puny, mungkin salah salah satu contoh paling awal ketika game otome muncul di anime. Ditayangkan pada 1999, Excel ditugasi pemimpinnya, Il Palazzo, untuk menelusuri mitranya yang hilang, Hyatt.

Sementara dia pergi dan melakukannya bosnya itu menyingkir dengan memainkan game otome yang menampilkan Excel dan Hyatt. Tapi, dia tidak sadar kalau permaiannya itu juga mempengaruhi warga kota D bernama Watanabe, yang menemukan Hyatt dan berusaha merayunya. Pilihan mereka diperlihatkan lewat HUD gaya game otome, sering dengan Excel mencampuri dengan satu cara atau lainnya. Setidaknya mereka adalah pria gentle karena, meski ada godaan, mereka tidak pernah memilih opsi ketiga. Kalau mereka melakukannya, itu sepertinya adalah Hokey Pokey.

5. Nyaruko-san: Another Crawling Chaos

6 Anime Terbaik Tentang Otome Game yang Harus Kamu Tonton

Foto: The Cinemaholic

Karya HP Lovecraft sudah beberapa kali diadaptasi dengan aneh di abad lalu. Sebuah anime romcom pastinya adalah salah satu yang paling aneh. Di Haiyore! Nyaruko-san, Nyarlathotep alias Crawling Chaos alias Penguntit di antara Bintang, alias Dewa Tak Berwajah Ribuan Bentuk, sekarang adalah cewek imut yang ingin agar cowok bumi, Mahiro, melindunginya dari entitas buatan Lovecraft lainnya. Di season ketiga serial ini, Nyaruko-san: Another Crawling Chaos, Mahiro terjebak di sebuah kebingungan di episode 8.

Nyaruko baru saja menyatakan perasaannya pada cowok itu. Tapi, cowok itu tidak yakin apa yang harus dia lakukan. Alih-alih, dia membeli sebuah konsol video game dari sebuah pasar. Begitu dia menyalakannya, dia malah terisap ke game tersebut, yang ternyata adalah simulator kencan alias game otome. Satu-satunya cara untuk keluar dari tempat itu adalah mendapatkan ending yang bagus dengan Nyaruko, Cthuga, Hastur, atau Tamao Kurei, satu-satunya pilihan manusia untuk Mahiro.

4. Kami Nomi Zo Shiru Sekai

6 Anime Terbaik Tentang Otome Game yang Harus Kamu Tonton

Foto: Metanorn

Kami Nomi Zo Shiru Sekai biasa dikenal juga sebagai The World God Only Knows. Anime ini punya twist di genre game otome ini. Awalya adalah manga karya Tamiki Wakaki untuk Weekly Shounen Sunday, serial ini mengikuti seorang anak SMA bernama Keima Katsuragi. Di game otome, dia adalah pemain di setiap rasa kata. Dia bisa ‘menaklukkan’ hati setiap cewek 2D. tapi, ketika di dunia nyata, atau dunia 3D, dia hanyalah cowok canggung berkacamata.

Dia diundang untuk ‘menaklukkan’ lebih banyak hati, dan, karena itu tentang game otome, dia menerimanya. Kemudian, dia telat tahu kalau Elsie, iblis dari Neraka, menariknya ke sebuah tantangn di mana dia harus menawan cewek asli untuk mencegah mereka dirasuki roh jahat. Kalau dia setuju, dia harus belajar bagaimana berbicara dengan cewek asli alih-alih mengandalkan kemampuan game otome-nya. Tapi, kalau dia menolak, dia akan dipenggal dengan pedang tak kasat mata berdasarkan ‘perjanjiannya’ dengan Elsie. Jadi, sekarang, Dewa Game Otome harus menjadi Dewa Kencan untuk menyelamatkan dirinya dan orang lain dari nasib buruk.

3. WataMote

6 Anime Terbaik Tentang Otome Game yang Harus Kamu Tonton

Foto: Nerd Reactor

Sebuah hal baik kalau serial-serial ini punya judul yang disingkat. Anime ini aslinya berjudul panjang, yaitu Watashi ga Motenai no wa Dou Kangaetemo Omaera ga Warui! Judul dalam bahasa Inggrisnya, No Matter How I Look at It, It’s You Guys’ Fault I’m Not Popular, juga bikin susah untuk mengingatnya. Itu adalah serial yang memecah penggemar karena sejumlah penggemar melihatnya sebagai gambaran jujur tentang kecemasan sosial dan masalah yang sama seperti Welcome to the NHK, sementara yang lainnya melihatnya sebagai olok-olokan kejam.

Tapi, di mana game otome itu masuk ke serial karya Nico Tanigawa ini? Serial ini pada dasarnya adalah The World Only God Knows tanpa iblis dan sihir. Seorang siswa berusia 15 tahun, Tomoko Kuroki mempersiapkan dirinya untuk kehidupan SMA dengan menguasai game otome. Tapi, dia kemudian menemukan kalau kehidupan nyata tidak seperti video game itu. Meski begitu, dia masih berusaha mewujudkan impiannya dengan memperbaiki kesalahannya, meningkatkan statusnya, dan terinspirasi anak-anak populer serta teman-temannya yang muram.

2. My Next Life as a Villainess: All Routes Lead to Doom!

6 Anime Terbaik Tentang Otome Game yang Harus Kamu Tonton

Foto: Anime Planet

My Next Life as a Villainess adalah salah satu contoh menonjol ladang cerita simulator kencan. Serial ini telah menginspirasi banyak light novel tentang penjahat cewek. Serial karya Satoru Yamaguchi ini melompat dari sebuah light novel menjadi manga dan kemudian dua serial anime dan sebuah film. Caterina Claes adalah seorang bangsawan biasa di sebuah kerajaan fantasi sampai kepalanya terantuk dan sadar kalau dia bukanlah yang diperkirakan orang lain.

Dia sebenarnya adalah cewek otaku Jepang yang terisap ke Fortune Lover, game otome favoritnya dan bereinkarnasi sebagai penjahatnya. Mereka adalah satu karakter yang bisa jadi dipenjara kalau berutung atau dibunuh kalau sial tergantung pada jalur game-nya. Jadi, seakarang, dia harus menemukan cara untuk menghindari nasibnya dan membuka jalan baru. Semuanya dengan konsekuensi yang tidak dimaksudkan terhadap dirinya dan orang-orang di sekitarnya.

Baca Juga: 5 Anime yang Menumbangkan Ide Orang Baik Selalu Menang

1. Trapped in a Dating Sim

6 Anime Terbaik Tentang Otome Game yang Harus Kamu Tonton

Foto: Anime Trending

Serial karya Yomu Mishima ini mungkin adalah contoh yang paling jelas, dengan game otome ada di judulnya. Tapi, Trapped in a Dating Sim: The World of Otome Games is Tough for a Mob berhasil menjadi populer di semua bentuknya, mau itu light novel-nya, manga, atau adaptasi anime-nya. Di situ, seorang karyawan kantoran biasa dipaksa menyelesaikan sebuah game otome oleh adiknya. Sama sekali tidak tetarik, dia pergi, kepalanya terantuk, dan mati.

Itu pastinya sudah cukup memalukan. Tapi, dia malah bereinkarnasi sebagai Leon Fou Bartfort, salah satu NPC atau mob game itu. Menjadi seorang pria di dunia matriakal, dan karakter yang dimaksudkan untuk menghilang di latar belakang, semua pertaruhan melawan dirinya. Dengan bantuan Luxion, item cheat game itu, dia berhasil bertahan hidup di dunia simulator kencan itu. Dia malah terlibat dalam semua plot aneh dengan kebaikan hati. Untuk sebuah karakter latar, dia malah sering berada di barisan depan.


(alv)
Share: