5 Anime yang Menumbangkan Ide Orang Baik Selalu Menang

5 Anime yang Menumbangkan Ide Orang Baik Selalu Menang
Sejumlah anime menyajikan cerita yang menumbangkan ide kalau orang baik selalu menang. Meski pada akhirnya kebaikan unggul, tapi tidak dengan jalan ceritanya. (Foto: YouTube)
Anime menunjukkan kalau tidak semua orang baik selalu bernasib baik di ceritanya. Ini merupakan salah satu hal terbaik dari anime karena platform ini merupakan bentuk seni yang hanya dibatasi imajinasi kreatornya. Jadi, penggemar pun diperkenalkan pada sejumlah karakter yang benar-benar mengagumkan dan cerita luar biasa selama bertahun-tahun.

Namun, seiring berjalannya waktu, media anime menjadi lebih jenuh dengan banyak serial mengikuti tren tema yang sama, yaitu orang baik selalu menang. Meskipun tidak ada yang salah dengan pahlawannya keluar dengan menggenggam kemenangan di tangannya, itu tidak selalu diterima dengan baik oleh penggemar anime. Alasannya?

Sebagian besar, ini karena fakta kalau narasinya akan menjadi lebih menarik kalau pahlawannya menghadapi kehilangan, alih-alih hanya selalu menemukan cara untuk menang. Itu mencegah premis serialnya menjadi tumpul dan itu membuat kemenangan pahlawannya jadi terasa lebih memuaskan. Mengutip CBR, setidaknya ada lima anime yang berhasil menumbangkan tema orang baik selalu menang sementara memberikan cerita yang benar-benar luar biasa. Apa saja? Berikut ulasannya!

Baca Juga: 10 Anime Isekai Baru Rating Tertinggi di MyAnimeList Selama 2022

5. Naruto Shippuden

5 Anime yang Menumbangkan Ide Orang Baik Selalu Menang

Foto: ComicBook.com

“Kamu bisa mati sebagai pahlawan atau hidup cukup lama untuk menjadi penjahat.” Tidak ada serial yang berhasil mewujudkan kata-kata itu selain Naruto Shippuden. Dunia shinobi selalu dipenuhi kekacauan dan kezaliman, yang menyebabkan jatuhnya banyak shinobi berhati baik. Berkali-kali, penggemar harus menyaksikan pahlawan favorit mereka mati di tangan penjahat berbahaya di sepanjang serial ini.

Apakah itu pembunuhan tanpa ampun Sannin Jiraiya yang dilakukan Rikudo Pain, atau pembantaian Asuma Sarutobi yang dilakukan Akatsuki, serial ini tidak kekurangan momen di mana pahlawan berakhir merengang nyawa di sebuah pertarungan. Yang membuat Naruto Shippuden jadi lebih menarik adalah karen sebagian besar penjahatnya dulunya juga merupakan shinobi yang mulia. Tapi, pada akhirnya mereka pindah ke jalur gelap karena kehilangan orang yang mereka cintai. Naruto Shippuden bisa ditonton di Netflix, Crunchyroll, dan Bstation.

4. Monster

5 Anime yang Menumbangkan Ide Orang Baik Selalu Menang

Foto: Anime Hunch

Tidak ada serial yang memanjakan kesengsaraan protagonisnya sendiri lebih dari Monster karya Naoki Urasawa. Monster menyajikan bintang utamanya, Dr. Kenzo Tenma yang lurus dan jujur tapi harus menghadapi konsekuensi keputusan yang dia buat karena hatinya yang baik. Alih-alih merawat seorang politikus, Tenma malah menyelamatkan nyawa seorang bocah laki-laki yang ditembak di kepalanya.

Tanpa sepengetahuannya, bocah itu kemudian tumbuh menjadi seorang monster jahat yang meninggalkan kekacauan ke mana pun dia melangkah. Di sepanjang premis serial itu, Tenma mengejar bocah itu, namanya Johan Liebert, karena merasa bersalah pernah menyelamatkannya. Dia akhirnya kehilangan tunangannya, statusnya, dan hidupnya karena hal benar yang pernah dia lakukan. Monster bisa ditemukan di Bstation dan YouTube.

3. Attack on Titan

5 Anime yang Menumbangkan Ide Orang Baik Selalu Menang

Foto: YouTube

Attack on Titan adalah serial yang degnan cepat membangun fakta kalau para pahlawannya tidak selalu pergi menjauh tanpa goresan luka. Dari episode pertama, penggemar sudah ditunjukkan sekilas nasib brutal yang menanti protagonis serial ini. Meskipun serial ini dimulai dari perspektif Eren Jaeger—yang membuat penggemar percaya kalau dia akan menjadi penyelamat rakyatnya—setelah beberapa season, penggemar jadi bingung karena tidak mampu mengidentifikasi kubu mana yang harus dibela.

Sisihkan misteri dan pengkhianatan, horor sejati di Attack on Titan terletak pada kekuatan Titan. Ketika sesosok Titan muncul di serial ini, tidak bisa dikatakan apakah orang-orang baiknya akan keluar hidup-hidup. Dari pembantai seluruh pasukan Komandan Erwin Smith sampai kematian Erwin, Titan ini telah menyebabkan banyak kematian pahlawan di sepanjang serial ini. Attack on Titan bisa ditonton di Netflix, Disney+ Hotstar, Viu, Bstation, dan iQIYI.

2. Vinland Saga

5 Anime yang Menumbangkan Ide Orang Baik Selalu Menang

Foto: IMDb

Vinland Saga adalah serial paling membumi di daftar ini. Tapi, itu tidak menghentikannya menjadi serial paling mendebarkan di luar sana. Serial ini punya kencenderungan untuk membuat penggemar terus mengikutinya sampai akhir. Vinland Saga dimulai dengan fokus terhadap Thors Snorreson, seorang prajurit mulia dan kuat yang ditakuti di seluruh daratan.

Ketika peristiwa di Vinland Saga mulai terkuak, Thors sudah meninggalkan semua masa lalu kelamnya dan faktanya menjadi simbol perdamaian di desanya. Sayangnya, ketika sekelompok pencuri mengancam nyawa putranya, Thorfinn, protagonis asli serial ini, Thors tidak punya pilihan lain selain menyerahkan diri, meskipun dia memenangkan pertarungan melawan mereka. Pada akhirnya, Thors dibunuh seorang bandit bernama Askeladd. Ini membuat anaknya, Thorfinn, memulai perjalanan berbahaya untuk membalas dendam. Vinland Saga bisa ditonton di Netflix dan Prime Video.

Baca Juga: 10 Karakter Anime Paling Perhitungan, Mikir Dulu sebelum Bertindak

1. Death Note

5 Anime yang Menumbangkan Ide Orang Baik Selalu Menang

Foto: Death Note Wiki – Fandom

Yang cukup menarik, Death Note adalah anime yang unik. Di anime sepanjang 37 episode ini, protagonisnya juga merupakan penjahat utamanya. Dinamika antara obsesi Light Yagami dengan kekuasaan dan usaha L Lawliet untuk mengungkap motif sebenarnya Light adalah tontonan mendebarkan yang akan membuat penonton terus menerus menebak-nebak.

Sayangnya, L akhirnya menjadi korban rencana Light yang berhasil mengetahui nama asli L dan kemudian membunuhnya dengan Death Note. Serial itu kemudian mengubah fokusnya ke dua murid L, yaitu M dan N. Mereka ditugaskan untuk menghentikan Kira—nama yang dipakai Light untuk melakukan aksinya. Tidak ada yang jadi lebih mudah bagi dua pahlawan baru ini karena Light selalu terlihat satu langkah lebih maju dari mereka. Death Note bisa ditonton di Netflix.


(alv)
Share: