4 Anime dengan Episode Terakhir Paling Memuaskan Sejauh Ini

4 Anime dengan Episode Terakhir Paling Memuaskan Sejauh Ini
Tidak semua anime berhasil memberikan finale yang memuaskan bagi saga epik mereka, bahkan serial populer sekalipun. Tapi, ada judul yang berhasil melakukannya. (Foto: Anime Corner)
Ada banyak anime bagus di luar sana. Mereka punya cerita yang dijahit dengan rapi, karakter yang memikat penggemar, dan perkembangan karakter yang luar biasa. Dari episode pertama, sudah banyak anime yang membuat penggemar jatuh hati dan selalu setia menunggu episode baruya. Tapi, tidak semua anime ini memberikan finale yang memuaskan.

Meninggalkan kesan pertama yang baik memang penting, karena itu adalah yang akan diingat sebagian besar orang setelah mengalami sesuatu, demikian juga dengan anime. Dengan serangkaian serial baru yang dirilis setiap musim, sebagian besar—kalau tidak semuanya—dinilai dari episode pertamanya. Mudah bagi penonton untuk meninggalkan seluruh serial itu begitu debutnya gagal memuaskan mereka, terutama dengan banyakya pilihan lain bagi mereka. Sementara episode pertama memang penting, episode finalnya juga tak kalah krusial.

Finale atau episode terakhir setiap anime seharusnya menjadi sebuah pengungkapkan bagi penonton yang sudah setia mengikuti ceritanya. Sayang, anime secara umum tidak terkenal karena memberikan ending yang bagus. Terlalu banyak finale yang membuat para penonton kecewa, mesk itu tidak berarti kalau setiap anime mengalami nasib yang sama. Masih ada sejumlah anime luar biasa yang secara sempurna menutup ceritanya. Apa saja anime dengan episode akhir yang memuaskan penonton? Mengutip CBR, berikut rekomendasinya!

Baca Juga: 5 Anime yang Menumbangkan Ide Orang Baik Selalu Menang

4. Assassination Classroom

4 Anime dengan Episode Terakhir Paling Memuaskan Sejauh Ini

Foto: Geeky Sweetie

Assassination Classroom menawarkan cerita yang menarik bagi penggemar anime. Seperti kebanyakan anime shounen, serial ini menyajikan satu kelas yang berisi siswa kelas 3 SMP. Intinya, wali kelas mereka akan menunjukkan teknik pembunuhan sehingga mereka bisa mengakhiri hidup sang guru.

Wali kelas itu, Korosensei, dianggap sebagai pembunuh terhebat dan penjahat paling berbahaya di dunia. Dengan begitu, kelas yang berada di bawah asuhannya juga ditugaskan untuk membunuhnya. Korosensei benar-benar menyadarinya. Tapi, dia bahkan mendukung dan memberikan petunjuk kepada mereka tentang usaha pembunuhan yang leih baik. Sebagian besar, dia memastikan kalau tidak ada yang terluka dalam proses itu.

Finale Assassination Classroom memberikan apa yang dijanjikan serial itu di episode pertamanya. Setelah menyelamatkan dunia dari seorang pembunuh peniru, Korosensei tergeletak tak berdaya. Itu datang ke titik di mana satu-satunya pilihan adalah murid atau pemerintah yang akan mengakhiri hidupnya. Guru itu akhirnya memilih para muridnya untuk melakukan hal tersebut.

Kematiannya menjadi penutup sempurna bagi serial itu dan para muridnya karena itu juga menjadi acara kelulusan mereka. Tapi, itu tidak harus berarti kalau semua orang ingin dia mati. Melalui banyak interaksi slice-of-life kelas itu, penggemar serial itu sudah lama terikat pada guru tersebut. Mereka benar-benar berharap kalau kematian Korosensei tidak perlu terjadi. Ini membuat akhir anime itu jadi benar-benar efektif. Assassination Classroom bisa ditonton di Netflix.

3. Clannad: After Story

4 Anime dengan Episode Terakhir Paling Memuaskan Sejauh Ini

Foto: The Boba Culture

Clannad jelas merupakan salah satu serial paling mematahkan hati dalam sejarah anime. Serial ini menawarkan narasi yang sederhana. Anime ini berkisah tentang bagaimana anak berandalan bernama Tomoya Okazaki menemukan hidup dengan kian dekat dengan Nagisa Furukawa.

Sementara mereka mengalami awal yang sulit, mereka jadi lebih dekat dan kian intim seiring banyaknya waktu yang mereka habiskan bersama. Keduanya kemudian mulai berpacaran dan pada akhirnya menikah. Tapi, hidup tidak terlalu baik kepada mereka. Nagisa meninggal dunia beberapa saat setelah melahirkan putri mereka.

Tak seperti sebagian besar sekuel anime romance populer, Clannad: After Story tidak sama sekali tidak menceritakan tentang apa yang terjadi setelah akhir yang bahagia. Alih-alih, Tomoya tenggelam dalam kesepian setelah kematian Nagisa, yang membuatnya mengabaikan putri mereka. After Story kemudian berfokus pada bagaimana Tomoya mendapatakan kembali niatnya untuk hidup.

Kali ini, dia harus hidup bukan demi Nagisa, tapi Ushio, anaknya, meski gadis cilik itu pun pada akhirnya meninggal dunia. Tapi, itu bukan bagaimana After Story berakhir. Finale-nya mengungkapkan kalau Ushio adalah cewek yang berada di dunia ilusi. Setelah mengumpulkan cukup bola cahaya, Tomoya akhirnya kembali ke masanya dan mengubah jalannya. Ini memberikan saga tragis itu happy ending yang memang layak didapatkannya. Clannad: After Story bisa ditonton di YouTube.

2. Death Note

4 Anime dengan Episode Terakhir Paling Memuaskan Sejauh Ini

Foto: Amazon

Death Note adalah salah satu anime thriller misteri paling populer di dunia. Anime ini menikmati statusnya sebagai kultus klasik selama bertahun-tahun sampai sekarang. Serial ini mengisahkan tentang Light Yagami, seorang siswa SMA yang merasa kalau hidupnya membosankan. Tapi, itu semua berubah setelah dia menemukan sebuah buku tulis ajaib dan menggunakan kekuatannya untuk mengirimkan keadilan kepada para penjahat.

Ketika seorang detektif cerdas, L Lawliet, mulai memburunya, Light mulai menjadi megalomaniak. Dia menggunakan Death Note untuk mempecundangi dan bahkan membunuh L. tapi, Light tidak menang dengan mudah di akhir cerita. Dia kemudian menghadapi protege L dan akhirnya dibunuh Shinigami pemilik buku itu, Ryuk.

Yang membuat kematian Light jadi terkenal adalah fakta kalau Ryuk sudah lama memperingatkannya soal itu. Ketika Light kali pertama mendapatkan Death Note, Ryuk mengatakan padanya, kalau siapa pun yang menggunakannya akan mengalami akhir yang tragis. Inilah yang memang terjadi. Tidak hanya Light mati di tangan Ryuk, kematiannya juga tetap tidak diketahui dunia, sama seperti alter egonya, Kira. Selain itu, penyebab kematian Light juga sama seperti sebagian besar korbannya, yaitu serangan jantung. Death Note bisa ditonton di Netflix.

Baca Juga: 8 Rekomendasi Anime Terbaik dari Urban Legend Jepang

1. Code Geass

4 Anime dengan Episode Terakhir Paling Memuaskan Sejauh Ini

Foto: Film Affinity

Berbicara tentang ending anime terbaik, Code Geass tidak bisa dikecualikan. Ceritanya mengikuti protagonisnya, Lelouch Lamperouge, pangeran Kekaisaran Britannia yang diasingkan ke Jepang, wilayah jajahan kekaisaran itu. Suatu hari, Lelouch mendapatkan Kekuatan Para Raja alias Geass dari CC, seorang cewek misterius.

Lelouch lantas menggunakan kekuatan itu untuk memimpin pemberontakan terhadap kekaisaran. Perang epik untuk meraih kemerdekaan Jepang ini menarik banyak penggemar. Tapi, yang memberikan ketenaran besarnya adalah ending-nya yang luar biasa.

Di episode terakhir Code Geass, Lelouch mengorbankan dirinya sendiri untuk menebus mereka yang tidak bersalah dan mereka yang telah melakukan kejahatan. Dia menyalurkan kemarahan seluruh dunia kepada dirinya dan menggunakan kematiannya untuk meredamnya. Dengan demikian, dia jelas akan menjadi salah satu orang terburuk dalam sejarah. Hanya mereka yang dekat dengannya yang tahu kebenarannya, alasan mulia di balik pengorbanan tanpa pamrih. Code Geass bisa ditonton di channel AniOne di YouTube.


(alv)
Share: