8 Rekomendasi Anime Terbaik dari Urban Legend Jepang

Senin, 07 November 2022 - 09:09 WIB
loading...
8 Rekomendasi Anime Terbaik dari Urban Legend Jepang
Ada sejumlah anime bagus yang diangkat dari urban legend Jepang. Biasanya anime ini punya cerita-cerita aneh yang terkadang dipercaya terjadi di dunia nyata. (Foto: Manga Thrill)
A A A
Urban legend adalah tema yang menarik untuk diangkat ke sebuah cerita drama atau anime , terutama untuk genre horor. Banyak anime horor paling mengerikan yang diangkat dari kisah-kisah urban legend ini. Mereka bisa berasal dari dongeng rakyat atau pun cerita yang beredar di dunia online.

Jepang adalah negara dengan banyak dongeng rakyat, mitos, dan urban legend. Tak heran jika para kreator anime pun tak pernah kekurangan ide dan inspirasi untuk menyusun cerita mereka. Urban legend Jepang ini bahkan lebih terasa horor ketimbang urban legend ala barat.

Anime yang diangkat dari urban legend ini akan meramu cerita mereka menjadi sesuatu yang lebih menarik. Para pecinta horor biasanya akan menemukan sesuatu yang membuat mereka tidak mau meninggalkan anime dari urban legend ini. Ingin menonton anime dari urban legend? Mengutip Game Rant, berikut rekomendasinya!



8. Paranoia Agent

8 Rekomendasi Anime Terbaik dari Urban Legend Jepang

Foto: Sabukaru

Serial thriller psiko ini bukan tentang satu urban legend tertentu. Seperti film lain Satoshi Kon, ini lebih dari itu. Serial ini dimulai dengan desainer karakter stres Tsukiko Sagi yang diserang seorang cowok ABG dengan sebuah tongkat bisbol. Dia pun menjadi korban pertama Li’l Slugger, di saat dia terus menyerang semua orang di sekitar Musashino di Tokyo. Yang diketahui tentang dirinya adalah dia menyembunyikan wajahnya di balik topi, bergerak dengan inline skates, dan memukul orang-orang yang dia temui dengan tongkat.

Akan jadi sederhana kalau serial itu adalah untuk menangkapnya. Alih-alih, itu adalah serial tentang bagaimana ceritanya menyebar di seluruh komunitas dan mempengaruhi orang. Singkatnya, serial ini adalah tentang bagaimana urban legend tercipta. Lagi pula, itu pas untuk penyerang misterius seperti Spring-Heeled Jack di kehidupan nyata. Hanya, Li’l Slugger punya cerita asal usul aneh di belakangnya. Serial ini bisa ditonton di Bstation.

7. Otherside Picnic

8 Rekomendasi Anime Terbaik dari Urban Legend Jepang

Foto: Anime Feminist

Otherside Picnic adalah serial novel tentang seorang mahasiswi bernama Sorawo yang suka mengeksplorasi Otherside. Mereka adalah dunia paralel di mana urban legend dan cerita online itu benar adanya. Misalnya, dia terikat dengan cewek lain bernama Toriko ketika berburu Kunekune, makhluk mirip kertas dari dongeng Jepang.

Mereka bertemu lebih banyak lagi di petualangan mereka, seperti Kisaragi Station. Yang ini lahir dari unggahan 2chan pada 2004 tentang seorang gadis yang terjebak di sebuah stasiun kereta api misterius. Sorawo dan Toriko juga menyelamatkan sejumlah marinir AS yang jatuh ke Otherside saat sedang bermanuver. Anime ini bisa ditonton di Bstation.

6. Boogiepop Phantom

8 Rekomendasi Anime Terbaik dari Urban Legend Jepang

Foto: IGN

Kohei Kadono membuat serial novel ringan Boogiepop, yang diangkat dari urban legend Boogieman. Serial ini berkisah tentang roh yang disebut Boogiepop yang mengambil alih seorang siswa SMA bernama Toka Miyashita untuk melindungi dunia. Apakah dia supranatural? Atau Toka berkepribadian ganda? Tidak ada yang tahu pasti. Anehnya, sekuelnya, Boogiepop Phantom, dianimasikan 19 tahun sebelum leluhurnya pada 2000. Anime ini bisa dicari di Chrunchyroll.

5. Hell Girl

8 Rekomendasi Anime Terbaik dari Urban Legend Jepang

Foto: The Cinemaholic

Hell Girl adalah salah satu anime horor populer. Anime ini diangkat dari cerita di sebuah situs. Kalau pengguna memasukkan detail yang tepat, mereka bisa mengirim iblis untuk menyiksa target mereka sebelum ditarik ke dunia bawah tanah. Semuanya gratis, jiwa mereka akan pergi ke neraka. Serial garapan Studio DEEN ini mengubah iblis utama di situs itu menjadi Ai Enma, tokoh utama di Hell Girl.

Dulunya, dia adalah cewek normal. Dia kemudian dikhianati dan ditumbalkan warga desanya. Dia keluar dari kuburnya dan membakarnya untuk balas dendam dengan membunuh semua orang. Kini, dia melayani dunia bawah tanah lewat ‘bisnisnya’ menghukum para pendosa untuk menebus kejahatannya, dengan situs itu menjadi versi terakhir layanannya. Anime ini bisa ditemukan di Bstation.

4. Yamishibai: Japanese Ghost Stories

8 Rekomendasi Anime Terbaik dari Urban Legend Jepang

Foto: IMDb

Sebelum TV mengambil alih, anak-anak dan keluarga di Jepang dihibur dengan kamishibai. Itu adalah sebuah bentuk teater jalanan di mana seorang pria akan bercerita dengan kerangka kayu berjalan di mana mereka akan menggeser gambar masuk dan keluar. Yamishibai pada dasarnya adalah serial tentang itu, di saat sosok bertopeng aneh muncul dengan kiosnya untuk menceritakan cerita horor pendek. Serial itu kini punya 10 season dan terus bertambah. Setiap season terdiri atas episode sepanjang kurang lebih 5 menit.

Sebagian besar ceritanya menggunakan urban legend sebagai basis plotnya atau menggunakan sosok asli dari dongeng rakyat sebagai inspirasi. Misalnya, episode Dewi Payung di season pertama didasarkan pada Hachishakusama, seorang wanita setinggi 2,5 meter yang memburu anak-anak. Anime ini bisa ditemukan di Crunchyroll.

3. Ghost Stories

8 Rekomendasi Anime Terbaik dari Urban Legend Jepang

Foto: Amazon

Serial anime 2000 ini dimulai sebagai serangkaian novel hantu yang ditulis Toru Tsunemitsu. Mereka bahkan punya tetralogi film dan sebuah serial televisi sebelum ADV Films membuat animenya. Serial ini berkisah tentang Hajime dan teman-temannya yang bertemu sejumlah tokoh dari urban legend Jepang.

Dalam perjalanan, mereka bertemu sosok seperti Akagami Aogami, sosok berjubah yang bersembunyi di kamar mandi dan mengancam mencekik mangsanya sampai mati atau membuat mereka kehabisan darah. Yang paling terkenal, episode ketiganya yang seharusnya menampilkan Kuchisake Onna, Wanita Bermulut Terbelah. Tapi, tidak jadi karena banyaknya keluhan. Anime ini bisa ditemukan di Amazon Prime dan Crunchyroll.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1993 seconds (0.1#10.140)