10 Film dan Serial Superhero Cewek Terbaik Menurut Rotten Tomatoes

10 Film dan Serial Superhero Cewek Terbaik Menurut Rotten Tomatoes
Sejumlah film dan serial superhero cewek mampu mendapatkan apresiasi kritikus di Rotten Tomatoes meskipun belum sebaik superhero cowok yang sudah dikenal luas. (Foto: GeekTyrant)
Superhero cewek belum banyak terekspos secara langsung di layar perak dan layar kaca. Sebagian muncul sebagai pendamping karakter utama pria di film atau serial televisi. Namun, itu tidak berarti tidak ada film atau serial televisi dengan superhero cewek sebagai karakter utamanya.

Dalam 7 tahun terakhir, superhero cewek sudah lebih banyak mendapatkan sorotan di layar bioskop dan televisi. Penampilan mereka pun sudah jauh lebih baik dari tayangan superhero cewek sebelumnya. Sebagian sudah tidak lagi terlalu terseksualisasikan penampilannya. Ini bisa dilihat dari penampakan mereka di franchise besar seperti Marvel Cinematic Universe (MCU) dan DC Extended Universe (DCEU).

Film dan serial televisi superhero cewek mulai mendapatkan tempat di hati penggemar. Meski penampilannya belum konsisten dan sering jadi bulan-bulanan kritik di situs seperti Rotten Tomatoes, tapi, cerita dan aksi yang ditampilkan tidak kalah dengan superhero cowok. Bahkan, superhero cewek bisa membawa emosi yang lebih mendalam. Apa saja film dan serial televisi superhero cewek terbaik menurut skor Rotten Tomatoes? Simak ulasannya berikut ini!

Baca Juga: 10 Film Superhero Paling Kontroversial, Ada yang Belum Dirilis

10. She-Hulk: Attorney at Law — 77% (2022)

10 Film dan Serial Superhero Cewek Terbaik Menurut Rotten Tomatoes

Foto: Disney

She-Hulk adalah salah satu karakter superhero cewek terkuat di dunia. Tapi, serial MCU ini menjadikannya sebagai karakter kocak yang seolah mengolok-olok franchise itu. Berformat sitcom, rasanya sulit untuk bisa menganggap She-Hulk alias Jennifer Walters ini sebagai karakter yang serius.

Serial ini berkisah tentang Jennifer Walters, seorang pengacara yang sinis terhadap superhero. Namun, nasib berkata lain. Ketika mengalami kecelakaan mobil bersama sepupunya, Bruce Banner alias Hulk—di sini Smart Hulk, dia terkontaminasi darah gamma Bruce. Jennifer kemudian berubah menjadi cewek besar berwarna hijau yang disebut publik sebagai She-Hulk. Serial She-Hulk: Attorney at Law bisa ditonton di Disney+ Hotstar.

9. Black Widow — 79% (2021)

10 Film dan Serial Superhero Cewek Terbaik Menurut Rotten Tomatoes

Foto: CNBC

Setelah 11 tahun malang melintang di MCU, Natasha Romanoff alias Black Widow akhirnya mendapatkan film solonya. Film ini bertindak sebagai prekuel yang terjadi di antara peristiwa Captain America: Civil War dan Avengers: Infinity War karena Black Widow tewas di Avengers: Endgame. Film ini sekaligus memperkenalkan pengganti Natasha sebagai Black Widow di MCU, yaitu Yelena Belova.

Black Widow membawa orang ke masa lalu Natasha yang sebelumnya belum pernah tereksplorasi ketika dia masih masuk program Red Room. Film ini penuh aksi mendebarkan dengan drama keluarga yang kocak dan emosional. Sebagian besar kritikus menyatakan, Black Widow tidak menambah poin apa pun bagi MCU selain kehadiran Yelena dan Red Guardian. Film Black Widow bisa ditonton di Disney+ Hotstar.

8. Birds of Prey — 79% (2020)

10 Film dan Serial Superhero Cewek Terbaik Menurut Rotten Tomatoes

Foto: Variety

Film keluaran DC ini punya judul asli yang sangat panjang, yaitu Birds of Prey (and the Fantabulous Emancipation of One Harley Quinn). Film ini kemudian dikenal sebagai Harley Quinn: Birds of Prey atau Birds of Prey. Dirilis pada sebelum pandemi Covid-19, film ini menampilkan para antihero cewek DC yang berusaha menghentikan kekejaman Roman Sionis alias Black Mask.

Film ini dikritik karena terlalu berfokus pada Harley Quinn dan membuat anggota Birds of Prey seperti tempelan. Film yang seharusnya menjadi asal usul tim antihero cewek ini berakhir seperti film solo Harley. Tim antihero ini terbentuk menjelang klimaks film dan tidak tereksplorasi dengan baik. Film Birds of Prey bisa ditonton di HBO Go.

7. Captain Marvel — 79% (2019)

10 Film dan Serial Superhero Cewek Terbaik Menurut Rotten Tomatoes

Foto: Entertainment Weekly

Captain Marvel merupakan superhero overpowered di MCU. Dia diperkenalkan lewat adegan pascakredit Avengers: Infinity War sebelum akhirnya tampil di film solonya dengan judul sama. Captain Marvel menjadi salah satu film paling kontroversial di MCU karena pemerannya, Brie Larson, dipandang tidak pas memerankan karakter itu dan jarang tersenyum di sepanjang film.

Captain Marvel berkisah tentang perjalanan Carol Danvers, seorang pilot Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) yang terdampar di planet Hala tanpa ingatan. Ketika terlempar ke bumi, Carol akhirnya menemukan siapa dirinya sebenarnya dan tahu apa yang terjadi. Dia kemudian mendapatkan kekuatan dan menjadi Captain Marvel. Film Captain Marvel bisa ditonton di Disney+ Hotstar.

6. Jessica Jones — 83% (2015)

10 Film dan Serial Superhero Cewek Terbaik Menurut Rotten Tomatoes

Foto: Entertainment Weekly

Jessica Jones belum secara resmi diperkenalkan di MCU. Dia muncul di serial Marvel yang dulu tayang di Netflix sebagai bagian dari semesta The Defender bersama Daredevil, Luke Cage, Iron Fist, dan Punisher. Dengan diperkenalkannya Daredevil secara resmi di MCU, kini tinggal menunggu waktu kapan Marvel akan memasukkan Jessica di franchise itu.

Jessica Jones berpusat pada seorang cewek berkekuatan super dengan nama yang sama. Dia sempat menjadi seorang superhero sampai sebuah insiden yang melibatkan Kilgrave yang jahat menyebabkannya membunuh seseorang. Setelah insiden itu, dia menjadi seorang detektif partikelir. Ketika Kilgrave kembali muncul, Jessica harus berdiri untuk menghentikannya. Serial Jessica Jones bisa ditonton di Disney+ Hotstar.

5. Black Panther: Wakanda Forever — 84% (2022)

10 Film dan Serial Superhero Cewek Terbaik Menurut Rotten Tomatoes

Foto: Marvel
halaman ke-1
Share: