Siapakah Dr. Vegapunk, Ilmuwan Misterius di One Piece?

Siapakah Dr. Vegapunk, Ilmuwan Misterius di One Piece?
Dr. Vegapunk mulai diperkenalkan di One Piece. Siapa sosok ilmuwan misterius ini pun dikuliti pelan-pelan. Dia adalah sosok penting di masa depan serial ini. (Foto: Screen Rant)
Dr. Vegapunk adalah salah satu karakter paling menarik di One Piece sejauh ini. Perkenalannya juga menjadi salah satu pengungkapan paling hype di serial ini. Dia kali pertama tampil di chapter 1.061 setelah disinggung jauh sebelum itu.

Di sepanjang One Piece, Vegapunk dipuji sebagai seorang jenius berkat kerjanya membuat Angkatan Laut terus maju. Busur Pulau Egghead membuat kejeniusannya kian tereksplorasi. Perannya di cerita ini pun semakin terlihat penting karena dia adalah satu-satunya orang yang bisa menjelaskan banyak hal, seperti Buah Iblis dan Faktor Garis Keturunan.

Eiichiro Oda kemudian memperkenalkan sosok Vegapunk sebagai satu orang yang memecah dirinya menjadi 6 sosok. Chapter 1.066 akhirnya mengungkapkan wujud asli Vegapunk dan kaitannya dengan ayah Luffy, Monkey D Dragon. Tak salah kalau sekaranglah saatnya bagi penggemar untuk tahu mengapa karakter itu begitu penting dan perannya besarnya di masa depan serial ini. Siapakah Dr. Vegapunk? Mengutip Game Rant, berikut ulasannya!

Baca Juga: One Piece 1.065 Perkenalkan Tiga Vegapunk Baru dan Kerajaan Kuno

1. Kemunculan Nama Vegapunk Kali Pertama

Siapakah Dr. Vegapunk, Ilmuwan Misterius di One Piece?

Foto: One Piece

Vegapunk adalah pengungkapan paling diantisipasi dan terpanjang di One Piece sejauh ini. Dia kali pertama disebut di chapter 433, setelah peristiwa di busur Enies Lobby. Koby-lah yang memperkenalkan penggemar kepada Dr. Vegapunk. Menurut Koby, berkat Vegapunk-lah Angkatan Laut bisa membuat kemajuan besar di bidang ilmiah. Koby menyebutkan kalau Vegapunk bisa memastikan agar kapal Angkatan Laut tidak harus melintasi Gunung Reverse setiap kali mereka harus ke luar masuk Grand Line.

Di saat yang sama, dia juga menyebutkan kalau Vegapunk telah mempelajari Buah Iblis hingga level tingi dan akhirnya berhasil memahami cara kerjanya. Bahkan, memberikan buah ini sebagai makanan benda tak tergerak pun bisa dilakukan Vegapunk. Setelah semua ini, Vegapunk akhirnya diperkenalkan di chapter 1.061, yang mana 628 chapter kemudian. Di busur Pulau Egghead, penggemar akhirnya bisa melihat Perompak Topi Jerami bertemu dengannya di pulau masa depan itu. Chapter 1.066 membuat Luffy pada akhirnya bertemu sosok asli Vegapunk setelah bertemu 6 kembarannya.

2. Masa Lalu Vegapunk

Siapakah Dr. Vegapunk, Ilmuwan Misterius di One Piece?

Foto: Reddit

Sementara belum semua masa lalunya diungkap, Oda secara cermat menempatkan sedikit demi sedikit informasi tentang Vegapunk di cerita itu. Beberapa saat sebelum Perang Puncak, Bartholomew Kuma, salah satu mantan Shichibukai, mengirim Franky ke Pulau Karakuri. Di pulau itu ada kota masa depan bernama Baldimore, tempat Vegapunk dilahirkan. Seperti telihat di manga, Vegapunk tinggal di sana saat masih muda dan penemuannya bisa terlihat di pulau itu ketika Franky ada di sana.

Dia membuat banyak hewan cyborg dan membantu mereka mengatasi luka-luka mereka. Pada saat yang sama, dia menciptakan sistem pemanas untuk seluruh kota, yang membantu orang-orang di sana hidup enak. Bekas laboratorium Vegapunk dianggap sebagai harta berharga nasional di pulau ini dan dijaga Angkatan Laut. Banyak rahasia kehidupan ada di sana. Tapi, karena kurang pendanaan, Vegapunk tidak bisa menyelesaikan proyek yang sedang dia kerjakan di pulau itu.

3. Pencapaian Vegapunk Sejauh Ini

Siapakah Dr. Vegapunk, Ilmuwan Misterius di One Piece?

Foto: One Piece

Akhirnya, Vegapunk pindah dari Pulau Karakuri. Dia lalu bergabung dengan Vinsmoke Judge, ilmuwan terkenal dari North Blue sekaligus pemimpin Kerajaan Germa, Queen the Plague, dan Caesar Clown. Grup itu dikenal sebagai MADS dan bersama mereka menemukan cetak biru kehidupan yang dikenal sebagai Faktor Garis Keturunan. Faktor itu adalah DNA yang membuat para jenius ini mengubah dan menciptakan hidup itu sendiri. Dengan rahasia kehidupan ini ditemukan, Judge menciptakan petarung manusia super pada anak-anaknya.

Sementara, Vegapunk menggunakan kajian ini untuk memahami esensi Buah Iblis dan cara kerjanya. Pada akhirnya, Angkatan Laut tahu tentang MADS dan memburu mereka. Vegapunk ditangkap. Dia kemudian dipekerjakan organisasi itu dan menjadi ilmuwan pemimpin mereka. Vegapunk kemudian mendapatkan dana yang dia butuhkan untuk melanjutkan eksperimen ilmiahnya.

Seperti disebutkan Koby, semua rahasia Buah Iblis diketahui Vegapunk. Faktanya, dia bahkan berhasil menciptakan kembali Buah Iblis. Setelah mempelajari Kaido, dia bisa menciptakan ulang Uo Uo no Mi, Model: Seiryu dengan sempurna. Dia bahkan bisa memberikan Buah Iblis itu kepada obyek tak bergerak sebagai makanan, seperti pertama terlihat di Alabasta. Di Punk Hazard, dia berhasil menciptakan kembali naga. Mungkin, prestasi terbesar Vegapunk adalah Pacifista. Pacifista kali pertama diperkenalkan kepada penggemar sebelum Perang Puncak One Piece.

Baca Juga: 7 Film Layar Lebar One Piece dengan Rating Tertinggi di IMDb

Mereka adalah senjata manusia yang didasarkan pada tubuh Bartholomew Kuma dan punya kekuatan laser Buah Iblis Kizaru. Mereka adalah salah satu pasukan militer utama yang dipegang Angkatan Laut sampai baru-baru ini. Pacifista adalah eksperimen yang tidak komplet dan baru saja diselesaikan, dengan penciptaan SSG. Sekarang, mereka lebih berevolusi dengan penciptaan Seraphim yang debut di One Piece 1.059. Seraphim adalah klona mantan Shichibukai dengan kekuatan ras Lunarian yang dipelajari Vegapunk keika Alber menjadi tahanan Angkatan Laut.

Kejeniusannya membuatnya bisa mengekstraksi Faktor Garis Keturunan ras itu dan menciptakannya kembali dari bawah. Di Egghead Island, Vegapunk telah menciptakan sebuah tempat yang 500 tahun lebih maju dari dunia manusia. Busur ini ajkan menjadi kunci di lini cerita One Piece. Penggemar akan tahu sejumlah misteri di sekeliling Buah Iblis dan mungkin lebih banyak lagi.


(alv)
Share: