10 Hal yang Harus Diingat sebelum Black Panther: Wakanda Forever

10 Hal yang Harus Diingat sebelum Black Panther: Wakanda Forever
Sebagai penutup Fase 4 Marvel Cinematic Universe (MCU), ada hal yang harus diingat penggemar terkait lini cerita untuk memahami Black Panther: Wakanda Forever. (Foto: IMDb)
Black Panther: Wakanda Forever menutup gelaran Fase 4 Marvel Cinematic Universe (MCU). Film ini tayang mulai Rabu (9/11) di bioskop seluruh Indonesia. Sebagian besar reaksi awal memuji sekuel itu seabgai dongeng emosional di saat Wakanda berduka atas kematian T’Challa.

Film ini terasa sebagai tribute hangat bagi Chadwick Boseman dan warisannya sebagai Black Panther. Chadwick meninggal dunia pada 2020 akibat kanker sebelum sekuel Black Pantherdigarap. Sekuel ini juga memperkenalkan Namor sebagai ancaman baru Wakanda.

Di saat penggemar bersiap menyaksikan perang antara Talokan dan Wakanda, mungkin mengejutkan kalau bentrokan ini sudah dikembangkan sejak Avengers: Endgame. Sejak Black Panther diperkenalkan di Captain America: Civil War, sejumlah lini plot penting sudah mengarah ke peristiwa di Wakanda Forever. Apa saja yang harus diingat sebelum Black Panther: Wakanda Forever? Mengutip Screen Rant, berikut ulasannya!

Baca Juga: Review Black Panther: Wakanda Forever: Full Emosi, Padat Aksi

1. Dinamika Kakak Beradik Shuri dan T’Challa

10 Hal yang Harus Diingat sebelum Black Panther: Wakanda Forever

Foto: Screen Rant

T’Challa dan Shuri punya salah satu hubungan kakak beradik terbaik di MCU. Hubungan mereka selalu penuh tawa canda dan menghangatkan. Shuri adalah orang yang merancang kostum baru T’Challa.

Dengan saling olok dan saling menyayangi satu sama lain seperti terlihat di film pertama, Wakanda Forever akan mengikuti periode perubahan Shuri di saat dia harus menghadapi kematian kakaknya. Dengan mantel Black Panther harus diwariskan, Shuri adalah kandidat kuat. Kalau ada yang memahami penggunaan kostum Black Panther, maka itu adalah Shuri.

2. M’Baku dan Suku Jabari Jadi Sekutu Terbesar Wakanda

10 Hal yang Harus Diingat sebelum Black Panther: Wakanda Forever

Foto: Marvel

Lini plot utama Wakanda Forever adalah mengatasi perang antara Talokan dan Wakanda. Sekutu terkuat Wakanda dalam perang ini adalah suku Jabari. Cerita ini penting karena awalnya suku Jabari adalah musuh besar Wakanda sebelum M’Baku dan T’Challa menyelesaikan permusuhan suku mereka dan menjadi sekutu selama berkuasanya Killmonger.

Selain itu, Jabari juga muncul di Perang Wakanda di saat mereka berusaha mempertahankan batu terakhir dari Thanos. Jabari jelas menjadi suku terpercaya dan diperkirakan akan berperan dalam perang melawan Namor dan rakyatnya. Trailer menunjukkan M’Baku melawan orang Talokan. Selain itu, M’Baku juga merupakan pemimpin sukunya dan pernah bertarung untuk mantel Black Panther.

3. Sekutu Lain Wakanda dan Perjanjian Sokovia

10 Hal yang Harus Diingat sebelum Black Panther: Wakanda Forever

Foto: Digital Spy

Suku Jabari bukan satu-satunya konglomerat yang bergabung dengan Wakanda. Karena Infinity War, Wakanda juga membentuk aliansi dengan orang-orang seperti Sam Wilson, James Rhodes, Bucky Barnes, dan Bruce Banner. Dan, belum lama ini, sejumlah anggota Dora Milaje juga berlintasan dengan Sam dan Bucky di The Falcon and the Winter Soldier. Mereka mungkin akan membantu Wakanda.

Keterlibatan mereka menjadi sulit dengan Perjanjian Sokovia, yang melarang mereka berpartisipasi dalam konflik Wakanda dan Talokan. Tapi, seperti yang dikatakan Matt Murdock di She-Hulk, Perjanjian Sokovia telah dibatalkan. Ini mungkin terjadi akibat yang terjadi di Infinity War. Perjanjian itu melemahkan bumi untuk mempertahankan dirinya melawan ancaman besar. Dengan perjanjian itu tidak lagi aktif, sekutu itu bisa dengan mudah membantu Wakanda.

4. T'Challa Mengalahkan Killmonger

10 Hal yang Harus Diingat sebelum Black Panther: Wakanda Forever

Foto: Vox

Lini cerita kritis Black Panther 2018 berputar di sekitar penjahat utamanya, Erik Killmonger. Dia adalah anak Pangeran N’Jobu dan sepupu T’Challa, yang ingin balas dendam atas kematian ayahnya dan menantang takhta untuk mendapatkan logam berharga di Wakanda demi revolusinya. Film itu berakhir dengan Killmonger tewas akibat luka yang dia derita. Tapi, konfliknya dengan T’Challa memotivasi raja itu untuk mengubah posisi isolasi Wakanda.

Dengan cerita sekuelnya berfokus pada kematian T’Challa, banyak penggemar berspekulasi apakah ini akan membuka pintu bagi Killmonger untuk kembali. Multiverse membuktikan bisa mengatasi persoalan itu, sehingga ada kesempatan bagi karakter itu untuk kembali. Sementara kemungkinan ini sangat kecil, penggemar bisa berharap adanya rujukan tentang dia dan melihat dampak setelah peristiwa itu.

5. Nakia Kembali setelah Rekonsiliasi Terakhir dengan T'Challa

10 Hal yang Harus Diingat sebelum Black Panther: Wakanda Forever

Foto: Slash Film

Penggemar ingat Nakia ketika dia berekonsiliasi dengan mantanya dan menjadi kepala departeman jangkauan sosial untuk Pusat Jangkauan Internasional Wakanda. Sebelum itu, dia adalah agen rahasia paling berbakat Wakanda. Dia menginvestigasi penyelundupan manusia dan menjadi suara penting bagi Wakanda untuk jadi lebih diplomatis.

Meski Nakia adalah salah satu karakter kondang di cerita Black Panther, dia relatif absen di MCU sejak film 2018. Belum jelas di mana hubungannya dengan T’Challa sebelum kematiannya. Terutama, dengan T’Challa menjadi korban jentikan jari Thanos dan Nakia sepertinya selamat dari peristiwa itu. Ini menjadi salah satu suplot paling ambigu sejak Black Panther. Meski trailer mengindikasikan kalau dia akan menjadi salah satu kekuatan untuk membela Wakanda di sekuel ini.

6. Sejarah Panjang Orang Mencuri Vibrarium dari Wakanda

10 Hal yang Harus Diingat sebelum Black Panther: Wakanda Forever

Foto: MCU Wiki – Fandom
halaman ke-1
Share: