Apa Perbedaan Antara Iblis, Fiend, dan Hybrid di Chainsaw Man?

Jum'at, 04 November 2022 - 21:39 WIB
loading...
Apa Perbedaan Antara Iblis, Fiend, dan Hybrid di Chainsaw Man?
Iblis, Iblis Hybrid, dan Fiend adalah tiga makhluk berbeda di Chainsaw Man meski terlihat sama. Mereka adalah konsep inti dari cerita dan plot serial hit itu. (Foto: ComicBook.com)
A A A
Iblis, Iblis Hybrid, dan Fiend adalah tiga makhluk berbeda di Chainsaw Man . Iblis dan manusia bisa berkombinasi untuk membentuk dua makhluk berbeda, yaitu Fiend dan Iblis Hybrid. Karena persamaan mereka dan kelangkaan Hybrid, perbedaan antara keduanya sering kali samar.

Sementara Fiend dan Iblis Hybrid punya sejumlah persamaan, ada perbedaan kunci yang membuat mereka berbeda satu dari yang lain. Bahkan, ada sejumlah elemen yang membuat mereka juga berbeda daari Iblis yang membentuk mereka. Iblis, Fiend, dan Iblis Hybrid diburu Pemburu Iblis Keamanan Publik di Chainsaw Man.

Dengan sejumlah konsep inti yang digabungkan ke cerita, membedakan mereka secara akurat bisa meningkatkan kebingungan. Bahkan, ini bisa membingungkan bagi pembaca manga untuk memahami konsep yang didesain kreator Chainsaw Man, Fujimoto Tatsuki. Apa beda Iblis, Iblis Hybrid, dan Fiend di Chainsaw Man? Mengutip BeeBom, berikut ulasannya!



1. Iblis/Devil

Apa Perbedaan Antara Iblis, Fiend, dan Hybrid di Chainsaw Man?

Foto: Game Revolution

Di dunia Chainsaw Man, Iblis adalah makhluk supranatural yang lahir di neraka dan memangsa ketakutan manusia. Setiap Iblis punya kekuatan unik dan nama mereka pun terkorelasi dengan kekuatan tersebut. Semua iblis di Chainsaw Man secara praktis adalah abadi.

Tapi, kalau mereka mati di dunia manusia, mereka lahir kembali di neraka. Lalu, kalau Iblis dibunuh di neraka, dia akan bereinkarnasi di dunia manusia. Meski mereka tidak mengingat apa pun dari kehidupan mereka sebelumnya, seperti diungkap di chapter akhir bagian pertama manga-nya. Setiap Iblis di anime itu punya kekuatan umum sama.

- Penyembuh Darah: Setiap Iblis bisa menyembuhkan dirinya dengan mengonsumsi darah makhluk lain, mau Iblis atau manusia. Kadang, mengonsumsi darah dan daging Iblis lain juga punya efek khusus pada pemakannya. Ini termasuk kekuatan sementara, mantra penyembuh, dan lain-lain.

- Kontrak: Iblis, kalau mau, bisa membuat kontrak dengan manusia. Sementara melakukannya, mereka meminjamkan sejumlah kemampuannya pada manusia dengan mengambil alih kendali satu atau lebih bagian tubuh manusia sebagai tumbal. Kedua pihak harus sama-sama menyetujui kontrak itu agar berhasil. Ini menempatkan landasan bagi anime Chainsaw Man.

- Kerasukan: Kalau satu Iblis menemukan satu manusia sekarat, dia bisa mengambil alih tubuhnya. Ini membatasi kekuatan Iblis tapi membiarkan mereka mengasumsikan bentuk manusia lengkap tanpa membuat kontrak.

- Kekuatan Khusus: Seperti disebutkan sebelumnya, berdasarkan ketakutan yang menjadi dasar mereka, Iblis di Chainsaw Man juga merasuki kekuatan istimewa dalam konteks ketakutan itu. Misalnya, Iblis Rubah mewujudkan ketakutan terhadap rubah dan punya rahang serta cakar tajam.

2. Iblis Utama

Apa Perbedaan Antara Iblis, Fiend, dan Hybrid di Chainsaw Man?

Foto: Pinterest

Iblis Utama adalah iblis terkuat di dunia Chainsaw Man. Iblis-iblis itu didasarkan pada ketakutan paling dasar manusia, seperti kegelapan. Dari penampakannya, Iblis Utama itu tidak pernah dibunuh di neraka. Jadi, mereka tidak pernah bereinkarnasi di dunia manusia. Karena kekuatan besar mereka, semua tipe iblis lain takut pada Iblis Utama ini.

3. Iblis Hybrid

Apa Perbedaan Antara Iblis, Fiend, dan Hybrid di Chainsaw Man?

Foto: CNET

Seperti namanya, Hybrid adalah hasil merger antara manusia dan iblis. Hybrid bisa berubah menjadi bentuk fusi manusia-iblis dengan bantuan pemicu fisik seperti kabel di Chainsaw Man atau pin di Iblis Bom. Begitu berubah, hybrid mendapatkan kendali penuh kekuatan iblis sementara mempertahankan kesadaran manusia. Iblis Hybrid berbeda dengan manusia yang membentuk sebuah kontrak dengan iblis. Kekuatan manusia seperti itu terbatas dan mereka tidak bisa transfer ke bentuk melebur.

Dalam hal kemampuan, Hybrid punya kekuatan menyembuhkan istimewa. Dengan jumlah darah yang tepat, mereka bisa menghidupkan kembali diri mereka dari luka fatal atau kehilangan anggota badan. Cara paling bisa diandalakan untuk membunuh iblis hybrid adalah menyingkirkan semua elemen iblis dari tubuh mereka. Dalam konteks Chainsaw Man, elemen iblis itu adalah jantungnya.

Yang menarik, manga Chainsaw Man sampai saat ini hanya menampilkan Hybrid berbasis iblis seperti senjata, seperti pelempar flame, katana, senjata api, tombak, dan lain-lain. Tak seperti ketakutan lain seperti darah atau ular, ketakutan senjata biasanya dihubungkan dengan manusia yang mengendalikan senjata itu.



4. Fiend

Apa Perbedaan Antara Iblis, Fiend, dan Hybrid di Chainsaw Man?

Foto: SportsKeeda

Fiend adalah iblis yang merasuki mayat manusia demi bertahan hidup. Biasanya, ini menyebabkan eliminasi semua kesadaran bagian manusia. Tapi, pada saat yang sama, kendali tubuh bersama juga mungkin terjadi. Meskipun, itu adalah kasus langka.

Juga dikenal sebagai Devilman, Fiend terlihat seperti manusia siapa dengan sejumlah fitur iblis. Misalnya, Power, Blood Fiend, yang dikenali dengan tanduknya. Tapi, tak seperti Iblis Utama, kekuatan Fiend diredam dalam bentuk ini. Mereka bahkan tidak bisa membuat kontrak dengan manusia lain.

Bahkan kemampuan berubah menjadi bentuk iblis hanya berlangsung sebentar bagi Fiend di Chainsaw Man. Power saja baru sekali terlihat dalam bentuk iblis utuhnya di sepanjang serial ini. Makanya, mereka lebih mudah dibunuh ketimbang Iblis utuh atau Hybrid. Untungnya, Fiend setidaknya bisa mempertahankan kemampuan menyembuhkan diri dengan mengonsumsi darah. Tapi, kalau seorang Fiend tewas, dia segera masuk neraka. Di sana, mereka harus mati agar bisa bereinkarnasi ke dunia manusia, mirip seperti Iblis lain.
(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2395 seconds (0.1#10.140)