Mau Kuliah di Amerika Serikat? Datang Dulu ke Pameran EducationUSA

Jum'at, 21 Oktober 2022 - 22:01 WIB
loading...
Mau Kuliah di Amerika Serikat? Datang Dulu ke Pameran EducationUSA
Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta menggelar pameran pendidikan EducationUSA bagi yang ingin berkuliah di negara tersebut. Foto/Kedubes Amerika Serikat
A A A
JAKARTA - Pameran pendidikan EducationUSA akan digelar pada 22 Oktober 2022 di Park Hyatt Jakarta, Kebon Sirih, dengan dihadiri para perwakilan universitas dan akademi dari Amerika Serikat.

Dalam acara yang akan diadakan mulai pukul 13.00 WIB hingga 16.30 WIB ini, kamu bisa menemui dan berkonsultasi dengan perwakilan-perwakilan universitas yang membuka stan di sana. Para perwakilan tersebut antara lain dari Arizona State University, Carnegie Mellon University, Colorado School of Mines, Indiana University di Bloomington, Michigan State University, Northeastern University, University of Colorado di Boulder, University of Missouri, dan University of Rhode Island.

Selain itu, akan ada sesi-sesi informasi dari perwakilan program beasiswaLembaga Pengelola Pendidikan (LPDP) dan Komisi Fulbright (AMINEF). Acara ini gratis dan terbuka untuk umum. Untuk informasi lebih lengkap, kamu bisa cek laman EducationUSA.state.gov.

Sebelumnya, pameran serupa yang diadakan Kedutaan Besar Amerika Serikat ini sudah diadakan di Surabaya (11 Oktober), Malang (20 Oktober), juga di Jakarta pada 13 Oktober. Acara ini dihadiri oleh 24 perwakilan universitas dan akademi di Amerika Serikat.

Baca Juga: UI-Job2Go akan Gelar Virtual Job Fair untuk Mahasiswa dan Fresh Graduate

Dalam acara tersebut, sekitar 700 pelajar di Surabaya dan di Jakarta mendatangi tempat pemeran berlangsung dan berbincang dengan para perwakilan dari universitas. Juga dengan LPDP, AMINEF, serta perwakilan dari Kedutaan Besar Amerika Serikat. Pameran pendidikan ini juga menyajikan sesi-sesi pembahasan tips dalam mengerjakan tes dan pendaftaran IELTS.

Mau Kuliah di Amerika Serikat? Datang Dulu ke Pameran EducationUSA


Wakil Duta Besar Amerika Serikat Michael Kleine dalam pembukaan pameran pendidikan EducationUSA di Jakarta, mengutip dari siaran pers, menyatakan bahwa tidak seperti kebanyakan negara lain, Amerika Serikat tetap menerima pelajar-pelajar Indonesia sepanjang masa pandemi dengan menerbitkan visa, dan universitas-universitas menyambut mereka di kampus.

Wakil dubes mendorong para pelajar untuk mengambil “kesempatan berharga belajar di negara lain, belajar tentang budaya baru, dan lebih banyak mempelajari diri sendiri serta tentang Indonesia dalam proses tersebut”.

Lebih dari 4.700 institusi pendidikan tinggi terakreditasi di Amerika Serikat, dan ada enam kantor pusat layanan bimbingan pendidikan EducationUSA yang bisa membantu para pelajar mengerucutkan pilihan, menentukan prioritas, serta merencanakan pendidikan. Saat ini ada sekitar 8.000 orang pelajar Indonesia yang sedang menempuh studi di Amerika Serikat.

Baca Juga: Siapakah Black Adam, Antihero DC Penantang Superman?

Sementara itu, kantor-kantor EducationUSA di Kedutaan Besar Amerika Serikat memberikan pelayanan bimbingan secara gratis kepada para pelajar internasional yang prospektif dan menawarkan kepada mereka berbagai sumber serta cara untuk membantu menjajaki tahap-tahap untuk belajar di Amerika Serikat. Ini dimulai dari mencari sekolah, mengidentifikasi peluang-peluang dan pendanaan, mengisi aplikasi, memperoleh visa pelajar, hingga mempersiapkan keberangkatan.

Pameran EducationUSA kali ini menjadi yang pertama kembali diselenggarakan secara tatap muka sejak Februari 2020.
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2007 seconds (0.1#10.140)