Siapakah Black Adam, Antihero DC Penantang Superman?

Siapakah Black Adam, Antihero DC Penantang Superman?
Black Adam punya kostum dan asal usul yang mirip dengan Shazam. Bedanya, Black Adam bersifat antihero. Dia bisa menjadi pahlawan, tapi juga bisa menjadi lawan. (Foto: We Got This Covered)
DC Extended Universe (DCEU) memperkenalkan antihero terbaru mereka, Black Adam . Punya kostum mirip Shazam, Black Adam juga punya asal usul yang hampir mirip dengan pahlawan DC tersebut. Bedanya, Black Adam berada di tengah-tengah antara pahlawan dan villain.

Black Adam adalah sosok yang tak kenal ampunan. Dia selalu memilih kekerasan untuk menyelesaikan masalah apa pun. Dia tidak segan menghajar siapa pun dan apa pun yang ada di hadapannya. Negosiasi bukanlah sebuah pilihan baginya.

Film Black Adam mengungkapkan asal usul antihero tersebut. Ceritanya memang tragis. Tapi, masih ada yang lebih dari yang terungkap di film. Seperti apa sosok Black Adam berikut kekuatan dan kelemahannya? Berikut ulasannya!

Baca Juga: Sinopsis dan Panduan Nonton Film Antihero Black Adam

1. Asal Usul Black Adam

Siapakah Black Adam, Antihero DC Penantang Superman?

Foto: Lifehacker Australia

Sebagai karakter, Black Adam sudah ada sejak 1945 ketika Fawcett Comics masih menerbitkan Captain Marvel dan keluarga Shazam. Ini terjadi jauh sebelum hak lisensi mereka dijual ke DC. Nama asli Black Adam adalah Teth Adam. Dia diberikan kekuatan oleh penyihir yang juga tampil di film Shazam!

Teth Adam berubah menjadi Black Adam ketika dia mengucapkan kata Shazam, sama seperti yang terjadi pada Billy Batson di film Shazam! Bedanya, Teth Adam adalah bapak-bapak, bukan anak-anak. Jadi, secara fisik, dia tidak berubah. Teth Adam menggunakan kekuatannya untuk membunuh raja dan mengambil alih takhta.

Di komik, perbuatan Teth Adam ini membuat marah sang Penyihir. Dia kemudian menghukum Black Adam dengan mengirimnya ke bintang jauh atas pengkhianatannya. Black Adam menghabiskan 5.000 tahun untuk kembali ke Bumi. Dia kemudian melawan Billy Batson, yang menipunya hingga mengatakan kata Shazam. Akibatnya, dia kembali menjadi Teth Adam. Dia pun tewas karena mengalami penuaan.

Asal usul Black Adam di komik ini agak berbeda dengan di film. Di film, para penyihir menghukum Black Adam dengan memenjarakannya di bawah sebuah nisan bersegel. Dia kemudian dibebaskan Adrianna Tomaz. Alih-alih melawan Billy Batson, Black Adam versi film malah bertarung dengan Justice Society of America yang ingin memenjarakannya.

Black Adam sebenarnya hanya sekali muncul di komik aslinya. Tapi, setelah DC membeli hak cipta karakter itu, Black Adam pun kembali ke komik pada 1975. Saat itu, karena nama Captain Marvel sudah dipatenkan Marvel, komik itu berjalan dengan judul Shazam. Sejak saat itu, karakter ini sering dipakai sebagai penjahat bagi pahlawan terkuat DC, termasuk Superman dan Justice League. Di kontinuitas lini cerita Infinite Frontier, Black Adam sekarang bergabung dengan Justice League.

2. Kekuatan Black Adam

Siapakah Black Adam, Antihero DC Penantang Superman?

Foto: Variety

Meski sering berlintasan dengan Shazam dan punya tanda petir di dadanya, kekuatan Black Adam berbeda dari musuh bebuyutannya itu. Shazam mendapatkan kekuatannya dengan memanggil singkatan nama 6 dewa Yunani yang menjadi sumber kekuatannya. Sementara kekuatan Black Adam, yang juga meneriakkan Shazam, berasal dari dewa Mesir.

Stamina Shu memberikan daya tahan, yang artinya dia bisa hidup tanpa makana, air, atau udara. Dewa Horus memberinya kecepatan manusia super dan kemampuan terbang. Kekuatan yang setara dengan Superman berasal dari Amon. Sementara kearifan Zehuti dan kekuatan Aten tidak hanya memberikan kecerdasan, tapi juga kemampuan menggunakan sihir—kemampuan yang sering membuatnya unggul. Keberanian Mehen memuatnya kebal.

Black Adam adalah sarang kekuatan kemampuan super yang sejajar dengan Superman dan Shazam. Tapi, karakter ini bukannya tanpa batasan. Yang menarik, tapi tidak konsisten dieksplorasi di komik, Teth Adam yang berusia 5.000 tahun terjebak dalam bentuk Black Adam. Tak seperti Shazam yang bisa berubah antara superhero dan anak-anak, kalau Black Adam kembali ke tubuh Teth Adam, tubuhnya akan pecah. Tapi, ini tidak terjadi di film.

Baca Juga: Review Film Black Adam: Kekacauan yang Asyik Ditonton

3. Kelemahan Black Adam

Siapakah Black Adam, Antihero DC Penantang Superman?

Foto: Outlook India

Dari jauh, sepertinya Black Adam adalah karakter yang overpowered. Orang ini sekuat, setangguh, dan secepat Superman. Tapi, dia bisa dikalahkan. Misalnya, dia bisa dikalahkan oleh orang yang lebih kuat. Memang tidak banyak, tapi masih ada.

Selain itu, dia juga rentan terhadap sihir. Ini masuk akal karena kekuatannya berbasis sihir. Dalam sejarahnya di komik, kekuatannya berulang kali diambil penyihir licik dan pahlawan di sepanjang sejarha DC. Kadang, yang diperlukan hanyalah menipunya untuk mengucapkan kata ajaibnya. Ini akan membuatnya kembali ke bentuk Teth Adam yang rentan terhadap serangan. Di serial komik Black Adam terbaru juga terungkap kalau Black Adam rentan terhadap kekuatan kosmik.


(alv)
Share: