10 Anime Seinen Paling Gelap, Penuh Kekerasan dan Kelam

10 Anime Seinen Paling Gelap, Penuh Kekerasan dan Kelam
Serial anime seinen menjangkau topik rumit seperti balas dendam dan komentar politik. Banyak seinen yang pas dengan stereotipnya yang gelap, kasar, dan kelam. (Foto: J-Maruseru)
Seinen merujuk pada demografi anime dan manga yang utamanya menarget pria dewasa muda. Sementara, shounen ditujukan kepada anak-anak, terutama cowok, dengan menampilkan tema seperti persahabatan dan kerja keras. Di sisi lain, serial seinen meliputi topik yang lebih kompleks seperti balas dendam dan komentar politik.

Meskipun ada remaja berusia 15 tahun yang mampu memahami isi serial seinen, tapi, tak jarang mereka tidak memahami humor yang terselip atau makna yang tersirat di anime itu. Bahkan, seinen yang terlihat seperti shounen karena elemen komedinya pun terkadang masih punya elemen tema dewasa dan gelap yang mungkin tidak dipahami anak-anak. Meski begitu, seinen tetap asyik ditonton bagi mereka yang cukup umur.

Anime seinen memang tidak dikenal karena ringan. Sejumlah serial, seperti Kaguya-Sama: Love is War, memang tidak seberat judul lain di genre ini. Tapi, serial ini masih punya rasa humor lebih dewasa yang tidak cocok di shounen atau shojo. Sejumlah anime seinen pas dengan stereotip khas genre itu yang gelap, keras, dan kelam. Apa saja anime seinen yang paling gelap? Mengutip CBR, berikut ulasannya.

Baca Juga: 7 Anime dengan Murid Pindahan yang Ternyata Overpowered

10. Vinland Saga

10 Anime Seinen Paling Gelap, Penuh Kekerasan dan Kelam

Foto: Twitter

Vinland Saga mengisahkan tentang Thorfinn yang ingin membalas dendam atas kematian ayahnya. Askeladd, orang yang membunuh ayah Thorfinn, adalah antihero produktif yang hanya peduli meningkatkan kekuasaannya. Dia menarik bagi publik, tapi musuhnya tahu kalau dia kasar, manipulatif, dan monster kejam.

Pada intinya, Vinland Saga adalah serial tentang balas dendam. Dia berada di depan segalanya. Meski Vinland Saga tidak segelap seinen kelam lainnya, karakter yang realistik dan rujukan sejarah dunia nyatanya tidak meromantisasi waktu yang diwakilinya. Vikings itu brutal dan Vinland Saga dengan sempurna menggambarkannya.

9. Erased

10 Anime Seinen Paling Gelap, Penuh Kekerasan dan Kelam

Foto: Nerdgenic

Erased menerima banyak cacian dan ejekan di media sosial karena ending-nya. Beberapa orang berpendapat, ending itu membuat plotnya jadi terlihat murahan. Tapi, tidak bisa dibantah kalau popularitas Erased dan premis uniknya membuat serial ini berbeda.

Erased mengisahkan tentang Satoru Fujinuma, penulis manga yang berjuang memenui kebutuhan hidupnya. Hidupnya berubah ketika dia dituduh membunuh ibunya. Satoru punya kekuatan kembali ke masa lalu dan mencegah tragedi. Dia menggunakan kekuatan itu untuk mencari tahu siapa pembunuh ibunya.

8. Parasyte

10 Anime Seinen Paling Gelap, Penuh Kekerasan dan Kelam

Foto: CBR

Parasyte segera menjadi salah satu serial seinen paling dipuji setelah dirilis pada 2014. Serial ini mengisahkan tentang Shinichi, seorang anak SMA yang hidupnya berubah setelah parasit alien berusaha merasukinya. Parasit itu gagal dan akhirnya menghuni tangan kanan Shinichi.

Shinichi menamai teman baruya itu Migi. Duo aneh ini kemudian menghadapi dunia di saat parasit alien lainnya menginvasi bumi dan berusaha mengambil alih. Parasyte menantang dan mendekonstruksi kondisi manusia, dengan membuat penonton bertanya apakah mereka begitu berbeda dari monster yang mereka takuti.

7. Monster

10 Anime Seinen Paling Gelap, Penuh Kekerasan dan Kelam

Foto: ReelRunDown

Adaptasi Monster pada 2004 adalah sebuah hit setelah penonton terpaku pada dunia kacau Kenzo Tenma. Dia adalah seorang dokter bedah syaraf yang hidupnya berubah menjadi lebih buruk setelah memutuskan menyelamatkan nyawa seorang bocah ketimbang wali kota. Tenma tidak tahu, tapi bocah yang dia selamatkan itu tumbuh menjadi pembunuh berantai.

Monster penuh karakter rumit dan menjadi kajian karakter. Tenma menghadapi pilihan sulit, tapi sekarang semuanya adalah pengingat kalau tindakan punya konsekuensi. Dia memilih menyelamatkan nyawa bocah itu itu. Tapi, dia tumbuh menjadi seorang monster. Tenma menyelamatkan nyawanya, tapi dia pulalah yang harus mengakhiri rezim teror Johan Liebert.

6. Akira

10 Anime Seinen Paling Gelap, Penuh Kekerasan dan Kelam

Foto: Polygon

Akira adalah salah satu film paling terkenal yang pernah ada. Setelah dirilis pada 1988, film itu meraup sekitar USD49 juta dan menerima banyak pujian. Film ini mendobrak pintu dan memaksa anime masuk mainstream Barat.

Akira adalah film cyberpunk dystopian yang menggembarkan kenyataan keras perang. Ber-setting pada 2019, Akira menggambarkan perang dunia ketiga dan berlokasi di Neo-Tokyo, versi kota itu setelah dihancurkan. Meski Akira punya estetika yang keren, itu membuat penontonnya memikirkan tentang arti perang dan memaksa mereka mengevaluasi efek abadinya.

5. Hellsing

10 Anime Seinen Paling Gelap, Penuh Kekerasan dan Kelam

Foto: Anime Ukiyo
halaman ke-1
Share: