6 Anime Populer Berlatar Kerajaan Inggris dan Sekitarnya

6 Anime Populer Berlatar Kerajaan Inggris dan Sekitarnya
Sejumlah anime populer banyak yang mengambil latar kerajaan Inggris dan sekitarnya, terutama bagi yang menyajikan setting masa lalu atau elemen klasik fantasi. (Foto: Hellsing Wiki - Fandom)
Sejumlah anime populer banyak yang mengambil latar kerajaan Inggris dan sekitarnya. Inggris banyak dipilih kreator anime dan manga sebagai latar lokasi terutama ketika ceritanya ber-setting masa lalu. Sebagian besar anime ini berlatar era Victorian.

Cerita yang disajikan pun bermacam. Dari yang berkaitan dengan kerajaan, kehidupan sehari-hari, politik sosial sampai fantasi, semuanya ada. Anime-anime ini juga tak jarang memperlihatkan setting London mereka yang menawan.

Meski tak melulu menampilkan sosok ratu, anime cukup memberikan gambaran menarik tentang Inggris di masa lalu atau di masa alternatif. Anime ini pas bagi mereka yang suka cerita dengan latar klasik. Apa saja anime populer dengan setting kerajaan Inggris dan sekitarnya? Berikut ulasannya!

Baca Juga: 10 Film Anime Terbaik Produksi Studio Ghibli Menurut IMDb

6. Emma: A Victorian Romance (Eikoku Koi Monogatari Emma)

6 Anime Populer Berlatar Kerajaan Inggris dan Sekitarnya

Foto: IMDb

Serial ini diadaptasi menjadi anime pada 2005 oleh Studio Pierrot. Berlatar Inggris di sera Victorian, anime ini mengisahan tentang Emma, seorang wanita dari kalangan sosial kelas bawah. Dia bekerja sebagai pembantu untuk Kelly Stowner yang penuh kasih sayang.

Cantik, pekerja keras, dan baik hati, semuanya dimiliki Emma. Hal ini membuatnya menjadi incaran para pria pekerja di London. Hanya, perasaan mereka semua tak berbalas. Emma sedang menunggu cinta sejati. Dia kemudian menemukannya di tempat yang paling tak terduga, yaitu seorang bangsawan dari keluarga kaya bernama William.

5. The Mystic Archives of Dantalian (Dantalian no Shoka)

6 Anime Populer Berlatar Kerajaan Inggris dan Sekitarnya

Foto: Amino Apps

Anime ini adalah adaptasi novel ringan karya Gatuko Mikumo yang berlatar Inggris pasca-Perang Dunia I. Serial ini berkisah tentang Hugh Anthony Disward alias Huey. Suatu hari, dia mendapatkan surat wasiat dari kakeknya, Sir Wesley Disward. Isinya, dia bisa mewarisi sebuah perpustakaan dan seluruh isinya, tapi ada syaratnya.

Huey harus menemukan Bibliotheca Mystica de Dantalian, sebuah arsip berisi pengetahuan terlarang. Selain itu, dia juga harus merawat seorang gadis misterius bernama Dalian. Dalian ternyata adalah perpustakaannya. Mereka kemudian harus menghadapi serangkaian buku hantu milik Sir Wesley yang sekarang dikendalikan musuh lama kakek itu.

4. Ancient Magus’ Bride

6 Anime Populer Berlatar Kerajaan Inggris dan Sekitarnya

Foto: IMDb

Anime ini menambahkan elemen fantasi yang menarik di setting London-nya. Anime ini berkisah tentang Chise Hatori, seorang cewek berusia 15 tahun asal Jepang yang menjadi budak yang dijual di pelelangan di London. Karena kemampuan supranaturalnya, harganya pun jadi mahal karena diminati banyak pembeli.

Tiba-tiba muncullah seorang penyihir kuno mysterius, Elias Ainsworth, yang membeli Chise dengan harga 5 juta poundsterling. Elias kemudian membawa Chise ke cottage-nya yang berada di pedesaan di Inggris. Meski penampilannya cukup menakutkan, tapi, Elias merawat Chise dengan baik dan mengasah bakatnya. Chise tidak tahu kalau dia bakal menjadi calon mempelai Elias.

3. Black Butler

6 Anime Populer Berlatar Kerajaan Inggris dan Sekitarnya

Foto: TechNadu

Berlatar London era Victorian, Black Butler berkisah tentang Ciel Phantomhive, seorang bangsawan pewaris keluarga Phantomhive. Dikenal sebagai orang dekat Ratu, keluarga ini selalu mengerjakan pekerjaan kotor yang tidak bisa dilakukan Scotland Yard. Begitu orangtua tewas dibunuh, Ciel yang masih berusia 12 tahun akhirnya menjadi kepala keluarga dan meneruskan pekerjaan tersebut.

Ciel kemudian membuat kontrak dengan iblis bernama Sebastian Michaelis yang menyamar sebagai kepala pelayannya. Kontrak itu dibuat Ciel demi memburu pembunuh dan membalas dendam atas kematian orangtuanya. Sebagai imbalan untuk bantuan Sebastian, iblis itu meminta nyawanya. Anime ini tidak hanya punya plot dengan elemen gelap, tapi juga penuh stereotipe Inggris.

2. Moriarty the Patriot

6 Anime Populer Berlatar Kerajaan Inggris dan Sekitarnya

Foto: Allgoodthings.news

Anime ini punya pendekatan cukup unik pada cerita detektif legendaris Sherlock Holmes karya Arthur Conan Doyle. Alih-alih menceritakan tentang Sherlock, serial ini berfokus pada musuh bebuyutan detektif kondang itu, Moriarty. Ber-setting di Inggris akhir abad 19, serial ini menangkat tema sosial masyarakat kala itu.

Saat itu, Inggris Raya dikenal sebagai kerajaan besar di dunia. Tapi, konflik sosial meletus dan orang kaya bisa hidup layak, sementara kaum proletar menjadi budak borjuis. William James Moriarty ingin mengubah kondisi ini. Bersama saudara dan teman sepemikiran, dia pun menyusun rencana untuk mengubah Kerajaan Inggris dari balik layar.

Baca Juga: 10 Serial Anime dengan Terlalu Banyak Karakter Penjahatnya

1. Hellsing Ultimate

6 Anime Populer Berlatar Kerajaan Inggris dan Sekitarnya

Foto: Netflix

Ber-setting pada Perang Dunia II, serial ini berpusat pada Organisasi Hellsing, yang membantu menghancurkan pasukan supranatural yang mengancam eksistensi manusia. Organisasi ini dipimpin Integra Hellsing. Dia mengomandoi militer kuat dan menghabiskan hidupnya melawan vampir.

Meski punya skuad besar, Integra punya senjata pamungkas, vampir Alucard. Bersama pembantunya, vampir baru bernama Seras Victoria, Alucard tidak hanya berperang melawan vampir, tapi juga musuh Hellsing. Mereka kemudian harus menghadapi Nazi yang ingin meluluhlantakkan London. Hellsing, Alucard, dan Seras Victoria harus berjuang bersama untuk melumpuhkan mereka.


(alv)
Share: