4 Sekolah dan Kampus di Indonesia yang Sering Jadi Lokasi Syuting

Selasa, 16 Agustus 2022 - 16:46 WIB
loading...
4 Sekolah dan Kampus di Indonesia yang Sering Jadi Lokasi Syuting
Film Dear Nathan mengambil lokasi syuting di SMP Negeri 13 Jakarta. Foto/Rapi Films
A A A
JAKARTA - Ada beberapa sekolah atau kampus yang beberapa kali dijadikan lokasi syuting film maupun sinetron Indonesia. Tempat ini memang tepat dijadikan latar cerita untuk kisah remaja.

Beberapa sekolah atau kampus yang memiliki bentuk bangunan yang khas biasanya lebih sering dipilih. Karena selain untuk mendukung latar tempat juga akan menjadi latar yang indah bila tertangkap kamera.

Oleh karena itu hanya beberapa sekolah atau kampus saja yang beberapa kali jadi langganan lokasi syuting. Kebanyakan lokasi juga diambil di Jakarta karena beberapa faktor, di antaranya karena dekat dengan rumah produksi.

Berikut empat sekolah atau kampus yang sering jadi lokasi syuting film di Indonesia.

1. SMP Negeri 13 Jakarta

4 Sekolah dan Kampus di Indonesia yang Sering Jadi Lokasi Syuting

Foto: Rapi Films

Salah satu sekolah yang terletak di Jakarta Selatan ini kerap menjadi lokasi syuting film Indonesia. Di antaranya seperti Dear Nathan, Terlalu Tampan, Dua Garis Biru, dan Aku Tahu Kapan Kamu Mati.

Sekolah ini memang memiliki beberapa sudut yang khas dan mencerminkan bangunan sekolah klasik yang didominasi warna abu-abu dan putih.

2. SMA PSKD 1 Jakarta Pusat

4 Sekolah dan Kampus di Indonesia yang Sering Jadi Lokasi Syuting

Foto:Rapi Films

SMA yang berada di Kecamatan Senen ini pernah menjadi lokasi syuting untuk film horor komedi Reuni Z yang dibintangi beberapa komika dan pelakon papan atas Indonesia seperti Beby Tsabina, Dinda Kanya Dewi hingga Tora Sudiro.

Gerbang besi di bagian depan pintu sekolah jadi ciri khas yang membuat sekolah ini cocok dijadikan tempat syuting bertemakan zombi. Pasalnya, dalam film digambarkan para siswa dan alumni terjebak di dalam dan tak bisa keluar.

Selain Reuni Z, sekolah ini juga menjadi lokasi untuk beberapa film horor seperti Tabu : Mengusik Gerbang Iblis dan The Sacred Riana: Beginning.

Baca Juga: Review Film Fall: Horor Cerdas di Ketinggian 600 Meter

3. SMAN 20 Bandung

4 Sekolah dan Kampus di Indonesia yang Sering Jadi Lokasi Syuting

Foto: Falcon Pictures

Dilan 1991menjadi film laris yang memakai sekolah ini sebagai latar sekolahnya.Sekolah ini memang memiliki sudut bangunan yang masih sederhana sehingga dapat mensugesti penonton bahwa latar waktunya benar-benar terjadi pada era 1990-an.

4. Universitas Indonesia

4 Sekolah dan Kampus di Indonesia yang Sering Jadi Lokasi Syuting

Foto: Starvision Plus

Salah satu universitas terbaik di Indonesia ini memang memiliki sudut-sudut yang pas jadi lokasi syuting film. Mulai dari dermaga rektorat, taman lingkar, engineering center, hingga jembatan teksas punya pesonanya tersendiri.

Baca Juga: Serial Netflix Trinkets Ulas Kepribadian Pelaku Kleptomania

Beberapa film yang mengambil lokasi syuting di kampus ini adalah Mau Jadi Apa, Jomblo, hingga 5 cm.

Sebenarnya masih banyak sekolah yang dijadikan tempat syuting misalnya seperti SMA Negeri 9 Bogor yang juga sering dijadikan tempat syuting baik sinetron maupun FTV.
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1171 seconds (0.1#10.140)