10 Serial Anime Copy Cat yang Lebih Jelek dari Aslinya

10 Serial Anime Copy Cat yang Lebih Jelek dari Aslinya
Ada sejumlah anime yang diingat sebagai contoh baik mengapa meniru ornamen dangkal dan tren mengejar mimpi anime populer tidak selalu bekerja dengan baik. (Foto: CBR)
Ada sejumlah anime yang tampil bukan dengan cerita aslinya. Mereka adalah tiruan dari anime populer yang sudah ada. Di antaranya, bahkan ada yang meniru plot, karakter, sampai desain visual anime tersebut. Namun, tidak semua anime copy cat itu berhasil memikat hati orang.

Kesuksesan anime populer bisa menarik para kreator untuk menciptakan cerita yang sama dengan anime tersebut. Mungkin, mereka ingin mengekor kesuksesan anime ini. Tapi, tentu saja, itu bukanlah perkara mudah. Apalagi, sejumlah anime tiruan ini jadi lebih jelek dari anime aslinya.

Sementara sejumlah anime ini cukup layak dan bisa berdiri sendiri, mereka masih tidak bisa lepas dari bayang-bayang inspirasi mereka yang paling jelas. Yang lain, sangat jelek sampai hanya diingat sebagai contoh bagus mengapa meniru ornament dangkal dan tren mengejar mimpi tidak selalu bekerja seperti yang dimaksudkan. Apa saja anime tiruan yang lebih jelek dari anime aslinya? Mengutip CBR, berikut ulasannya!

Baca Juga: 4 Karakter Penjahat Anime Ini Punya Ideologi Terbaik

10. Flame of Recca — YuYu Hakusho

10 Serial Anime Copy Cat yang Lebih Jelek dari Aslinya

Foto: Kombo

YuYu Hakusho bukanlah satu-satunya anime paling populer pada 90-an, tapi salah satu anime shounen paling berpengaruh yang pernah dibuat. Salah satu kontribusi terbesar anime ini adalah mempopulerkan busur turnamen, yang sudah menjadi inti genre itu. Flame of Recca sangat menyukai ide itu sehingga menggunakannya untuk seluruh serial itu.

Bahkan pada 1997, Flame of Recca dituduh meniru YuYu Hakusho. Selain desain dan kepribadian karakter yang sama, cerita Recca dan teman-temannya pada dasarnya adalah versi panjang Turnamen Gelap. Flame of Recca bertahan sebagai favorit sekte nostalgia. Tapi, anime ini masih belum bisa melampaui petualangan Yusuke dan teman-temannya.

9. Fairy Tail — One Piece

10 Serial Anime Copy Cat yang Lebih Jelek dari Aslinya

Foto: Kombo

Banyak yang sudah tahu kalau Black Clover adalah anime shounen kontemporer yang mengambil alemen dari Big Three. Tapi, sebelum Asta muncul, ada Natsu dan teman-temannya. Secara umum, Fairy Tail adalah versi fantasi One Piece. Tapi, serial itu tidak semenarik atau seekspansif seperti perjalanan Topi Jerami.

Ini bukan berarti Fairy Tail itu jelek. Anime ini adalah contoh yang baik dari bagaimana mengikuti formulai shounen bukanlah negatif. Serial itu sudah menjadi memori nostalgia yang menyenangkan. Tapi, tema persahabatan dan mengejar mimpi Fairy Tail lebih baik di One Piece. Tema dan gaya visual yang sama di antara keduanya sulit untuk diabaikan.
halaman ke-1
Share: