5 Serial Anime Terbaik buat Penggemar Urban Fantasy

5 Serial Anime Terbaik buat Penggemar Urban Fantasy
Anime untuk penggemar urban fantasy ini tidak butuh baju ajaib atau kastil keramat. Semua petualangan luar biasa ini terjadi di pojokan jalanan di perkotaan. (Foto: Bungou Stray Dogs Wiki - Fandom)
Anime urban fantasy ini sempurna bagi mereka yang ingin sesuatu di luar kebiasaan tapi tidak merasa seperti keluar dari fantasi. Anime seperti ini kebanyakan adalah dark fantasy tapi dengan setting dunia biasa, bukan di dunia lain atau dunia fantasi. Di dalamnya, banyak karakter menarik yang punya kekuatan dengan dibalut misteri yang gelap.

Cerita fantasi ini bisa ber-setting di gang-gang sempit Tokyo. Para penyihir tanpa jubah atau kostum aneh-aneh tidak lagi membawa tongkat tapi telepon seluler dan monster bertebaran di jalanan seperti bos geng atau pembunuh bayaran. Urban fantasy ini meroket popularitasnya dari film hingga anime favorit, seperti Jujutsu Kaisen dan Chainsaw Man, yang sangat ditunggu.

Anime-anime kini didefinisikan dengan mengambil elemen fantasi tradisional dan mementaskannya di setting urban kontemporer. Terkadang, ada dunia sihir ang tidak disadari orang biasa. Ada banyak anime urban fantasy ini. Selain Jujutsu Kaisen dan Chainsaw Man, anime urban fantasy lain adalah Hamatora, Blood Blockade Battlefront, dan Noragami. Di sisi lain, banyak dark fantasy seinen yang masuk kategori urban fantasy yang sempurna untuk memperkenalkan genre ini. Mengutip CBR, ada 5 serial yang sempurna untuk memasuki genre ini. Apa saja? Simak ulasannya berikut ini!

Baca Juga: 6 Rekomendasi Anime Isekai dengan Konsep Paling Unik

1. Bungou Stray Dogs

5 Serial Anime Terbaik buat Penggemar Urban Fantasy

Foto: GameRant

Di antara semua anime yang paling dikenal di daftar ini, Bungou Stray Dogs adalah contoh sempurna urban fantasy modern. Serial ini mengombinasikan kekuatan super, koalisi kejahatan internasional, dan penulis terkenal. Serial ini mengisahkan tentang perjalanan hidup Atsushi Nakajima.

Atsushi baru saja diusir dari panti asuhan, satu-satunya tempat yang dia sebut rumah. Dia sangat ingin menemukan tempat untuk bersembunyi dari monster harimau yang dia yakini mengikutinya. Lelah dan lapar, semuanya berubah ketika Atsushi bertemu Osamu Dazai, pria misterius dengan perban di seluruh tubuhnya. Dazai adalah anggota Agen Detektif Bersenjata di Yokohama. Dia menawari tempat tinggal untuk Atsushi.

Pada intinya, Bungou Stray Dogs adalah anime tentang kekuatan super dengan sebagaian besar anggota Agensi Detektif Bersenjata dan musuh mereka punya semacam bakat istimewa. Karakternya diberi nama seperti penulis dan penyair kondang dari seluruh dunia. Kemampuan mereka mencerminkan karya istimewa dari para seniman itu.

Tapi, Bungou Stray Dogs tidak pernah masuk wilayah superhero. Serial ini menyeimbangkan kemampuan khusus karakternya dengan banyak intrik politik dan cerita latar yang menarik sementara tetap mempetahankan kelembutan dasar dalam karakter untuk meringankan plot yang serius. Dengan tiga season dan yang keempat sedang dikerjakan, Bungou Stray Dogs adalah perkenalan luar biasa terhadap anime urban fantasy.

2. Tokyo Ghoul

5 Serial Anime Terbaik buat Penggemar Urban Fantasy

Foto: Netflix

Anime ini sudah cukup populer. Seorang mahasiswa bernama Ken Kaneki hanya menginginkan hidup yang sederhana dan mengencani seorang cewek baik yang dia suka. Tapi cewek itu adalah Rize Kamishiro, seorang ghoul pemakan daging manusia. Dia mengincar Ken sebagai makanannya.

Tapi yang terjadi selanjutnya bisa dibilang berkah atau kutukan tergantung pada intepretasi orang. Rize dan Ken sama-sama terjebak dan terluka akibat materi konstruksi yang jatuh. Organ ghoul Rize ditransplantasikan ke tubuh Ken. Secara efektif, ini mengubah Ken menjadi setengah ghoul.

Menjadi bagian dunia manusia dan manusia menjadikan Ken sebagai target di saat dia menemukan rahasia ghoul yang tersembunyi. Keseimbangan antarras terus bergoyang hari demi hari, dengan faksi ghoul bentrok dan pemerintah Jepang turun tangan. Anime ini mengerikan, kompleks, dan sempurna bagi penggemar Jujutsu Kaisen. Tokyo Ghoul adalah hiburan visual yang sayang dilewatkan.

3. Durarara!!

5 Serial Anime Terbaik buat Penggemar Urban Fantasy

Foto: The Chuggernauts

Geng yang saling bersaing dan dalang broker informasi, pengawal dengan kekuatan manusia super, dan pengendara motor tanpa kepala, tidak ada yang tidak bisa terjadi di distrik Ikebukuro di Tokyo. Tapi, semua itu tidak membuat Ryuugamine Mikado mundur. Dia tetap pergi ke tempat itu ketika diundang teman masa kecilnya untuk ke sana demi masuk SMA.

Ketika Mikado tiba di Ikebukuro, semuanya jadi lebih aneh. Mereka yang tidak selalu mengutamakan kebaikan sebanyak hiburan mulai bergerak dalam bayang-bayang. Momentum itu mengancam membawa distrik itu perang habis-habisan kalau tidak ada yang dilakukan untuk menghentikannya. Sayangnya, ada banyak yang tidak menginginkan lebih dari itu.

Durarara!! adalah anime yang aneh dan unik, dengan karakter nyentrik yang mengendalikan narasi serial ini. Setiap karakter menghidupkan Ikebukuro versi fantasi rendah ini. Mereka menarik audiens untuk masuke ke dalam misteri yang mengintai di setiap belakang gang.

4. Link Click

5 Serial Anime Terbaik buat Penggemar Urban Fantasy

Foto: We Got This Covered

Ketika perjalanan waktu terlihat mulai terasa usang, Link Click muncul untuk membuktikan kalau sentimen itu salah. Donghua atau animasi China ini menampilkan trio pengusaha muda yang punya kemampuan dan menemukan cara untuk memuat pendapatan, dan juga menciptakan masalah. Meskipun yang terakhir itu bukanlah kesengajaan.

Lu Guang jauh lebih berhati-hati tentang kemungkinan konsekuensi perjalanan waktu melalui foto-foto lama yang dibawa klien mereka. Rekannya, Cheng Xiaoshi adalah orang yang benar-benar melompat ke masa lalu ke titik di mana foto itu diambil dan merasuki tubuh subjek sebentar saja. Meskipun dia seharusnya hanya menjadi pengamat, pendiriannya yang lebih tegas tentang tanggung jawab mereka kepada klien merupakan ancaman tidak hanya bagi bisnis, tapi juga bagi waktu dan kehidupan mereka.
halaman ke-1
Share: