8 Fandom Anime Paling Aneh dan Bikin Jengkel Banyak Orang

Minggu, 31 Juli 2022 - 23:23 WIB
loading...
8 Fandom Anime Paling Aneh dan Bikin Jengkel Banyak Orang
Ada sejumlah fandom anime yang dianggap paling aneh dan bikin jengkel karena sikap mereka terhadap kritikan dan komentar negatif serta penggemar anime baru. (GameNews)
A A A
Fandom anime dikenal sangat loyal pada serial yang mereka sukai. Tak jarang mereka juga harus menghadapi komentar negatif atas anime yang mereka sukai dari orang lain. Tidak semua orang bisa mengatasi komentar negatif itu dengan bijak. Biasanya, mereka akan menyerang orang yang memberi komentar itu sampai mereka trauma dengan fanbase-nya.

Dalam sejarah industri anime, sudah banyak orang yang menyaksikan banyaknya fandom anime yang aneh, menjengkelkan dan cenderung toksik. Fanbase toksik adalah salah satu alasan terbesar mengapa penonton baru anime tidak mau mengawali perjalanan mereka dengan serial tertentu. Komentar negatif dari banyak penggemar memberi label seluruh fandom itu sebagai toksik.

Kondisi itu jelas membuat lingkungan yang tidak sehat untuk orang lain yang ingin menjadi bagian dari komunitas mereka. Fandom anime yang aneh dan menjengkelkan ini ada banyak. Bahkan, di antara yang paling menjengkelkan adalah fandom anime terpopuler di dunia. Apa saja fandom anime paling aneh dan bikin jengkel? Mengutip Anime Galaxy Official, berikut ulasannya!



8. One Piece — Superiority Complex

8 Fandom Anime Paling Aneh dan Bikin Jengkel Banyak Orang

Foto: IGN

One Piece adalah serial legendaris dengan lebih dari 1.000 chapter di manga dan anime. Serial ini jelas punya banyak pencapaian yang sulit ditandingi serial lain. Selain itu, fandom-nya pun rata-rata biasa saja dan tidak toksik. Sayang, belakangan, mereka malah jadi toksik.

Ini terjadi akibat perselisihan antara penggemar One Piece dan Attack on Titan pada rating IMDb. Meski tidak terdengar toksik, tapi jadi menjengkelkan karena datang dari penggemar One Piece yang berusaha memperkenalkan diri kepada penggemar baru anime. Mereka punya semacam superiority complex dan jawaban mereka atas pertanyaan apa pun adalah tonton atau baca One Piece. Mereka seharusnya tahu kalau tidak semua penggemar bisa menonton serial sepanjang itu ketika mereka bisa mendapatkan hiburan lebih banyak dari anime lain.

7. Fullmetal Alchemist: Brotherhood — Klan Pengebom Review

8 Fandom Anime Paling Aneh dan Bikin Jengkel Banyak Orang

Foto: The Dot and Line

Fullmetal Alchemist: Brotherhood adalah remake Fullmetal Alchemist yang dirilis pada 2009. Sejak saat itu, anime ini selalu bercokol sebagai anime dengan rating tertinggi di sejumlah situs pengulas film, serial, atau anime, termasuk MyAnimeList. Selama lebih dari 10 tahun, anime ini adalah anime dengan rating tertinggi di situs tersebut.

Salah satu faktor yang membuat serial itu bisa bertahan sebagai anime dengan rating tertinggi di MyAnimeList adalah fandom mereka. Fandom serial ini dikenal suka memberikan rating buruk pada anime yang ratingnya mendekati rekor Fullmetal Alchemist: Brotherhood. Begitu mereka melihat ada anime yang ratingnya tinggi, fandom ini dengan segera memberikan review jelek untuk menurunkan rating serial itu. Mereka melakukannya hampir di setiap anime yang baru dirilis.

6. Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba — Geng Spoiler

8 Fandom Anime Paling Aneh dan Bikin Jengkel Banyak Orang

Foto: CBR

Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba relatif baru untuk komunitas anime dan baru berjalan beberapa tahun sejak anime-nya debut. Tapi, manga serial ini sudah selesai. Anime ini dikenal dengan kualitas anime-nya yang sangat luar biasa. Tidak ada kata-kata yang bisa menggambarkan betapa indahnya visual di anime itu. Ini menarik lebih banyak penggemar ke serial ini.

Tapi, ini tidak terjadi di fandom. Fanbase Kimetsu no Yaiba dipenuhi sekelompok besar orang-orang yang suka membocorkan semuanya dari manga. Penggemar anime—tanpa baca manga—mungkin baru selesai dengan season dua. Tapi, fanbase-nya sudah membocorkan tentang season tiga, empat, dan seterusnya. Kalau kalian tidak suka spoiler, jauh-jauhlah dari fandom ini.

5. Attack on TitanFanbase Terburuk

8 Fandom Anime Paling Aneh dan Bikin Jengkel Banyak Orang

Foto: TV Guide

Tidak ada yang bisa membantah popularitas Attack on Titan di seluruh dunia. Tapi, kalau ada pertanyaan siapakah fandom tertoksik dalam sejarah anime, maka jawabannya adalah fandom serial ini. Fandom ini sangat buruk sampai mereka mengirimkan ancaman kematian kepada aktor suara, kreator, dan animator yang mengerjakan serial ini dirundung dan dikritik tiap pekan.

Sejak perubahan studio pembuatan Attack on Titan, banyak penggemar yang terus menarget staf produksi dan animator di MAPPA. Terlebih lagi, sejumlah penggemar mengutuk Hajime Isayama karena mereka kecewa dengan ending-nya. Mereka bahkan melintasi batasan dengan mengirim ancaman kematian kepada pengisi suara Gabi karena mereka tidak suka dengan karakter itu. Ini tentu tidak bisa diterima dan memalukan karena dilakukan fanbase yang seharusnya sudah dewasa.

4. JoJo’s Bizarre Adventure — “Itu Referensi Jojo, Ya?”

8 Fandom Anime Paling Aneh dan Bikin Jengkel Banyak Orang

Foto: What’s on Netflix

JoJo adalah serial anime yang sangat asyik dan menarik karena banyaknya protagonis. Hirohiko Araki telah menggambarkan karakternya dengan cara yang mengagumkan dan stylish yang membuat serial ini berbeda dari serial shounen lainnya. Selain itu, David Productions juga melakukan pekerjaan bagus dengan memberikan penampilan unik pada serial anime itu.

Terkait fandom-nya, selain menjengkelkan, sejumlah orang juga membencinya. Fanbase membuat referensi JoJo dari semuanya dan membuat setiap penonton anime ketakutan dengan kata-kata mereka yang berulang seperti, ”Tonton JoJo, tonton Jojo!” Itu adalah keseharian mereka dan cukup menjengkelkan kalau kalian bertanya kepada penggemar baru anime.

3. My Hero Academia — Pecinta Ship

8 Fandom Anime Paling Aneh dan Bikin Jengkel Banyak Orang

Foto: IMDb
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2250 seconds (0.1#10.140)