Kang the Conqueror, Villain Marvel yang Bikin Iron Man Jadi Jahat

Kang the Conqueror, Villain Marvel yang Bikin Iron Man Jadi Jahat
Kang the Conqueror akan menjadi penjahat besar utama di Fase 46 Marvel Cinematic Universe (MCU). Tidak banyak yang diketahui tentang latar belakangnya. (Foto: Fortress of Solitude)
Kang the Conqueror telah dibangun sebagai penjahat terbesar di Marvel Cinematic Universe (MCU). Dia telah debut di serial Loki dengan bentuk variannya, He Who Remains, yang kemudian dibunuh Sylvie. Tapi, sebuah patung raksasa seperti dirinya terlihat tinggi menjulang di markas Otoritas Variasi Waktu. Karakter ini diperankan Jonathan Majors.

Secara resmi, Kang akan diperkenalkan sebagai Kang di Ant-Man and the Wasp: Quantumania tahun depan. Dia masih diperankan aktor yang sama. Dengan penampilannya yang sedikit mengecewakan di Loki, banyak yang berharap kalau Kang akan melepaskan kekuatannya yang nyata di Quantumania.

Kang adalah salah satu penjahat tertua di komik Marvel. Dia merupakan master penjelajah ruang dan waktu, seorang penakhluk berbagai era dan dunia di multiverse. Penjelajahan waktu di genre fiksi sering kali membuat bingung dan sejarah Kang pun bukanlah pengecualian. Sejarah panjangnya rumit dan kadang membingungkan, terutama terkait kebiasaannya menciptakan varian.

Kang adalah salah satu karakter yang kompleks di semesta Marvel. Dia dianggap sebagai salah satu karakter yang kedalaman sahih dan nuansa sebagai sebuah karakter. Dengan koneksnya dengan Semesta Marvel yang lebih besar, termasuk Young Avengers, Iron Man, dan terutama Fantastic Four, karakter ini jelas pas dengan tema besar Fase 4—6 MCU, Multiversal Saga. Siapa dan apa kekuatan Kang the Conqueror? Simak ulasannya berikut ini!

Baca Juga: Kang the Conqueror, Calon Penjahat Utama di MCU yang Misterius

1. Siapakah Kang the Conqueror?

Kang the Conqueror, Villain Marvel yang Bikin Iron Man Jadi Jahat

Foto: The Digital Fix

Menjelaskan tentang siapakah Kang mungkin adalah bagian tersulit untuk memahaminya. Awalnya, Kang adalah ilmuwan berusia 31 tahun bernama Nathaniel Richards. Dia merupakan keturunan baik Reed Richards dan Doctor Doom. Meski begitu, Nathaniel cenderung bertindak seperti Doctor Doom, tapi tidak sejelas penjahat itu. Dia kali pertama menemukan perjalanan melintasi waktu melalui kekuatan platform waktu leluhurnya, Doom.

Kang the Conqueror kali pertama tampil di komik Marvel lewat Fantastic Four #19 dengan nama Rama-Tut. Di The Avengers #8, dia secara resmi dikenal sebagai Kang the Conqueror. Dia bertempur dengan salah satu line up Avengers yang terdiri atas Thor, Wasp dan Spider-Man — semua pahlawan di Fase 4 MCU. Namun, setelah itu, memiliki banyak identitas adalah ciri Kang. Identitas lain karakter ini termasuk Immortus, versi masa depan Kang yang tinggal di Limbo dan Iron Lad. Dia awalnya adalah anggota Young Avengers.

Meskipun Nathaniel tidak punya kekuatan super tertentu, dia adalah seorang jenius yang mumpuni dalam perjalanan menembus waktu. Dia juga punya kendaraan yang membuatnya bisa mengunjungi abad apa pun. Saat melakukan kunjungan itu, dia bisa mengumpulkan berbagai senjata yang membuatnya bisa meningkatkan kemampuannya. Dia menggunakan teknologi yang sangat maju yang tidak bisa diakses atau disamai orang lain. Dia juga bisa merekrut pasukan berbeda, yang membuatnya bisa menakhlukkan periode waktu berbeda dan membuatnya bisa melawan para superhero.

Komik Marvel telah memperlihatkan pendekatan baru terhadap cerita asal usul Kang dengan serial terbatas lima edisi Kang the Conqueror. Serial ini diluncurkan setelah MCU memperkenalkan He Who Remains sebagai varian Kang di Loki. Komik itu dimulai dengan pendekatan baru terhadap awal mula Kang sebagai penjelajah waktu.

2. Berbagai identitas Kang the Conqueror

Kang the Conqueror, Villain Marvel yang Bikin Iron Man Jadi Jahat

Foto: GamesRadar

Di dunia komik Marvel, Kang the Conquer tidak cuma Kang. Orang di balik kostum perang Kang adalah sosok misterius yang telah mengisi sejumlah peran penting sepanjang sejarah komik Marvel. Ini didasarkan dari titik berbeda di dalam hidupnya dan titik berbeda di waktu yang dia jelajahi. Dengan demikian, Kang yang muncul di serial Loki dan yang diperankan Jonathan di Ant-Man 3 bisa jadi sosok yang berbeda.

Tiba ratusan tahun ke masa depan lini masanya sendiri, Nathaniel menggunakan pengetahuan penjelajahan waktu dan teknologi untuk menakhlukkan dunia masa depannya. Dia kemudian memakai nama Kang dan berjanji menakhlukkan era lain. Tujuan akhirnya adalah menguasai keseluruhan sejarah. Sejak saat itu, Kang telah berkali-kali menantang Avengers dan selalu berusaha mengalahkan mereka. Dia bahkan membuat banyak identitas dirinya untuk melakukannya.

Kang punya banyak identitas sampai ada organisasi yang mewadahi variannya. Organisasi itu disebut sebagai Dewan Para Kang. Serial Loki episode 6 bahkan memberikan konfirmasi adanya dewan seperti itu.

Di Marvel, ada banyak identitas Kang yang bisa muncul. Yang paling penting dari karakter-karakter ini adalah Immortus. Dia merupakan penguasa Limbo dan penjahat utama baik untuk Avengers dan Fantastic Four. Ada juga Iron Lad, Kang versi remaja yang menghindari takdir jahatnya dengan menjadi anggota Young Avengers. Lainnya adalah Rama-Tut, versi lain penjahat itu yang mengambil alih Mesir dan kemudian menyesali perbuatan yang dia lakukan sebagai Kang the Conqueror.

3. Bagaimana Kang cocok dengan Marvel Universe?

Kang the Conqueror, Villain Marvel yang Bikin Iron Man Jadi Jahat

Foto: CinemaBlend

Kang punya koneksi mendalam dengan banyak pahlawan Marvel. Yang paling jelas, dia punya nama yang sama dengan ayah Reed Richards, Nathaniel Richards. Yang lebih membuat rumit, asal usul Nathaniel—ayah Reed. Dia juga seorang penjelajah waktu dan di sejumlah realitas, dia juga merupakan Kang. Meskipun di sebagian besar kasus, mereka adalah keturunan dengan nama sama.

Dia juga merupakan keturunan musuh bebuyutan Reed, Doctor Doom. Kang menggunakan teknologi perjalanan waktu Doom untuk mengembangkan teknologi dan senjatanya sendiri. Dia bahkan pernah bertim dengan Doom untuk menantang pahlawan Marvel.

Kang juga punya kaitan dengan Iron Man. Kaitan itu tidak hanya melalui masa Kang sebagai Iron Lad, tapi juga lewat satu cerita Avengers paling dikenal—dan dibenci. Di The Crossing, Kang memanipulasi Tony Stark untuk menjadi seorang penjahat. Di satu titik, dia mati dan digantikan dengan versi remaja Tony Stark dari lini masa sebelumnya. Semuanya akhirnya dibatalkan lewat lebih dari sains komik.

Kang juga pernah bertim dengan Apocalypse Twins, mutan yang dijadikan Apocalypse sebagai penggantinya. Yang menarik, itulah cerita yang mengembangkan koneksi Kang dengan Wasp, yang terjebak di dunia masa depan dystopian, di mana dia menikahi Havok dari X-Men dan bahkan punya anak. Namun, hubungan dan anak itu akhirnya dihapus ketika Wasp dan Havok kembali ke dunianya masing-masing. Meskipun tidak semua memori itu hilang begitu saja.

Kang akan bertemu Wasp dan Ant-Man di Quantumania. Meskipun kehadirannya dirasa agak ganjil di franchise ini, Kang sebenarnya pernah berhadapan langsung dengan Ant-Man dan Wasp di komik. Tapi, pertarungan ini adalah pertarungan aneh. Mereka berhadapan di sebuah komik untuk Synchrony Bank di mana Ant-Man belajar membuka rekening tabungan.

Meski begitu, Kang pernah benar-benar berhasil mengalahkan seluruh lini masa Avengers. Dia mengambil alih dunia dan memenjarakan hampir semua orang yang mungkin bisa menghentikannya, termasuk Avengers. Tentu saja, dia pada akhirnya bisa dikalahkan. Tapi, ini terjadi sebelum dia dan Captain America bertarung hingga akhir di saat sepasang hologram raksasa bentrok di angkasa di atas bumi.

4. Kekuatan Kang the Conqueror

Kang the Conqueror, Villain Marvel yang Bikin Iron Man Jadi Jahat

Foto: CinemaBlend

Kang sebenarnya tidak punya kekuatan sendiri. Tapi, dia adalah seorang strategis dan petarung militer berbakat. Dia punya akses tidak hanya pada persenjataan besar dari semua era sejarah, termasuk dari masa depan jauh, dia punya teknologi penjelajah waktu yang tidak tertandingi. Senjata itu termasuk Damocles Base, sebuah kapal bintang penjelajah waktu yang berbentuk seperti pedang, dan punya gudang senjata besar.

Di masa lalu, Kang berhasil meluncurkan serangan dari banyak periode waktu sekaligus. Ini termasuk di cerita Avengers Forever, di mana Immortus membawa satu tim Avengers dari berbagai era untuk menantang diri mereka yang lebih muda. Selain senjata, Kang juga kadang didukung sepasukan triliunan tentara dari seluruh ruang dan waktu, yang sering dia turunkan untuk melawan musuh-musuhnya.

Di Loki, varian Kang, He Who Remains, terlihat kalau dia sepertinya tidak punya kekuatan sendiri. Tapi, dia jelas punya pengetahuan tentang apa yang akan terjadi di lini masanya hingga satu titik. Dia punya punya teknologi untuk memanipulasi waktu di sekitarnya untuk merespons dan dipersiapkan bagi musuhnya.

Dengan demikian, Kang punya satu kelemahan besar. Itu adalah kode kehormatannya yang ketat dan aneh. Ini sering menyebabkan keruntuhannya. Meski kadang dia berbelok atau berusaha melanggar aturan ini, Kang punya kode pribadi yang mencegahnya mengalahkan musuh dengan cara berkhianat, seperti kembali ke masa lalu dan membunuh mereka saat masih kecil. Bagi Kang, penakhlukkan hanya terjadi kalau dimenangkan lewat pertarungan dan hanya ketika musuh tahu kalau mereka telah dikalahkan.

5. Pengaruh Kang the Conqueror terhadap MCU

Kang the Conqueror, Villain Marvel yang Bikin Iron Man Jadi Jahat

Foto: The Wrap

Kang lebih dari sekadar penjahat sederhana. Dia adalah pintu gerbang ke seluruh sisi berbeda Marvel Universe, termasuk Fantastic Four, the Young Avengers, Doctor Doom, dan lain-lain. Nyaris sebagian besar telah dikonfirmasi untuk diekspansi di MCU.

Masuknya Kang sebagai villain di Ant-Man 3 cukup menarik. Selain perseteruan Kang dengan Wasp sebagai bagian dari tim Avengers, Kang tidak punya koneksi komik spesifik dengan dunia Ant-Man. Tapi, di MCU, Kang mungkin sempurna untuk menjadi penjahat di Ant-Man.

Misalnya, pengetahuan Ant-Man dan akses ke Dunia Kuantum yang membuat aspek perjalanan waktu di Avengers: Endgame jadi bisa dilakukan. Jadi, ini bisa jadi Kang menggunakan teknologi Dunia Kuantum yang sama. Ini kemudian membuatnya berhadapan dengan Ant-Man dan Wasp.

Sebelumnya, di MCU terungkap kalau dia punya kaitan langsung dengan TVA di lini masa alternatif. Patungnya—lengkap dengan penampakan yang mirip Jonathan Majors dan kostum Kang di komik—terlihat di kantor TVA versi multiversal. Loki juga mengonfirmasi kalau pertarungan Kang dari banyak dunialah yang membangun perang multiversal, yang terjadi ketika banyak varian Kang mengembangkan teknologi perjalanan multiverse di saat yang sama. Perang itu sepertinya dimenangkan He Who Remains yang menciptakan TVA. Dia menghapus setiap lini masa yang terlalu dekat menantangnya.

Dengan He Who Remains mati di tangan Sylvie, multiverse sepertinya meluas dengan cepat dan tidak terkontrol. Efeknya akan terasa di Fase 5. Loki season 2 juga akan tayang mulai tahun depan. Jadi, semuanya akan ada benang merahnya.

Baca Juga: 6 Varian Kang the Conqueror Paling Dikenal di Jagat Marvel

Di luar itu, kehadiran Kang akan mempengaruhi perkenalan karakter lain Marvel ke MCU, misalnya Fantastic Four. Film solo pertama Fantastic Four di MCU akan dirilis Marvel pada 2025, sebelum MCU melepas Avengers: The Kang Dynasty ke layar lebar. Perkenalan First Family secara resmi ke MCU ini sudah lama dinantikan penggemar. Tidak ada penjahat lain yang pas untuk memperkenalkan Reed Richards ke MCU kalau bukan Kang.

Ada kemungkinan kalau Kang versi MCU ini adalah ayah Reed Richards. Ini tentu akan membuka banyak kemungkinan masa depan MCU dan bagaimana Fantastic Four bisa bergabung dengan franchise ini. Tentu saja, ada juga kemungkinan kalau Kang dan kekacauan multiverse-nya bisa menjadi tiket untuk membawa X-Men ke MCU.


(alv)
Share: