Fakta Avengers: Secret Wars, Penutup Multiverse Saga MCU

Minggu, 24 Juli 2022 - 22:15 WIB
loading...
Fakta Avengers: Secret Wars, Penutup Multiverse Saga MCU
Avengers: Secret Wars akan menjadi titik kulminasi 3 fase Marvel Cinematic Universe yang berakhir pada 2025. Namun, belum banyak informasi terkait film ini. (Foto: Marvel)
A A A
Avengers: Secret Wars menjadi salah satu kejutan yang diungkap Marvel Studios di gelaran San Diego Comic Con, Sabtu (23/7) waktu setempat atau Minggu (24/7) waktu Indonesia. Film ini akan menutup saga yang saat ini sedang berjalan di Marvel Cinematic Universe (MCU), yaitu Multiversal Saga. Saga ini berjalan sejak Fase 4 yang dimulai dengan Black Widow pada 2021.

Secara teknis, Avengers: Secret Wars adalah Avengers 6. Sebelum film ini tayang pada November 2025, penonton terlebih dahulu akan disuguhi Avengers: The Kang Dinasty. Dari judulnya, bisa ditebak kalau Kang the Conqueror akan menjadi antagonis utama di dua film ini. Tokoh ini sudah diperkenalkan di Fase 4 lewat variannya, He Who Remains, di serial Loki. Kang secara resmi akan tampil di MCU lewat Ant-Man and the Wasp: Quantumania pada awal tahun depan.

Sejak Avengers: Endgame mengakhiri tiga fase pertama MCU, output-nya bisa dibilang tidak terkait. Cerita yang berbeda diceritakan di film dan televisi terjadi di smesta yang sama. Tapi, Fase 4 kurang ancaman yang sama seperti yang ditebarkan Thanos di Fase 1—3. Ini sepertinya akan berubah di Secret Wars yang didahului The Kang Dynasty. Seperti apa? Mengutip The Wrap, berikut ulasannya!



1. Avengers: The Kang Dynasty

Fakta Avengers: Secret Wars, Penutup Multiverse Saga MCU

Foto: Marvel

Penggemar MCU pastinya tahu kalauAvengers: Endgame terjadi setelah Avengers: Infinity War. Nah, di Fase 6, Avengers: Secret Wars terjadi setelahThe Kang Dynasty. Cerita ini berasal dari lini cerita yang ditulis Kurt Busiek dari 2001—2002. Di cerita itu, Kang kembali dari abad 30 dan benar-benar berhasil menguasai seluruh planet. Dia bahkan menghancurkan markas PBB. Avengers kemudian berhasil menghentikannya. Tapi, itu tidak dengan membayar mahal.

Jadi, sama seperti Infinity War, Kang Dynasty bisa jadi menceritakan bagaimana Kang membawa pertempuran ke bumi. Sementara, Secret Wars akan menjadi rencana balas dendamnya. Namun, Marvel diperkirakan tidak akan mengambil lini cerita ini benar-benar plek dengan komik. Tapi, plot dasarnya membuat orang tahu apa yang akan dilakukan Marvel dengan Fase 5. Terkait seperti apa ancaman Kang, Ant-Man and the Wasp: Quantumania akan memberikan jawaban.

2. Avengers: Secret Wars

Fakta Avengers: Secret Wars, Penutup Multiverse Saga MCU

Foto: Marvel Database – Fandom

Secret Wars berjalan di komik Marvel pada 1984—1985. Ini merupakan peristiwa perlintasan terbesar pertama dalam sejarah komik. Di cerita ini, sesosok entitas kosmik bernama Beyonder terobsesi dengan kehadiran superhero di bumi. Dia kemudian meneleportasi pahlawan kelas A Marvel ke planet buatan bernama Battleword dan memerintahkan mereka untuk bertarung sampai mati.

“Aku dari luar! Basmi musuh kalian dan semua yang kalian inginkan akan jadi milik kalian! Tidak ada impian kalian yang mustahil buat aku wujudkan,” katanya.

Premis sederhana ini mengumandangkan perubahan besar bagi status quo Marvel saat itu. Yang paling terkenal, Battleworld adalah di mana Spider-man mendapatkan kostum hitamnya, yang ternyata adalah Venom. Tapi, serial ini juga menyebabkan She-Hulk menggantikan The Thing sebagai anggota Fantastic Four. Selain itu, juga terjadi drama antarpersonal di antara X-Men. Hulk menderita luka yang mengembalikan versinya yang suka mengamuk tanpa terkendali.

Marvel mungkin tidak akan mengambil karakter Beyonder ini. Tapi, jelas mereka akan mengadaptasinya. Lagipula, antagonis utama untuk Multiversal Saga adalah Kang. Jadi apa pun yang terjadi di sini, semua akan bermuara pada Kang.

3. Arti Secret Wars untuk MCU

Fakta Avengers: Secret Wars, Penutup Multiverse Saga MCU

Foto: The Daily Beast

Kang sepertinya akan menjadi entitas yang mengirim semua karakter itu ke planet buatan tersebut. Kang telah diperkenalkan di Loki dengan diperankan Jonathan Majors. Dia akan kembali tampil di Ant-Man 3. Kang telah menjadi judul untuk Avengers 5. Jadi, Avengers 6 ini pastinya akan penuh dengan kejutan.

Setelah Thanos muncul di akhir The Avengers, sebagian besar penggemar berasumsi kalau cerita MCU akan mengikuti komik. Thanos akan jatuh cinta dengan Death dan memburu Batu Keabadian demi membuktikan cintanya pada wanita itu. Tapi, Marvel Studios ternyata mengambil pendekatan berbeda. Infinity War dan Endgame akhirnya menjadi cerita original yang diangkat dari komik Infinity Gauntlet.

4. Lineup Avengers: Secret Wars

Fakta Avengers: Secret Wars, Penutup Multiverse Saga MCU

Foto: MovieWeb

Belum diketahui siapa saja anggota Avengers untuk sekarang. Yang jelas, anggota asli Avengers sudah tidak lagi aktif. Iron Man dan Black Widow sudah tiada. Steve Rogers dan Clint Barton Pensiun. Thor sedang asyik berpetualang bersama Love di galaksi di luar sana. Hanya Hulk yang sepertinya masih membantu urusan Avengers.

Meski begitu, Thor dan Hulk masih bisa dihitung untuk masuk tim utama Avengers. Selain mereka, ada juga Nick Fury, Doctor Strange, Ant-Man, The Wasp, Sam Wilson/Captain America, Bucky Barnes, Captain Marvel, Okoye, dan Shuri untuk wajah-wajah yang telah dikenal. Avengers sepertinya akan mendapatkan wajah baru dengan masuknya Shang-Chi. Belum lagi Guardians of the Galaxy sepertinya bisa membantu mereka. Eternals mungkin juga akan dilibatkan. Selain itu, sederet karakter baru yang akan tampil di film solo pun sepertinya akan ikut tampil, termasuk Blade.

Namun, belum diketahui apakah Spider-Man akan ikut terlibat aksi Avengers kali ini. Spider-Man: No Way Home membuat dunia melupakan siapa Peter Parker dan Spider-Man beroperasi sendirian tanpa dukungan dari pihak mana pun, termasuk Stark Industries dan Avengers. Doctor Strange in the Multiverse of Madness mengonfirmasi kalau semua orang, bahkan Wong, tidak lagi ingat siapa Peter Parker.

Karakter yang berada di area abu-abu seperti Yelena Belova bisa jadi dimunculkan untuk membantu Avengers. Ini juga berlaku pada Loki, yang pastinya punya pengetahuan luas tentang siapa Kang the Conqueror. Tapi, harus diingat kalau Loki ini adalah varian. Loki asli dari lini masa utama MCU sudah mati dibunuh Thanos.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1752 seconds (0.1#10.140)