8 Rekomendasi Anime Buat yang Suka Classroom of the Elite

Rabu, 13 Juli 2022 - 19:19 WIB
loading...
8 Rekomendasi Anime Buat yang Suka Classroom of the Elite
Ada sejumlah rekomendasi anime buat yang suka Classroom of the Elite. Anime-anime ini punya premis dan karakter yang mirip dengan serial Classroom of the Elite. (Foto: IMDb)
A A A
Ada sejumlah anime yang bisa ditonton buat yang suka Classroom of the Elite. Ini terutama bagi mereka yang tidak sabar untuk menunggu episode baru season 2-nya keluar setiap pekan. Classroom of the Elite season 2 adalah salah satu anime yang paling diantiasipasi untuk slot musim panas tahun ini.

Serial ini berkisah tentang sekolah elit yang berisikan siswa terpilih. Di sekolah, mereka saling bersaing untuk menempati posisi teratas. Cerita akan berfokus pada Kiyotaka Ayanokouji. Dia merupakan siswa SMA Koudo Ikusei. Pada penempatannya, dia masuk ke Kelas D yang notabenenya berisi anak-anak dengan kemampuan jelek.

Premisnya mungkin sederhana. Tapi, serial ini mendapatkan tempat di hati penggemar anime sehingga ketika season 2-nya keluar, mereka benar-benar mengantisipasinya. Jadi, buat kalian yang suka Classroom of the Elite season 2 dan mencari anime yang mirip, simak rekomendasinya berikut ini!



1. Kakegurui

8 Rekomendasi Anime Buat yang Suka Classroom of the Elite

Foto: Fiction Horizon

Anime ini ber-setting di sebuah SMA swasta, Akademi Hyakkou. Selain untuk belajar, sekolah menjadi sarang perjudian bagi murid-muridnya. Cerita akan berfokus pada Yumeko Jabami, seorang siswi pindahan dengan obsesi aneh seputar sensasi perjudian.

Ada beberapa kemiripan Kakegurui dengan serial Classroom of the Elite. Terutama pada cara berpikir untuk mengakali lawan agar bisa menang. Bedanya, Kakegurui berkutat pada pertandingan judi, sedangkan Classroom lebih ke persaingan antar kelas menjadi yang terbaik. Selain itu, kedua karakter utamanya juga seorang manipulator handal.

2. Oregairu

8 Rekomendasi Anime Buat yang Suka Classroom of the Elite

Foto: The Otaku Exhibition

Oregairu merupakan serial romantis yang berlatar di sebuah sekolah. Cerita berfokus pada karakter Hachiman Hikigaya. Seorang siswa apatis dengan kecenderungan narsis. Sama halnya dengan Hachiman, karakter utama Classroom of the Elite, Ayanokouji juga demikian. Dia adalah tipe orang yang tidak suka bersosialisasi atau terlihat mencolok. Dia lebih suka menjadi pengamat di kelasnya.

Selain itu, sifat dari Yukino di Oregairu juga mirip dengan Horikita. Awalnya, mereka bersikap dingin dan terkesan tidak peduli. Namun, perlahan sifat mereka mulai berubah terhadap masing-masing karakter utamanya.

3. Baka to Test to Shoukanjuu

8 Rekomendasi Anime Buat yang Suka Classroom of the Elite

Foto: AnimeHype

Serial ini kerap dianggap mirip dengan Classroom of the Elite. Hanya, Baka to Test to Shoukanjuu lebih ke komedi dan tidak serius. Anime ini berpusat di Akademi Fumizuki. Sekolah ini menempatkan siswa dengan nilai tinggi di kelas A, dan nilai rendah di kelas F.

Kemiripan lain terletak pada sang karakter utama yang ditempatkan di kelas terendah. Selain itu, mereka juga bersaing dengan kelas lain untuk bisa mengunggulinya. Bisa dibilang, anime ini adalah Classroom of the Elite versi komedi.

4. Hyouka

8 Rekomendasi Anime Buat yang Suka Classroom of the Elite

Foto: Episode Ninja

Hyouka berfokus pada Oreki Houtarou. Dia hanya punya satu tujuan, yaitu hidup dengan ketenangan. Namun, hari-hari damainya harus pupus setelah dia terpaksa masuk ke klub sekolah dan bertemu Eru Chitanda.

Pada persamaannya dengan Classroom of the Elite, Hyouka memiliki karakter utama yang cerdas namun anti-sosial. Keduanya sama-sama ingin menjalani hidup yang tenang dan menghemat energinya. Selain itu, Ayanokouji dan Oreki juga termasuk bagian dari ‘Gue Banget’ versi penonton.

5. Tomodachi Game

8 Rekomendasi Anime Buat yang Suka Classroom of the Elite

Foto: CBR

Meski berstatus baru, Tomodachi Game mendapat respons positif dari penontonnya. Sama halnya dengan Classroom of the Elite, serial ini melibatkan siswa sekolah pada perencanaan strategi untuk menghadapi berbagai situasi. Namun, ada perbedaannya.

Tomodachi Game berfokus pada 5 siswa, bukan satu kelas. Tapi, karakter utamanya sama-sama cerdas. Hanya, karakter utama di Tomodachi Game lebih gelap dan misterius. Tomodachi Game punya level tersendiri di dalam kisah ber-setting SMA.

6. Mahouka Koukou no Rettousei

8 Rekomendasi Anime Buat yang Suka Classroom of the Elite

Foto: HubPages

Di Classroom of the Elite, aspek utamanya adalah karakter utama dan latar atau setting-nya. Ini sama dengan serial ini. Di serial yang dalam Bahasa Inggris dikenal sebagai The Irregular at Magic High School, karakter utamanya mirip dengan Classroom of the Elite. Keduanya sama sama misterius dan tidak banyak dikenali orang. Padahal, mereka memiliki kemampuan di atas rata-rata.

Selain itu, kedua karakter utamanya justru ditempatkan di kelas rendah. Padahal, mereka adalah orang jenius. Tak jarang, mereka membuat kejutan yang tidak disangka-sangka.

7. Shokugeki no Soma

8 Rekomendasi Anime Buat yang Suka Classroom of the Elite

Foto: Shokugeki no Soma Wiki – Fandom

Shokugeki no Soma mengisahkan tentang Soma Yukihira yang bercita-cita menjadi koki sejago ayahnya. Dia kemudian dipaksa masuk SMA khusus boga elite di Jepang, yaitu Akademi Totsuki. Meski punya latar dan genre berbeda, ada sejumlah kemiripan antara serial ini dan Classroom of the Elite.

Pertama, latar yang diambil adalah sebuah sekolah elit. Kemudian, hanya murid terpilih lah yang bisa masuk ke sekolah tersebut. Selain itu, OSIS juga turut berperan pada jalan ceritanya. Di Classroom of the Elite ada OSIS yang cukup berpengaruh, sedangkan di Shokugeki no Soma terdapat Dewan Elite yang memiliki pengaruh sama. Terakhir, tujuan dari serial ini adalah untuk mendapatkan posisi teratas di sekolah.



8. Assassination Classroom

8 Rekomendasi Anime Buat yang Suka Classroom of the Elite

Foto: TechNadu

Assassination Classroom mungkin terlihat berbeda dari Classroom of the Elite. Namun, ada sejumlah persamaan di antara keduanya. Kedua serial ini sama-sama mengangkat kelas yang terburuk di sekolah. Di Assassination Classroom, itu adalah kelas 3E. Sekolahnya pun sama-sama kelas elite. Hanya, di Assassination Classroom, karena kelas 3E ini dianggap jelek banget, mereka harus tetap menempati ruang kelas di gedung lama SMP Kunugigaoka.

Di serial ini, para siswanya harus bekerja sama untuk membunuh Korosensei, wali kelas mereka. Korosensei adalah alien bertentakel mirip gurita yang mengancam meledakkan bumi dalam waktu setahun. Para siswanya pun harus berusaha mencari kelemahan makhluk yang sepertinya tidak bisa dibunuh ini. Ada banyak adegan emosional di serial ini karena para siswanya pada akhirnya menyayangi Korosensei.
(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2484 seconds (0.1#10.140)