Ke Mana Luffy setelah Wano Menjelang Final Saga One Piece?

Ke Mana Luffy setelah Wano Menjelang Final Saga One Piece?
Perjalanan Luffy dan kru Perompak Topi Jerami masih panjang usai busur Wano. Menjelang Final Saga One Piece, ada sejumlah tempat yang mungkin mereka singgahi. (Foto: LRMonline)
Setelah 25 tahun berjalan, serial One Piece akhirnya memasuki babak Final Saga. Babak ini ditandai dengan berakhirnya busur cerita Wano pada beberapa waktu lalu. Dengan lebih dari 1.000 chapter, One Piece telah mengukuhkan dirinya sebagai salah satu serial shounen terpanjang yang pernah ada.

Pada 2020, penulis One Piece, Eiichiro Oda, telah mengatakan kalau serial yang mulai terbit di Weekly Shonen Jump pada 1997 itu akan selesai dalam 5 tahun ke depan. Itu artinya, dengan Final Saga resmi dimulai pada Juli ini, One Piece akan selesai dalam waktu 3 tahun ke depan atau sekitar 2025. Tapi, Oda bukanlah sumber yang bisa dipercaya untuk kerangka waktu. Jadi, kerangka waktu ini bisa saja meleset.

Pertanyaannya adalah apa yang akan terjadi setelah Wano. Busur cerita terpanjang di One Piece itu selesai dalam waktu empat tahun dengan lebih dari 144 chapter. Di puncak busur cerita itu, Luffy mendapatkan bentuk baru, yaitu Gear 5 yang membuatnya tampak seperti Dewa Matahari Nika. Kaido—bersama Big Mom—jatuh ke kawah di perut Wano dan negara terpencil itu akhirnya bebas.

Dengan kekalahan Kaido dan bebasnya Wano, tidak berarti perjalanan Luffy berakhir. Perjalanan Topi Jerami itu masih panjang demi meraih julukan Raja Perompak dan menemukan harta karun misterius One Piece. Masih banyak tempat yang harus dijelajahi Luffy setelah Wano dan sebelum pergi ke Laugh Tale.

Baca Juga: 6 Karakter Cewek Terkuat di One Piece Pujaan Semua Orang

1. Elbaf

Ke Mana Luffy setelah Wano Menjelang Final Saga One Piece?

Foto: One Piece Wiki – Fandom

Prediksi paling umum bagi Perompak Topi Jerami setelah Wano adalah pergi ke Elbaf, rumah para raksasa. Elbaf kali pertama disebutkan di busur Little Garden di awal manga ini. Elbaf juga merupakan tempat di mana Charlotte Linlin alias Big Mom menghabiskan masa kecilnya. Flashback cerita latar Big Mom mengungkap penampakan perdana Elbaf.

Di Elbaf, kru Topi Jerami diperkirakan akan menghadapi Yonko lain, yaitu Shanks si Rambut Merah. Shanks adalah orang yang menginspirasi Luffy untuk menjadi perompak. Sementara, sniper Shanks, Yasopp, adalah ayah Usopp, sniper kru Perompak Topi Jerami.

Dengan plotOne Pieceterus mendekati klimaksnya, Elbaf sepertinya akan menjadi napas bagi Topi Jerami dan pembaca setelah masifnya Wano. Seperti Loguetown dan Zou, busur ini akan berfokus pada cerita dan kemajuan plot ketimbang pertarungan. Kalau Topi Jerami menghadapi pertempuran di Elbaf, sepertinya itu adalah pertarungan persahabatan dengan raksasa atau Perompak Rambut Merah.

2. Pulau Lodestar

Ke Mana Luffy setelah Wano Menjelang Final Saga One Piece?

Foto: One Piece Wiki – Fandom

Pulau Lodestar diperkirakan akan menjadi tujuan baru Luffy dan kru Perompak Topi Jerami setelah Wano. Pulau itu adalah pulau terakhir di Grand Line sebelum Laugh Tale—pulau misterius tempat harta karun legendaris One Piece berada. Dengan begitu, kru Topi Jerami pasti akan berhenti di pulau ini sebelum mereka mencapai tujuan akhirnya.

Satu-satunya masalah sebelum mereka bisa mencapai Laugh Tale adalah mereka harus mengumpulkan 4 Road Poneglyph yang menunjukkan jalan ke sana. Mereka sudah mendapatkan dua dari Zou dan Whole Cake Island. Mereka segera mengklaim yang ketiga dari Wano. Lokasi Road Poneglyph keempat masih menjadi misteri.

Mungkin, Road Poneglyph terakhir berada di Pulau Lodestar. Jadi, masuk akal kalau itu adalah langkah selanjutnya bagi kru perompak itu. Tapi, itu akan jadi terlalu mudah. Kemungkinan besar Road Poneglyph keempat ada di Elbaf. Jadi sementara Topi Jerami akan pergi ke Pulau Lodestar, ada sedikit pekerjaan yang harus dilakukan sebelum tiba ke sana.

Baca Juga: 7 Fakta Laksamana Ryokugyu di One Piece, Ingin Menangkap Luffy

3. Mariejois

Ke Mana Luffy setelah Wano Menjelang Final Saga One Piece?

Foto: One Piece Wiki – Fandom

Sejak Wano dimulai pada 2018, hasil Levelie sangat dinantikan orang. Levelie adalah konferensi besar antara 50 pemimpin utama dunia yang digelar di ibu kota Pemerintah Dunia, Mariejois. Masih ada dua cliffhanger besar dari Levelie yang belum terselesaikan.

Cliffhanger pertama adalah penampakan Imu, penguasa rahasia Pemerintah Dunia. Sosok yang baru hadir dalam bentuk siluet itu sedang bersiap memerintahkan “pembersihan besar-besaran”. Kedua, nasib Sabo, kakak angkat Luffy. Sabo terakhir kali terlihat sedang bersiap menginfiltrasi Mariejois sebelum menghilang secara misterius.

Sabo diduga telah ditangkap atau dibunuh Pemerintah Dunia. Luffy pastinya akan pergi ke Mariejois begitu mendengar kabar tentang kakaknya itu. Tapi, ini terdengar seperti pengulangan Marineford Saga, ketika Luffy berusaha menyelamatkan kakaknya yang lain, Portgas D Ace, dari Marinir.

Selain itu, kepergian Luffy ke Mariejois akan mengalihkan perjalanan mereka ke Laugh Tale—kecuali Pemerintah Dunia menyimpan Road Poneglyph terakhir. Meski begitu, banyak yang berteori kalau Mariejois akan menjadi medan laga terakhir serial ini. Sepertinya, perang lebih besar tidak akan dimulai dalam waktu dekat setelah konklusi Wano.


(alv)
Share: