5 Alasan Sebaiknya Kamu Tidak Memelihara Kucing

Sabtu, 25 Juni 2022 - 12:58 WIB
loading...
5 Alasan Sebaiknya Kamu Tidak Memelihara Kucing
Kucing memang menggemaskan, tapi bukan berarti hewan ini cocok dimiliki oleh setiap orang. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Kucing jadi salah satu hewan peliharaan paling populer di dunia, tetapi bukan berarti semua orang bisa memeliharanya di rumah.

Banyak yang harus dipertimbangkan sebelum kamu memutuskan untuk memelihara kucing. Melansir dari Pethelpful, berikut mengapa kamu sebaiknya tidak memelihara kucing .

1. Alergi

5 Alasan Sebaiknya Kamu Tidak Memelihara Kucing

Foto:Andrea Piacquadio/Pexels

Beberapa orang ada yang memiliki reaksi berlebih saat berdekatan dengan hewan berbulu, seperti mengalami ruam di kulit, bersin-bersin, dan reaksi alergi lainnya. Oleh karena itu, kamu perlu perhatikan diri sendiri dan orang sekitar sebelum memutuskan memelihara kucing.

2. Malas Punya Tanggung Jawab

5 Alasan Sebaiknya Kamu Tidak Memelihara Kucing

Foto:Anete Lusina/Pexels

Kucing merupakan makhluk hidup bernyawa yang juga memiliki perasaan. Kucing akan merasakan siapa yang benar-benar tulus menyayanginya dan yang tidak. Memelihara kucing sama saja seperti merawat makhluk hidup, karena kamu harus memberinya makan, minum, dan perhatian khusus. Apabila kamu malas sebaiknya tidak usah memelihara kucing karena mereka bukan mainan.

3. Biaya yang Dikeluarkan Tidak Sedikit

5 Alasan Sebaiknya Kamu Tidak Memelihara Kucing

Foto:Karolina Grabowska/Pexels

Sama dengan manusia, kucing juga pasti merasakan sakit. Apabila sudah begitu, kamu harus membawanya ke spesialis hewan atau dokter hewan untuk berobat. Tagihan dokter hewan untuk sekali berobat cukup mahal bergantung pada tempatnya.

Belum lagi jika terserang penyakit parah dan perlu perawatan ektra. Jika kamu memiliki banyak kebutuhan yang harus dipenuhi dan tidak cukup untuk membayar perawatannya, sebaiknya jangan memelihara kucing.

Baca Juga: 8 Alasan Kucing Oranye sangat Spesial menurut Sains

4. Tidak Rela Barang-Barang di Rumah Dirusak

5 Alasan Sebaiknya Kamu Tidak Memelihara Kucing

Foto: Photosforyou/Pixels

Kucing senang sekali mencakar-cakar barang-barang di sekitarnya. Gunanya untuk mengasah kukunya agar lebih tajam. Apabila kamu tidak rela barang-barangmu dirusak olehnya dan berakhir compang-camping, sebaiknya pikir dua kali sebelum memelihara kucing. Kamu tidak bisa sepenuhnya menyalahkan kucing jika hal itu sudah terjadi.

Baca Juga: 3 Perbedaan Signifikan Money Heist Korea dengan versi Aslinya

5. Memelihara Burung Sekaligus di Dalam Rumah

5 Alasan Sebaiknya Kamu Tidak Memelihara Kucing

Foto: Byrev/Pixels

Kucing adalah hewan predator yang secara alami akan membunuh hewan-hewan kecil di sekitarnya, seperti tikus, burung, cicak, ular kecil, dan kecoak. Jika kamu tidak ingin burung kesayangan kamu mati diterkam kucing peliharaan, sebaiknya jangan memelihara kucing.

GenSINDO
Lukman Rizki M.
Politeknik Negeri Jakarta
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1386 seconds (0.1#10.140)