10 Karakter Penjahat Marvel Paling Mengecewakan di MCU

10 Karakter Penjahat Marvel Paling Mengecewakan di MCU
Marvel Cinematic Universe (MCU) dipenuhi penjahat yang mengagumkan. Tapi, ada sebagian yang tidak memenuhi harapan penggemar dan jadi karakter mengecewakan. (Foto: Marvel Cinematic Universe Wiki - Fandom)
Sepanjang perjalanannya, Marvel Cinematic Universe (MCU) sering kali memperkenalkan penjahat yang menarik. Dari Loki, Hela, Erik Killmonger sampai Wanda Maximoff, karakter-karakter ini terus diingat penggemar dan bahkan ada yang sampai menjadi meme dan ikon. Sayang, tidak semua penjahat di MCU bisa menyamai keikonikan penjahat seperti Thanos.

Di MCU, ada banyak penjahat yang menarik malah berakhir menjadi karakter yang mengecewakan. Ini adalah sebagian masalah penjahat yang terus muncul di MCU. Penjahat-penjahat mengecewakan ini tidak hanya muncul di film lama MCU, tapi juga masih ada di film dan serial baru yang tampil di franchise ini.

Bahkan, penjahat di sejumlah serial keren di Disney+ pun tidak lepas dari masalah ini. Sebagian besar masalah penjahat di MCU ini adalah terlihat menjanjikan di awal, tapi malah memble di akhir-akhir film atau serial. Bahkan, ada juga terasa mengacaukan seluruh plot ketika dia muncul di akhir cerita. Siapa saja penjahat Marvel paling mengecewakan di MCU? Mengutip Screen Rant, berikut ulasannya!

Baca Juga: 7 Superhero Wanita Marvel Terkuat yang Tampil di Film MCU

10. Taskmaster — Black Widow
10 Karakter Penjahat Marvel Paling Mengecewakan di MCU

Foto: Digital Spy

Taskmaster adalah penjahat yang tidak terlalu mengecewakan di daftar ini. Karakternya sebagian besar berbeda dengan komik dan lebih digunakan sebagai plot twist ketika terungkap kalau dia adalah Antonia Dreykov. Sementara banyak orang yang tidak suka Taskmaster di cerita ini, dia sebenarnya pas dan berhasil.

Yang membuat Taskmaster mengecewakan adalah dia digunakan hanya untuk plot twist dan tidak pernah ditujukan menjadi Taskmaster yang disukai penggemar komik. Fakta cara Taskmaster di film inilah yang mengecewakan. Sementara penggemar belum melihat lagi karakter ini sejak Black Widow, ada kemungkinan besar kalau dia bisa kembali. Mungkin, dia akan direvisi menjadi lebih dekat dengan yang ingin ditonton penggemar.

9. Arthur Harrow — Moon Knight
10 Karakter Penjahat Marvel Paling Mengecewakan di MCU

Foto: We Got This Covered

Awalnya, Arthur Harrow dijanjikan menjadi penjahat unik dengan motif yang menarik. Dia punya keseimbangan yang bagus di sejumlah episode awal. Sepertinya, dia ingin kebaikan, tapi masih mau melakukan tindakan yang dipertanyakan. Sayang, Arthur jadi penjahat yang tidak menarik terjadi di episode terakhir.

Dia sepertinya patuh pada ide yang dipegang dewinya. Tapi, idei itu dibuang ketika Ammit menggunakannya sebagai avatarnya. Keputusan aneh pada karakter itu yang membuat mereka jadi buruk karena itu adalah episode terakhir. Pada akhirnya, itu terasa datar dan Arthur kehilangan banyak kompleksitas yang dia punyai di awal. Episode akhir serial ini berubah menjadi pertarungan superhero biasa.

8. Yon-Rogg — Captain Marvel
10 Karakter Penjahat Marvel Paling Mengecewakan di MCU

Foto: IGN

Yon-Rogg diperankan aktor mengagumkan Jude Law. Dia adalah antagonis utama Captain Marvel. Sementara, dia adalah salah satu penjahat paling mengecewakan di MCU, ada kemungkinan dia akan punya cerita penebusan di The Marvels.

Yon-Rogg akhirnya gagal karena tidak signifikan di film ini. Dia tidak mengganggu ataupun menjadi antagonis hebat untuk Captain Marvel. Faktanya, terasa kalau dia dibuat mengecewakan untuk memamerkan betapa mengagumkannya Captain Marvel. Tapi dengan MCU, kalau ada satu yang disukai fans adalah penjahat yang bisa mendorong protagonist. Yong-Rogg tidak melakukannya. Pada dasarnya, seluruh ujian Captain Marvel yang melibatkan Yon-Rogg diatasi dengan mudah.

7. Ronan the Accuser — Guardians of the Galaxy
10 Karakter Penjahat Marvel Paling Mengecewakan di MCU

Foto: Marvel Cinematic Universe Wiki – Fandom

Ronan menjadi antagonis utama Guardians of the Galaxy. Meskipun, dia cukup gampang dilupakan. Dengan desain unik, dia adalah referensi pertama Kree. Penggemar pun selalu berharap lebih dari dia. Bahkan, Captain Marvel adalah peluang untuk penebusan, tapi dia hanya menjadi cameo kecil.

Ronan muncul sebagai apa yang tidak perlu dilakukan sebagai penjahat MCU. Terutama, ketika dibandingkan dengan Ego the Living Planet, penjahat yang lebih baik di franchise ini yang mampu mendorong karakter Star-Lord. Ronan tidak melakukan ini bagi di Guardians dan tidak memberikan teror atau kompleksitas seperti karakternnya di komik. Bahkan, kemampuannyua jauh kurang menarik di film, meski Lee Pace memberikan penampilan yang baik.

6. Kaecilius — Doctor Strange
10 Karakter Penjahat Marvel Paling Mengecewakan di MCU

Foto: Marvel Cinematic Universe Wiki – Fandom


Kaecilius mungkin adalah salah satu penjahat paling mudah dilupakan di MCU. Dia sebenarnya tidak perlu mengecewakan karena karakernya buruk. Tapi, lebih pada inilah karakter yang diperankan Mads Mikkelsen.

Mads selalu memberikan penampilan bagus dan memalukan kalau karakter yang dbuat relatif umum ini menyia-nyiakannya. Bukannya tidak ada harapan lebih pada karakter ini di masa depan. Tapi, sepertinya dia tidak akan mendapatkan peran sebesar yang dia dapatkan di Doctor Strange. Kaecilius seharusnya menjadi karakter yang lebih mengganggu di cerita. Doctor Strange in the Multiverse of Madness menunjukkan bagaimana membuat penjahat itu menakutkan.

5. Karli Morgenthau — The Falcon and the Winter Soldier
10 Karakter Penjahat Marvel Paling Mengecewakan di MCU

Foto: Disney Wiki – Fandom

Karli menjadi penjahat utama di srial ini dan dalam banyak aspek, perannya terasa sangat dipaksakan. Karakternya runtuh di episode terakhir dan tidak masuk akal mengapa. Dia bukan orang jahat dan motifnya tidak sepenuhnya salah. Dia menunjukkan penyesalan karena sudah terlalu jauh. Sam percaya bisa menyelamatkannya. Pada akhirnya, dia jatuh lebih dalam ke kegelapan dan melihat kematiannya.

Rasanya John Walker yang akan menjadi penjahat di akhir serial itu, tapi ternyata tidak. Tidak ada penebusan bagi Karli. Dengan caranya pergi dan bagaimana cerita ini selesai, rasanya tidak ada pemenang di serial ini. Karakter Karli memuunculkan banyak ide yang memprovokasi. Tapi, eksekusinya sebagai penjahat sangatlah buruk, yang membuatnya menjadi lebih dari sekadar parodi untuk audiens.

4. Ultron — Avengers: Age of Ultron
10 Karakter Penjahat Marvel Paling Mengecewakan di MCU

Foto: Avatar Abyss – Alpha Coders

Ultron adalah salah satu penjahat terburuk yang pernah menyentuh MCU. Hal yang sama bisa dikatakan terhadal filmnya. Avengers: Age of Ultron memunculkan pertanyaan tentang bagaimana MCU jatuh sejauh itu, terutama setelah The Avengers.

Penjahat mesin bukanlah karakter yang mudah untuk diwujudkan. Ultron adalah satu dari banyak contoh bagaimana salah melakukannya. Dia tidak tampil sebagai karakter yang sangat mengganggu selain menyebabkan banyak kehancuran. Sejumlah penggemar memprotes kalau Ultron juga sangat tidak menarik di komik. Tapi, sebagian besar sepertinya sepakat kalau Ultron lebih buruk di film.

3. Malekith — Thor: The Dark World
10 Karakter Penjahat Marvel Paling Mengecewakan di MCU

Foto: Marvel Cinematic Universe Wiki – Fandom

Buruknya penampilan Malekith di The Dark World mengejutkan banyak orang. Bahkan, banyak yang menyebut kalau The Dark World adalah film terburuk MCU dan Malekith adalah penjahat terburuknya. Padahal, sebagian besar penjahat di Thor biasanya tampil dengan penampilan fenomenal dan ditulis dengan baik. Tapi, Malekith tidak begitu beruntung.

Kepribadian Malekith kurang mengganggu. Dia juga tidak punya kemmapuan unik. Alih-alih, desainnya buruk dengan sebagian besar cerita latarnya hilang. Salah satu yang paling mengejutkan adalah tidak adanya perhatian terhadap sebagian besar dunia. Dengan film Thor sekarang, ada kemungkinan kalau busur Perang Dunia akan diadaptasi. Ini akan menjadi jalan sempurna untuk berusaha dan memperkenalkan lagi Malekith—antagonis utama busur itu—dan memberinya penebusan.

2. Mandarin — Iron Man 3
10 Karakter Penjahat Marvel Paling Mengecewakan di MCU

Foto: CinemaBlend

Mandarin selalu menjadi penjahat paling mengancam dan ikonik di komik Iron Man. Tapi, MCU malah mengacaukannya dengan brutal. Penampakan pertamanya di layar TV di Iron Man 3 memang menakutkan. Ben Kingsley memberikan penampilan yang fenomenal.

Sayangnya, di film itu, Mandarin hanyalah seorang aktor dan penjahat palsu yang tidak punya kemampuan. Ini jelas mengecewakan para penggemar. Untungnya, ini akhirnya ditebus di Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings. Mandarin yang diperankan Tony Leung benar-benar memuaskan penggemar. Meski begitu, apa yang terjadi di Iron Man 3 tidak akan dilupakan penggemar dan selalu menjadi penjahat paling mengecewakan di MCU.

Baca Juga: 7 Superhero Muslim di Dunia Marvel, 2 Tampil di Ms. Marvel

1. He Who Remains — Loki
10 Karakter Penjahat Marvel Paling Mengecewakan di MCU

Foto: Tom’s Guide

Di Loki, He Who Remains diperankan Jonathan Majors. Dia akan memerankan Kang the Conqueror di Ant-Man and the Wasp: Quantumania. Iya atau tidak He Who Remains adalah varian Kang atau versi masa depan karakter itu di Loki harus dilihat. Tapi, versi yang muncul di finale Loki jelas yang paling mengecewakan karena dia menghentikan serial itu di menit terakhir ketika semuanya jadi benar-benar menarik.

Setelah semua pembangunan dan ketegangan yang memuncak, He Who Remains menghentikan semuanya di finale. Sementara Jonathan adalah aktor yang bagus, bakatnya tidak bisa menghentkan rasa kekecewaan kalau itu adalah finale Loki season 1. Dengan seluruh tema yang dihadapi Loki dengan versi berbeda dirinya, mungkin lebih masuk akal kalau He Who Remains adalah seorang Loki. Penggemar MCU berharap kalau Kang the Conqueror akan membuktikan dirinya lebih menarik ketimbang He Who Remains jadi ada busur penebusan di sana.


(alv)
Share: