10 Penjahat Anime yang Tobat Ini seharusnya Tetap Jahat

10 Penjahat Anime yang Tobat Ini seharusnya Tetap Jahat
Anime suka membuat penjahatnya bertobat. Meskipun pertobatan itu terasa dipaksakan dan mengorbankan karakterisasinya atau plot serial itu secara keseluruhan. Seperti pertobatan Jenderal Theo Magath ini. (Foto: YouTube)
Banyak penjahat anime yang langsung disukai penggemar karena kekuatan, karisma, dan desain karakternya. Bahkan, para penggemar ini tidak rela melihat mereka kalah atau menghilang. Makanya, penulis sering meng-casting ulang mereka sebagai pahlawan.

Para penjahat ini banyak yang kemudian bertobat dan menjadi karakter yang baik. Tapi, tidak semua penebusan itu terasa masuk akal. Ada sejumlah karakter pennjahat yang bertobat dirasa lebih baik tetap menjadi penjahat ketimbang menjadi sekutu jagoan di serial itu.

Karakter penjahat tobat itu lebih baik tetap jahat demi plot atau konsistensi cerita itu. Terlebih, tidak semua penebusan atau pertobatan itu dilakukan dengan baik di serialnya. Siapa saja karakter penjahat anime yang tobat tapi seharusnya tetap jahat? Mengutip CBR, berikut ulasannya!

Baca Juga: 7 Karakter Cowok Anime Ini Sangat Suka Bersih-bersih

10. Satsuki Kiryuin — Kill la Kill
10 Penjahat Anime yang Tobat Ini seharusnya Tetap Jahat

Foto: CBR

Satsuki adalah antagonis di awal serial ini. Meski mengklaim bertanggung jawab atas kematian ayah Ryuko, dia kemudian mengakui sebaliknya. Sementara Satsuki adalah sekutu hebat dalam melawan Ragyo, banyak kejahatannya yang tidak bisa diabaikan.

Misalnya, dia memerintah Akademi Honnoji dengan tangan besi. Dia menghukum keluarga yang anak-anaknya tidak tampil baik di sekolah dan menyanjung-nyanjung yang berprestasi. Hierarki ini sama sekali tidak adil dan menyebabkan kemiskinan.

9. Mayuri Kurotsuchi — Bleach
10 Penjahat Anime yang Tobat Ini seharusnya Tetap Jahat

Foto: Bleach Wiki – Fandom

Mayuri adalah kapten Gotei 13. Dia merupakan orang yang paling bejat di Dunia Roh. Dia bereksperimen terhadpa Quincy demi risetnya sendiri. Dia menikmati penderitaan yang terlibat di dalamnya.

Meski kejam, Mayuri tidak pernah dimintai pertanggungjawaban, bertobat, atau bahkan meminta maaf atas tindakannya. Sebaliknya, dia lebih puas menggunakan Zankupato-nya untuk menetralkan musuh dan sekutu. Sebagai pemimpin riset dan pengembangan, kejahatannya sering diremehkan demi kontribusinya.

8. Kuvira — Legend of Korra
10 Penjahat Anime yang Tobat Ini seharusnya Tetap Jahat

Foto: CBR

Setelah kampanye anarki Zaheer, Kuvira muncul untuk memimpin Kerajaan Bumi. Dia mengubahnya menjadi kekaisaran, dengan memaksa memisahkan negara untuk bersatu di bawah ancaman kekerasan. Dengan pasukan besarnya, dia juga berniat menakhlukkan Republik Kota. Di perang akhir, Korra menyelamatkan Kuvira dari senjatanya sendiri meski menyebabkan kerusakan.

Penyesalan Kuvira atas tindakannya itu mendadak dan tidak diminta. Tindakan itu menantang pemimpin militer kuat yang diperlihatkannya. Akan lebih baik kalau dia mati dengan nilai-nilanya yang tidak tersentuh.

7. Sesshomaru — Inuyasha
10 Penjahat Anime yang Tobat Ini seharusnya Tetap Jahat

Foto: Inuyasha Wiki – Fandom

Ketika diperkenalkan, Sesshomaru adalah monster kejam dan sosiopatik. Dia berkali-kali berusaha membunuh Inuyasha, dengan alasan garis darah separuh iblisnya dan mengklaim “hak lahirnya”. Sesshomaru kemudian dimanusiakan setelah secara tidak sengaja mengadopsi anak manusia bernama Rin.

Namun, dia tidak pernah memamerkan kualitas simpatik untuk membesarkan seorang anak sebelumnya. Apalagi terhadap manusia yang dibencinya. Meski usaha Sesshomaru melawan Naraku itu mengagumkan, dia seharusnya menjadi antagonis akhir ketimbang antihero.

6. Crocodile — One Piece
10 Penjahat Anime yang Tobat Ini seharusnya Tetap Jahat

Foto: CBR

Crocodile adalah salah satu penjahat terkuat yang pernah dihadapi Luffy di awal petualangannya. Shichibukai kejam itu mendestabilisasikan Alabasta. Dia bahkan nyaris mendapatkan sebuah poneglyph yang bisa dipakai sebagai senjata super.

Meski mengklaim membenci Whitebeard, Crocodile berperan besar dalam perlawanan terhadap Pemerintah Dunia di perang Marineford. Dia hanya butuh ditegur sekali sebelum berkomitmen sepenuhnya kepada Luffy. Meskipun hal-hal keji yang dilakukannya, dia dan Luffy berpisah dengan damai.

5. Orochimaru — Naruto
10 Penjahat Anime yang Tobat Ini seharusnya Tetap Jahat

Foto: Looper

Orochimaru adalah penjahat yang tidak punya rasa hormat terhadap hukum alam, kesucian nyawa, atau Konoha. Dia menggunakan jutsu terlarang untuk membangkitkan lagi Hokage pertama dan kedua untuk membantunya membunuh Hiruzen Sarutobi. Dia pun jadi terus jahat. Dia hanya membangkitkan Hokage dari masa lalu untuk kedua kali karena dipaksa Sasuke.

Sayangnya, Konoha melihat aksinya ini sebagai usaha pertobatan dan mengampuni kejahatannya. Meskipun Yamato seharusnya terus memeriksa Orochimaru, orang yang dijaganya itu jauh lebih licik ketimbang dirinya. Hanya masalah waktu sampai Sannin itu mengungkapkan rencana selanjutnya.

4. Rohan Kishibe — JoJo's Bizarre Adventure
10 Penjahat Anime yang Tobat Ini seharusnya Tetap Jahat

Foto: Den of Geek

Ketika Koichi tiba di rumah Rohan, dia jadi korban Stand Heaven’s Door. Rohan jadi tertarik pada cerita cowok itu. Dia pun mulai merobek halaman dari bocah itu untuk disimpan buat nanti.

Sementara ini memberikan inspirasi, aksi Rohan segera berdampak pada kesehatan Koichi. Meski akhirnya dikalahkan Josuke dan Okuyasu, pelanggarannya itu diabaikan. Yang lebih aneh lagi, Koichi terus menghabiskan waktu bersamanya atas kemauannya sendiri.

3. Merlin — Seven Deadly Sins
10 Penjahat Anime yang Tobat Ini seharusnya Tetap Jahat

Foto: YouTube

Merlin adalah yang paling misterius. Pengkhianatan Merlin di akhir cerita ini mengejutkan, tapi masuk akal. Terungkap kalau ternyata dia telah melayani Chaos sepanjang waktu dan harus menyingkirkan Raja Iblis yang menjadi penghalang kembalinya Chaos.

Tapi, pengkhianatan yang bagus ini segera jadi kacau begitu Meliodas dan lainnya menebus Merlin. Serial ini tidak memberikan waktu yang cukup bagi Merlin untuk membangun dirinya sebagai penjahat yang kredibel. Ini membuat seluruh lini plot jadi tidak ada artinya.

2. Neferpitou — Hunter x Hunter
10 Penjahat Anime yang Tobat Ini seharusnya Tetap Jahat

Foto: Otakukart

Neferpitou punya perkenalan yang bagus. Dia membunuh Kite, memberikan motivasi bagi Gon untuk masuk lagi ke NGL, dan bahkan membuktikan sebagai tantangan bagi Netero. Dia juga tidak punya penyesalan dan brutal, dengan melakukan lobotomi terhadap Pemburu yang sadar diri.

Sayang, kekejaman Neferpitou jadi kacau ketika melindungi Komugi dari Gon. Kalau peran itu diberikan kepada Shaiapouf atau Youpi, mereka pasti mampu menyerang Gon dalam pertarungan akhir yang memuaskan. Alih-alih, Neferpitou memberikan waktu Gon untuk meningkatkan kekuatannya dan tercekik karenanya.

Baca Juga: 6 Karakter Anime Paling Sombong Ini Suka Bikin Kesal

1. Magath — Attack on Titan
10 Penjahat Anime yang Tobat Ini seharusnya Tetap Jahat

Foto: The News Fletcher

Jenderal Magath seharusnya menjadi perwujudan hati hitam Marley. Dia mengirim Eldia ke kematian mereka dan menolak keberadaan mereka. Dia bahkan menggunakan anak-anak sebagai senjata untuk melancarkan kampanye paling berdarah negaranya.

Meski begitu, Magath diberi momen pertobatan yang tidak layak diterimanya di akhir hayatnya. Sebelum melancarkan serangan terhadap Jaegerist, dia meminta maaf kepada Paradis, dan kemudian mengorbankan dirinya. Akibatnya, Sersan Cross menjadi satu-satunya militan Marley yang mati sebelum tobat. Keberadaannya adalah catatan kaki di serial itu.


(alv)
Share: