Ranking 9 Serial Anime Superhero Terbaik Sepanjang Masa

Rabu, 15 Juni 2022 - 07:30 WIB
loading...
Ranking 9 Serial Anime Superhero Terbaik Sepanjang Masa
Serial anime superhero terbaik tidak melulu dipengaruhi trope superhero Barat. Di antaranya ada yang mengembangkan gaya sendiri dan malah mendominasi genre ini. One Punch Man adalah anime terbaik di genre ini. (Foto: Anime India)
A A A
Serial anime superhero tidak bisa dipandang sebelah mata. Meskipun superhero kerap dilihat di media Barat, tapi, anime juga punya kisahnya sendiri. Anime supehero biasanya punya kedekatan dengan trope superhero ala Marvel atau DC. Tapi, mereka mengembangkan sendiri cerita dan pendekatannya. Inilah yang membuat anime superhero jadi unik.

Secara umum, anime memberikan berbagai setting untuk pahlawan mereka. Dari ruang kelas sampai Jepang masa sejarah atau dunia fantasi, kemungkinannya tidak ada batasannya. Nyatanya, salah satu bagian paling menyenangkan dan menarik dari anime adalah variasinya terhadap genre dan setting. Salah satunya adalah pendekatannya terhadap superhero ala Barat.

Genre superhero didokumentasikan dengan sangat baik di Barat, dari MCU, DCEU, hingga komik dan serial animasi. Tapi, ini juga menarik perhatian para kreator Jepang yang membuat versi mereka sendiri dengan estetika anime uniknya. Bagi kalian yang suka genre superhero dan ingin menjajal anime superhero, MyAnimeList punya rekomendasi anime superhero terbaik sepanjang masa.



9. Ultraman — 6,43
Ranking 9 Serial Anime Superhero Terbaik Sepanjang Masa

Foto: Toku

Ultraman telah melihat banyak ketertarikan dalam beberapa tahun terakhir. Terutama, setelah kolaborasi Ultraman dengan Marvel dimulai. Anime klasik dari 1980-an ini berkisah tentang seorang pahlawan yang dirasuki alien bernama Ultraman, yang melawan monster alien yang mengancam bumi.

Serial animasinya sangat 80-an. Ceritanya juga duduk di gaya “monster pekan ini” selama beberapa saat. Tapi, tidak bisa diragukan kalau Ultraman adalah klasik dan superhero yang mengembangkan pengikut di berbagai belahan dunia dengan lagu opening serta ending yang sangat catchy.

8. Heroman — 6,82
Ranking 9 Serial Anime Superhero Terbaik Sepanjang Masa

Foto: IMDb

Anime ini punya koneksi dengan Marvel. Heroman adalah kolaborasi antara Stan Lee dan Ota Tamon dari awal 2010. Ceritanya ber-setting di California, di mana Joey Jones memperbaiki dan kemudian menjadi pengendali robot bernama Heroman.

Cerita ini memang tidak sepenuhnya asli. Heroman memberikan ide menarik dari otak salah satu kreator komik terhebat. Anime ini mungkin memperlihatkan kemungkinan menjembati celah antara ide superhero Timur dan Barat.

7. Zetman — 6,86
Ranking 9 Serial Anime Superhero Terbaik Sepanjang Masa

Foto: Anime Planet

Entri seinen ke genre superhero buatan TMS Entertainment pada 2012 ini jelas layak ditonton. Zetman adalah cerita yang dikisahkan mundur. Anime ini dimulai dengan perpecahan dua sahabat dan membawa penontonnya untk melihat bagaimana perpecahan itu terjadi. Mengisahkan cerita ini berlaku sebagai komentar terhadap betapa sulitnya menentukan apa keadilan itu.

Anime ini berkisah tentang superhero dengan sisi konflik personal. Zetman mungkin kembali ke karakter Marvel dan DC yang lebih suram. Anime ini punya cerita yang berpusat hasil keputusan mereka dan efeknya yang bertentangan dengan menyelamatkan hari.

6. Samurai Flamenco — 6,89
Ranking 9 Serial Anime Superhero Terbaik Sepanjang Masa

Foto: My Shiny Toy Robots

Anime ini tergolong salah satu anime underrated. Samurai Flamenco berfokus pada Masayoshi Hazama, seorang pria yang terobsesi dengan superhero sampai dia mengambil mantel Samurai Flamenco begitu dia selesai dengan pekerjaan hariannya sebagai model. Dia tidak punya kekuatan, tapi dia ingin melakukan hal baik.

Sebagai dekonstruksi genre superhero, Samurai Flamenco adalah pendekatan menarik yang mungkin agak kurang. Tapi, anime ini layak ditonton. Dengan premis yang benar-benar berbeda, anime ini punya aspek dekonstruksi yang mungkin mempengaruhi sejumlah entri yang lebih kontemporer di sini.

5. Punch Line — 6,94
Ranking 9 Serial Anime Superhero Terbaik Sepanjang Masa

Foto: Rice Digital

Setelah diselamatkan seorang superhero, Yuuta Iridatsu menemukan dirinya didampingi Chiranosuke, seekor roh kucing yang bisa mendapatkan kekuatan cukup untuk menghancurkan dunia kalau kebanyakan menlihat celana dalam. Ini adalah premis Punch Line. Anime buatan MAPPA pada 2015 ini berhasil mengangkat premis ini di 12 episodenya.

Anime ini adalah panggilan balik terhadap gaya bercerita Haruhi Suzumiya. Punch melakukan banyak hal tepat. Ratingnya di MAL mengindikasikan kalau anime ini layak ditonton.

4. Cyborg 009: The Cyborg Soldier — 7,26
Ranking 9 Serial Anime Superhero Terbaik Sepanjang Masa

Foto: RetroCrush

Cyborg 009 adalah cerita tentang sembilan cyborg kuat dengan kekuatan berebda. Mereka berusaha menghentikan penjahat Black Ghost yang ingin memulai perang dunia baru. Masing-masing membawa kekuatan dan kepribadian berbeda di tiap petarungan. Anime ini adalah pendekatan menarik terhadap peleburan antara Astroboy dan tim superhero Barat seperti Avengers atau X-Men.

Dirilis awal 2000-an, anime ini menderita episode filler. Animasi atau desain karakternya juga tidak setajam anime saat ini. Tapi, anime ini adalah klasik dan layak mendapatkan rating tinggi. Anime ini juga layak ditonton karena ending-nya, yang disebut sebagai salah satu ending terbaik di sejarah anime.

3. Tiger & Bunny — 7,89
Ranking 9 Serial Anime Superhero Terbaik Sepanjang Masa

Foto: Digital Mafia Talkies

Anime ini debut pada musim semi 2011. Meski sejumlah animasinya terlihat menua, anime ini terus menjadi populer. Kekuatan Tiger & Bunny terletak pada karakter utamanya, yang keluar dan simpatik. Ceritanya berfokus pada Kotetsu Kaburagi alias Tiger, seorang pahlawan fiktif yang dipaksa bertim dengan pahlawan terbaru bernama Barnaby Brooks Jr. alias Bunny.

Jantung cerita ini jelas adalah Kotetsu. Pasang surut hidupnya sebagai pahlawan tua, mitra barunya, dan hubungannya dengan putrinya yang berusia 10 tahun muncul di anime ini. Tiger & Bunny, dulunya, adalah penyegaran di anime superhero. Anime ini mengangkat konsep ranking dan pahlawan yang menua beberapa tahun sebelum My Hero Academia dimulai.

2. My Hero Academia — 7,96
Ranking 9 Serial Anime Superhero Terbaik Sepanjang Masa

Foto: Looper

Shounen-ifikasi genre superhero mencapai puncak barunya di My Hero Academia. Di dunia di mana semua orang punya kekuatan bernama Quirk, Izuku Midoriya adalah anomali dan tidak punya kekuatan itu. Sampai akhirnya pahlawan kondang bernama All Might mendeklarasikan Izuku sebagai penggantinya dan menawari Izuku Quirk-nya.

Itu adalah premis langsung dari komik. Tapi, masuknya sosok mentor, teman sekelas, profesionalisasi pahlawan sebagai karier dan mata pelajaran, serta aspek lainnya membuat serial ini jadi menarik. Kreator serial ini tidak malu untuk mengakui pengaruh kuat komik Barat terhadap desain karakter, setting, dan premisnya. Tapi, karena serial ini hidup sendiri, My Hero Academia benar-benar merangkul kualitas shounen tanpa melangkah lebih jauh dari akar Barat-nya.



1. One Punch Man — 8,51
Ranking 9 Serial Anime Superhero Terbaik Sepanjang Masa

Foto: Devdiscourse

Tidak mengejutkan kalau One Punch Man bakal menduduki peringkat pertama. Sejak dirilis pada 2015, anime ini sudah mendominasi genre ini. Bukan hanya karena animasinya, tapi premis ceritanya yang mudah membuat para penonton jadi penasaran. Selain itu, cukup mudah untuk jatuh cinta pada karakter lainnya, dari Genos sampai Mumen Rider, yang berjuang lebih banyak ketimbang Saitama.

Mengangkat ide superhero dan mengaplikasikan logika anime, One Punch Man benar-benar tepat dengan menampilkan karakter yang benar-benar bisa mengalahkan semua orang hanya dengan satu pukulan. Seiring berjalannya cerita, penggemar juga diperlihatkan depresi Saitama akibat terlalu kuat dan bagaimana itu mempengaruhi keputusannya ke depan. Tak bisa dimungkiri, One Punch Man adalah salah satu serial yang paling menghibur di genre superhero.
(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2523 seconds (0.1#10.140)