Ranking 9 Serial Anime Superhero Terbaik Sepanjang Masa

Rabu, 15 Juni 2022 - 07:30 WIB
loading...
Ranking 9 Serial Anime Superhero Terbaik Sepanjang Masa
Serial anime superhero terbaik tidak melulu dipengaruhi trope superhero Barat. Di antaranya ada yang mengembangkan gaya sendiri dan malah mendominasi genre ini. One Punch Man adalah anime terbaik di genre ini. (Foto: Anime India)
A A A
Serial anime superhero tidak bisa dipandang sebelah mata. Meskipun superhero kerap dilihat di media Barat, tapi, anime juga punya kisahnya sendiri. Anime supehero biasanya punya kedekatan dengan trope superhero ala Marvel atau DC. Tapi, mereka mengembangkan sendiri cerita dan pendekatannya. Inilah yang membuat anime superhero jadi unik.

Secara umum, anime memberikan berbagai setting untuk pahlawan mereka. Dari ruang kelas sampai Jepang masa sejarah atau dunia fantasi, kemungkinannya tidak ada batasannya. Nyatanya, salah satu bagian paling menyenangkan dan menarik dari anime adalah variasinya terhadap genre dan setting. Salah satunya adalah pendekatannya terhadap superhero ala Barat.

Genre superhero didokumentasikan dengan sangat baik di Barat, dari MCU, DCEU, hingga komik dan serial animasi. Tapi, ini juga menarik perhatian para kreator Jepang yang membuat versi mereka sendiri dengan estetika anime uniknya. Bagi kalian yang suka genre superhero dan ingin menjajal anime superhero, MyAnimeList punya rekomendasi anime superhero terbaik sepanjang masa.



9. Ultraman — 6,43
Ranking 9 Serial Anime Superhero Terbaik Sepanjang Masa

Foto: Toku

Ultraman telah melihat banyak ketertarikan dalam beberapa tahun terakhir. Terutama, setelah kolaborasi Ultraman dengan Marvel dimulai. Anime klasik dari 1980-an ini berkisah tentang seorang pahlawan yang dirasuki alien bernama Ultraman, yang melawan monster alien yang mengancam bumi.

Serial animasinya sangat 80-an. Ceritanya juga duduk di gaya “monster pekan ini” selama beberapa saat. Tapi, tidak bisa diragukan kalau Ultraman adalah klasik dan superhero yang mengembangkan pengikut di berbagai belahan dunia dengan lagu opening serta ending yang sangat catchy.

8. Heroman — 6,82
Ranking 9 Serial Anime Superhero Terbaik Sepanjang Masa

Foto: IMDb

Anime ini punya koneksi dengan Marvel. Heroman adalah kolaborasi antara Stan Lee dan Ota Tamon dari awal 2010. Ceritanya ber-setting di California, di mana Joey Jones memperbaiki dan kemudian menjadi pengendali robot bernama Heroman.

Cerita ini memang tidak sepenuhnya asli. Heroman memberikan ide menarik dari otak salah satu kreator komik terhebat. Anime ini mungkin memperlihatkan kemungkinan menjembati celah antara ide superhero Timur dan Barat.

7. Zetman — 6,86
Ranking 9 Serial Anime Superhero Terbaik Sepanjang Masa

Foto: Anime Planet

Entri seinen ke genre superhero buatan TMS Entertainment pada 2012 ini jelas layak ditonton. Zetman adalah cerita yang dikisahkan mundur. Anime ini dimulai dengan perpecahan dua sahabat dan membawa penontonnya untk melihat bagaimana perpecahan itu terjadi. Mengisahkan cerita ini berlaku sebagai komentar terhadap betapa sulitnya menentukan apa keadilan itu.

Anime ini berkisah tentang superhero dengan sisi konflik personal. Zetman mungkin kembali ke karakter Marvel dan DC yang lebih suram. Anime ini punya cerita yang berpusat hasil keputusan mereka dan efeknya yang bertentangan dengan menyelamatkan hari.

6. Samurai Flamenco — 6,89
Ranking 9 Serial Anime Superhero Terbaik Sepanjang Masa

Foto: My Shiny Toy Robots

Anime ini tergolong salah satu anime underrated. Samurai Flamenco berfokus pada Masayoshi Hazama, seorang pria yang terobsesi dengan superhero sampai dia mengambil mantel Samurai Flamenco begitu dia selesai dengan pekerjaan hariannya sebagai model. Dia tidak punya kekuatan, tapi dia ingin melakukan hal baik.

Sebagai dekonstruksi genre superhero, Samurai Flamenco adalah pendekatan menarik yang mungkin agak kurang. Tapi, anime ini layak ditonton. Dengan premis yang benar-benar berbeda, anime ini punya aspek dekonstruksi yang mungkin mempengaruhi sejumlah entri yang lebih kontemporer di sini.

5. Punch Line — 6,94
Ranking 9 Serial Anime Superhero Terbaik Sepanjang Masa

Foto: Rice Digital

Setelah diselamatkan seorang superhero, Yuuta Iridatsu menemukan dirinya didampingi Chiranosuke, seekor roh kucing yang bisa mendapatkan kekuatan cukup untuk menghancurkan dunia kalau kebanyakan menlihat celana dalam. Ini adalah premis Punch Line. Anime buatan MAPPA pada 2015 ini berhasil mengangkat premis ini di 12 episodenya.

Anime ini adalah panggilan balik terhadap gaya bercerita Haruhi Suzumiya. Punch melakukan banyak hal tepat. Ratingnya di MAL mengindikasikan kalau anime ini layak ditonton.

4. Cyborg 009: The Cyborg Soldier — 7,26
Ranking 9 Serial Anime Superhero Terbaik Sepanjang Masa

Foto: RetroCrush
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1699 seconds (0.1#10.140)