10 Plot Hole yang Diabaikan di Doctor Strange in the Multiverse of Madness

Kamis, 02 Juni 2022 - 09:27 WIB
loading...
10 Plot Hole yang Diabaikan di Doctor Strange in the Multiverse of Madness
Banyak plot hole muncul di film Doctor Strange in the Multiverse of Madness. Tapi, meski diabaikan sebagian besar penonton, plot hole ini tetap terlihat nyata. (Foto: Marvel)
A A A
Plot hole di film Doctor Strange in the Multiverse of Madness mungkin diabaikan penonton. Tapi, bukan berarti plot hole ini bisa dihindari begitu saja. Karena keberadaannya, banyak pertanyaan pun muncul dari film tersebut.

Memang, tidak mudah mencari film tanpa plot hole. Terlebih, di film dengan semesta yang sama seperti Marvel Cinematic Universe (MCU) ini. Hampir di setiap filmnya, selalu ada plot hole dari level biasa sampai mengganggu karena memunculkan ketidakkonsistensian.

Doctor Strange in the Multiverse of Madness adalah film yang bagus. Tapi, itu tidak tanpa plot hole. Banyak lubang plot yang mungkin diabaikan para penontonnya. Tapi, bagi pengamat dan penggemar garis keras, plot hole ini terlihat nyata dan memunculkan pertanyaan yang lumayan kritis terhadap MCU secara keseluruhan. Plot hole apa saja di Doctor Strange in the Multiverse of Madness? Mengutip CBR, simak ulasan berikut ini!



10. Bagaimana Billy dan Tommy eksis?
10 Plot Hole yang Diabaikan di Doctor Strange in the Multiverse of Madness

Twist besar di WandaVision adalah Wanda tidak benar-benar punya anak. Dia menciptakan mereka dengan kekuatan sihirnya. Sementara masuk akal kalau dia tidak bisa punya anak bersama Vision yang bukan manusia, Multiverse of Madness memuculkan pertanyaan yang penting: bagaimana Wanda di semesta lain punya anak?

Anak-anak itu sama dengan anak yang dipunyai Wanda dan Vision di Earth-616. Tapi, anak-anak ini nyata. Penonton tidak pernah melihat siapa ayah mereka dan tidak tahu apakah Wanda semesta lain punya jalan untuk punya anak sendiri atau mereka juga hasil sihir. Di komik, Billy dan Tommy akhirnya menjadi anggota Young Avengers. Tim itu diperkirakan akan diperkenalkan MCU.

9. Apa nama superhero Wanda sebelum film ini?
10 Plot Hole yang Diabaikan di Doctor Strange in the Multiverse of Madness

Multiverse of Madness membangunn Wanda yang merangkul titel Scarlet Witch sebagai bagian darinya yang menjadi karakter lebih gelap. Tapi, nama superhero Wanda selalu Scarlet Witch di komik. Ini menyebabkan penggemar MCU pun bertanya-tanya.

Apakah nama yang dipakai Wanda sebelumnya? Apa dia tidak punya kodenama saat di Avengers? Apakah dia hanya disebut Wand sementara yang lain punya kode nama rahasia berbeda? Sepertinya itu adalah pelanggaran keamanan yang tidak diperlukan meskipun identitasnya dikenal publik.

8. Apa yang terjadi pada Maria Rambeau?
10 Plot Hole yang Diabaikan di Doctor Strange in the Multiverse of Madness

Salah satu momen terbesar di Multiverse of Madness adalah pertarungan Wanda melawan anggota Illuminati. Satu per satu, mereka disapu Wanda dengan cara yang brutal. Wanda membunuh Black Bolt, Reed Ricards, Captain Carter, dan Professor X.

Tapi ada satu orang yang tidak masuk akal yang dibunuh Wanda. Dia adalah Maria Rambeau alias Captain Marvel di Earth-838. Maria punya kekuatan seperti Carol Danvers, dan ketahanan Carol pun sudah sangat kondang. Sebuah patung yang jatuh ke atas dirinya seharusnya tidak cukup membunuhnya. Kalau iya, apa yang melemahkan kekuatan Maria?

7. Mengapa tidak ada Wanda lain yang mencari Darkhold?
10 Plot Hole yang Diabaikan di Doctor Strange in the Multiverse of Madness

Multiverse of Madness menunjukkan dua penyihir yang tertarik dengan kekuatan Darkhold. Mereka adalah Wanda Maximoff-nya MCU dan Stephen Strange dari Earth-838. Tapi, mengapa tidak ada Wanda lain di multiverse yang mengingingkan Darkold dan menyelewengkan kekuatannya?

Apa yang membuat Wanda ini istimewa dibandingkan Wanda lain di seluruh multiuverse? Darkhold itu bisa memberikan kekuatan sihir luar biasa kepada penyihir mana pun. Tapi, mengapa tidak ada Wanda lain yang mencari buku itu? Dan, tidak satu pun dari mereka yang jadi ancaman terhadap multiverse?

6. Mengapa Illuminati tidak memprioritaskan Wanda?
10 Plot Hole yang Diabaikan di Doctor Strange in the Multiverse of Madness

Illuminati membuat dirinya menjadi lelucon dalam obrolan pertama mereka dengan Doctor Strange. Grup itu menganggap Strange sebagai satu-satunya ancaman yang harus mereka akui. Itu karena Doctor Strange di dunia mereka telah menyebabkan inkursi.

Itu bukan keputusan yang benar-benar buruk. Tapi, harus dibayar mahal. Alih-alih bekerja sama dengan Strange baru yang berusaha membantu mereka, Illuminati memilih melawannya. Tidak ada yang salah dengan itu, kecuali Strange yang ini tidak punya Darkhold. Yang punya Wanda. Ancamannya adalah siapa pun yang punya Darkhold. Meremehkan Wanda membuat mereka meregang nyawa.

5. Apa yang terjadi pada Vision?
10 Plot Hole yang Diabaikan di Doctor Strange in the Multiverse of Madness

Tragedi hidup Wanda bukan hanya karena dia kehilangan anak-anak, tapi dia juga kehilangan suaminya, Vision. Makanya momen yang memuaskan ketika dia menyerang Thanos atas apa yang dilakukan variannya di lini masa sebelumnya. Tapi, setelah WandaVision, Vision tidak lagi mati.

Meski sekarang ada di tubuh baru, dia punya memori Vision lama. Alih-alih membantu menenangkan Wanda, Vision ini malah menghilang dan belum pernah muncul lagi di MCU. Yang lebih buruk, Wanda tahu Vision baru ini dan tidak berusaha mencarinya.

4. Mengapa Wong masih jadi Penyihir Agung?
10 Plot Hole yang Diabaikan di Doctor Strange in the Multiverse of Madness

Pada akhir film, Wong masih menjadi Penyihir Agung. Tapi, Marvel tidak pernah menjelaskan mengapa. Penonton diberitahu kalau Stephen Strange kehilangan julukan Penyihir Agung ketika dia menghilang selama 5 tahun akibat jentikan jari Thanos.

Saat kembali, Stephen tidak butuh waktu lama untuk membuktikan dirinya sebagai penyihir paling berbakat. Dia bertanggung jawab menghentikan Wanda sebelum dia lepas kendali dan sepertinya tidak benar-benar kehilangan titel Penyihir Agung. Bukannya Stephen seharusnya mendapatkan titel kembali?

3. Mengapa film ini mengambil penamaan semesta Marvel komik?
10 Plot Hole yang Diabaikan di Doctor Strange in the Multiverse of Madness

Ada poin di Multiverse of Madness yang diperhatikan setiap penggemar komik. Pada satu titik, film itu menyebut buminya Illuminati sebagai Earth-838. Sedangkan, buminya MCU dinamai Earth-616.

Penamaan itu berasal dari Bumi Semesta Marvel di komik. Itu sepertinya adalah teriakan terhadap Semesta Marvel. Tapi, ini juga menciptakan masalah kecil. Itu artinya, Bumi Komik Marvel tidak bisa eksis di multiverse yang sama dengan MCU. Agak lebih mudah kalau bumi MCU adalah Earth-19999.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3030 seconds (0.1#10.140)