10 Rekomendasi Serial Anime Terbaik di Bawah 30 Episode

10 Rekomendasi Serial Anime Terbaik di Bawah 30 Episode
Sejumlah serial anime bagus bisa berjalan sepanjang ratusan episode. Tapi, ada juga yang mampu memberi kesan audiens mereka hanya dengan episode di bawah 30. (Foto: Funimation)
Anime di bawah 30 episode sepertinya tidak akan terlalu memuaskan. Namun, anime dengan jumlah episode sedikit dan langsung tamat ini adalah yang dibutuhkan orang ketika mencari hiburan di waktu senggang yang tidak banyak. Misalnya, untuk menghabiskan akhir pekan dan lagi gabut.

Memang, sebagian besar anime populer punya lebih dari 30 episode, bahkan ratusan. Tapi, itu tidak mengurangi keseruan dan kelengkapan serial-serial di bawah 30 episode ini. Beberapa di antaranya justru menjadi klasik dan masuk daftar wajib ditonton.

Buat orang-orang yang sibuk atau pemula yang mencari tontonan anime yang pendek tapi bagus, ada banyak pilihan di luar sana. Berbagai genre pun ada, dari shounen, seinen, shoujo, dan lain-lain. Apa saja anime terbaik di bawah 30 episode? Mengutip CBR, berikut rekomendasinya!

Baca Juga: 6 Karakter Anime Cowok Tsundere yang Disukai Penggemar

10. Dororo — 24 Epsiode
10 Rekomendasi Serial Anime Terbaik di Bawah 30 Episode

Berjalan sepanjang 24 episode, anime ini mengangkat tema supranatural dan konflik dalam keluarga yang berkepanjangan. Anime ini mengisahkan perjuangan seorang bocah yang menjadi korban tumbal ayahnya. Sepanjang hidup, dia harus mencari iblis dan monster untuk mendapatkan kembali bagian-bagian tubuhnya yang ditimbulkan.

Anime ini diangkat dari manga klasik karya Ozamu Tezuka. Studio MAPPA mengadaptasi manga ini menjadi sebuah serial yang penuh hiburan, thriller, dan drama thriller. Konklusinya cukup jelas meski banyak yang berharap ada lanjutannya.

9. Ouran High School Host Club — 26 Episode
10 Rekomendasi Serial Anime Terbaik di Bawah 30 Episode

Kalau ada shoujo yang harus ditonton sekali seumur hidup, maka anime ini adalah jawabannya. Penggemar berat anime ini sudah menantikan season 2-nya. Tapi, sepertinya itu tidak akan pernah dibuat. Selalu mendapatkan penggemar, sepertinya, anime ini tidak akan pernah kehilangan popularitas.

Anime sepanjang 26 episode ini mengisahkan tentang Haruhi Fujioka setelah dia melintasi Host Club. Secara tidak sengaja, dia memecahkan vas dan akhirnya berutang banyak ke klub itu. Karena para anggota klub itu tidak tahu kalau Haruhi adalah seorang cewek, mereka merekrutnya sebagai host baru untuk menebus utang itu. Berbagai kejadian aneh terjadi di saat Haruhi belajar menjadi host dan anggota klub itu akhirnya tahu kalau dia adalah seorang cewek.

8. Kamisama Kiss — 25 Episode
10 Rekomendasi Serial Anime Terbaik di Bawah 30 Episode

Anime ini berjalan sepanjang 25 episode Dan punya 2 OVA. Anime shojo ini bukan romansa SMA biasa. Anime ini mengisahkan tentang Nanami, siswi SMA yang diusir dari rumahnya. Saat menggelandang di jalanan, seorang pria aneh menjadikannya sebagai dewa tanah.

Nanami kemudian melintasi sebuah kuil. Dia tidak tahu kalau itu adalah rumah barunya. Dari situ, banyak kejadian supranatural terjadi. Namami dan asistennya, Tomoe, pelan-pelan saling jatuh cinta. Nanami belajar untuk beradaptasi di dunia supranatural, sementara Tomoe belajar berasimilasi dengan manusia.

7. The Devil Is a Part-Timer — 13 Episode
10 Rekomendasi Serial Anime Terbaik di Bawah 30 Episode

Semetara ini bukanlah satu-satunya anime pendek dengan judul setan, anime ini adalah yang paling absurd dan kocak. Anime ini bercerita tentang Setan itu sendiri. Tapi, alih-alih berada di Neraka, Setan berjalan di antara makhluk hidup setelah nyaris kalah dalam sebuah pertempuran.

Sekarang, Setan dipaksa bekerja di sebuah restoran fast food McDonald’s versi anime. Dari situlah komedi pun muncul. Komedi ini juga menjadi komentar terhadap seperti apa bekerja dengan upah minimum dan seperti apa rasanya Neraka di tengah makhluk hidup.

6. Berserk — 25 Episode
10 Rekomendasi Serial Anime Terbaik di Bawah 30 Episode

Semua orang yang pernah nonton anime atau membaca manga Berserk tahu kalau ini adalah salah satu cerita tergelap dan paling bejat. Yang mana jadi lebih ironis karena studio yang sama juga membuat serial asli Pokemon. Di balik kebejatan yang memberikan nyawa terhadap lini cerita puitis itu, inti anime itu berfokus pada berkembangnya dan matinya persahabatannya antara Guts dan Griffith yang diam-diam jahat.

Studio itu hanya punya kesempatan untuk menganimasikan Busur Era Emas dan sejumlah Pendekar Pedang Hitam sebelum produksinya dihentikan. Penggemar hanya diberi 25 episode sebelum anime itu berakhir dengan cliffhanger. Tapi, kalau ada yang mau mendapatkan perkenalan visual ke manga yang masih berjalan, anime 1997 adalah titik awal yang bagus. Karena anime ini belum selesai, sejumlah penggemar berharap Madhouse Studios akan meneruskannya.

5. Baccano — 16 Episode
10 Rekomendasi Serial Anime Terbaik di Bawah 30 Episode

Ada banyak anime yangn meminjam elemen dari hiburan pop culture barat mainstream—buatan Amerika Serikat. Serial seperti Attack on Titan atau Cowboy Bebop pas dengan narasi ini. Tapi, tidak satu pun yang benar-benar barat atau Amerika seperti Baccano.

Bagi mereka yang akrab dengan budaya Amerika, akan dengan mudah menerima anime yang menggabungkan budaya ini. Hanya dengan 16 episode, anime ini menyajikan cerita seru yang berasal dari tiga lini masa berbeda. Jika kalian masih gegar multiverse gara-gara Doctor Strange 2, anime ini pas buat kalian.

4. Erased — 29 Episode
10 Rekomendasi Serial Anime Terbaik di Bawah 30 Episode

Semua orang suka misteri yang bagus di era di mana dokumenter true crime ada di mana-mana. Tapi, mengganti cerita itu di aliran sci-fi adalah ketika semuanya jadi menarik. Inilah yang berhasil diselesaikan Erased di 12 episode.

Anime ini mengisahkan tentang Satoru Fujinuma, 29, yang mengalami fenomena yang disebut Pemulihan. Fenomena ini membawanya kembali ke masa lalu untuk mencegah tragedi. Ketika dia menemukan mayat ibunya dan dituduh membunuhnya, ceritanya jadi drama detektif ketika dia kembali ke masa kanak-kanaknya untuk menemukan pelaku pembunuhan itu.

3. Devilman Crybaby — 10 Episode
10 Rekomendasi Serial Anime Terbaik di Bawah 30 Episode

Meski judulnya seperti itu, anime itu masih berhasil menghadirkan cerita yang gelap. Sekilas, anime ini seperti anime standar yang padat aksi dengan fantasi ringan dan humor. Persahabatan antara Akira dan Ryo berada di jantung anime ini.

Tidak butuh waktu lama sebelum anime ini jadi gelap dan berubah menjadi ide nihilistik yang menghasilkan perang, kematian, kefanatikan, dan sadis. Ending-nya pun manis pahit. Anime ini dengan baik melakukan itu semua hanya dengan 10 episode.
halaman ke-1
Share: