10 Anime Shounen yang Wajib Ditonton Sekali Seumur Hidup

10 Anime Shounen yang Wajib Ditonton Sekali Seumur Hidup
Shounen adalah salah satu genre anime terbesar dan paling populer di antara penggemar. Dengan begitu banyak serial yang bagus, sulit untuk memilih yang terbaik. (Foto: KOMBO/IMDb)
Anime shounen adalah anime yang paling populer di antara genre lain. Secara umum, dunia anime bisa dibagi menjadi empat demografi utama, yaitu shounen, shoujo, seinen, dan josei. Masing-masing punya atribusi unik dan judul populer yang bisa dinikmati penonton berdasarkan usia mereka.

Di antara genre ini, shounen adalah yang paling “mudah” untuk diikuti. Tak heran jika kemudian banyak judul dari genre ini yang jadi sangat populer dan bahkan punya fanbase besar di mana-mana. Shounen menyasar penonton cowok berusia muda antara 12-18 tahun dengan cerita yang biasanya bisa diikuti sampai penonton itu dewasa.

Mereka yang sedang melihat-lihat dan ingin mencoba shounen bisa menonton sejumlah judul yang harus ditonton. Judul-judul ini adalah serial yang sangat berkualitas yang seharusnya tidak terlewatkan atau serial yang menunjukkan bagaimana shounen itu. One Piece tidak akan masuk daftar harus ditonton karena episodenya yang sudah terlalu panjang dan tidak selesai-selesai meski menarik. Jadi, anime shounen apa saja yang harus ditonton sekali seumur hidup? Mengutip CBR, berikut rekomendasinya!

Baca Juga: 6 Karakter Anime yang Sering Terlihat Memakai Topi

10. Naruto
10 Anime Shounen yang Wajib Ditonton Sekali Seumur Hidup

Hampir setiap penggemar anime pasti pernah mendengar Naruto. Serial ini adalah anggota tiga besar klasik shounen pada 2000-an. Nyatanya, banyak serial anime lain atau serial televisi Barat yang mereferensi Naruto. Penggemar yang penasaran pun akhirnya tertarik ketika mereka mulai menonton serial ini.

Penggemar shounen harus nonton serial yang lebih pendek kalau mau memulai nonton shounen. Tapi, mereka bisa membuat pengecualian untuk Naruto, terutama kalau mereka menghilangkan semua filler untuk menyingkat waktu nonton. Penggemar baru akan tahu mengapa fandom anime suka dengan cerita padat aksi Naruto Uzumaki dan misinya untuk menjadi Hokage.

9. Bleach
10 Anime Shounen yang Wajib Ditonton Sekali Seumur Hidup

Manga hit karya Tite Kubo, Bleach, adalah salah satu anggota tiga besar asli, bersama Naruto dan One Piece. Sementara, One Piece jelas terlalu berat untuk perkenalan di anime shounen untuk penggemar baru—episodenya sudah terlalu banyak, penggemar bisa mencoba Bleach kalau mereka membuang filler-nya. Dengan begitu, mereka akan mendapatkan cerita yang lebih teratur dan mengalir dengan enak.

Ichigo Kurosaki bertugas membunuh roh jahat bernama Hollow. Dia juga harus pergi ke dunia roh untuk menyelamatkan hari. Cerita ini menampilkan karakter yang menyenangkan. Di dalamnya, ada elemen isekai ringan dan isekai terbalik.

8. Dr. Stone
10 Anime Shounen yang Wajib Ditonton Sekali Seumur Hidup

Setiap penggemar anime shounen atau biasa harus nonton Dr. Stone setidaknya sekali. Kalau mereka suka, mereka bisa terus mengikuti cerita ini di manga-nya yang sudah tamat. Dongeng shounen yang mengagumkan ini mewujudkan nilai-nilai klasik seperti kekuatan persahabatan dan kebajikan keberanian serta harapan. Tapi, bukan hanya itu yang mereka tawarkan.

Dr. Stone juga merupakan serial edutainment yang mengajarkan segala macam sains keren dalam satu paket apik. Anime ini juga punya setting dan premis yang cukup unik. Pahlawannya, ilmuwan muda, Senku Ishigami, harus menggunakan otak cerdasnya dan menciptakan ulang kemanusiaan setelah gelombang energi misterius mengubah semua umat manusia menjadi batu di zaman batu baru.

7. My Hero Academia
10 Anime Shounen yang Wajib Ditonton Sekali Seumur Hidup

My Hero Academia sekarang sudah lebih besar dan lebih baik. Penggemar supehero atau action harus nonton serial ini kalau belum. Sejumlah penggemar menganggap My Hero Academia adalah bagian dari tiga besar baru tidak resmi. Tidak sulit melihat alasannya.

Serial ini bercerita tentang Izuku Midoriya dan misinya menjadi propahlawan nomor 1 baru. Untuk mencapainya, dia harus melawan meningkatnya gelombang kejahatan dan kemunculan penjahat. Cerita ini punya semua—dari kegilaan SMA, tribute untuk Marvel/DC, adegan action menarik, dan bahkan drama serta humor solid.

6. Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba
10 Anime Shounen yang Wajib Ditonton Sekali Seumur Hidup

Semua orang di fandom anime membahas Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba untuk alasan yang bagus. Seperti My Hero Academia, serial ini punya materi “tiga besar” dan punya daya tarik besar terhadap penggemar anime. Manga aslinya laris dan bahkan penggemar non-anime pun pernah mendengarnya.

Kimetsu no Yaiba menampilkan animasi mengagumkan dari UFOtable. Anime ini punya palet warna indah, karakter menarik dan menawan, humor solid, dan yang terpenting, adegan action luar biasa yang mengadu pembasmi iblis melawan monster pemakan daging. Film Mugen Train juga terjual dengann luar biasa di Jepang dan luar negeri.

5. Jujutsu Kaisen
10 Anime Shounen yang Wajib Ditonton Sekali Seumur Hidup

Jujutsu Kaisen menjadi bagian dari tiga besar tak resmi shounen modern. Penggemar menyukainya karena serial ini asyik. Seperti Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba, anime ini menampilkan anime yang sangat keren, karakter yang menarik, sistem pertarungan yang apik, dan sejumlah bobot dramatis yang tidak diduga tapi masih bisa diterima.

Siapa pun yang ingin menjadi bagian dari obrolan shounen mainstream harus nonton Jujutsu Kaisen. Mereka akan mellihat mengapa serial ini digandrungi. Seperti Demon Slayer, Jujutsu Kaisen juga punya film bagus yang juga laris manis.

4. JoJo's Bizarre Adventure
10 Anime Shounen yang Wajib Ditonton Sekali Seumur Hidup

Anime shounen kondang, JoJo’s Bizarre Adventure ada di mana-mana. Banyak penggemar anime yang sudah nonton serial ini dan ingin membahasnya. JoJo’s juga telah menginspirasi banyak meme internet dan referensi budaya pop dari “Itu aku, Dio!” sampai “Delapan detik sudah berlalu!”

Anime ini adalah pengalaman unik yang harus ditonton untuk dipercayai. Anime ini punya semua bahan dasar anime action shounen. Tapi, serial ini membumbuinya dengan adegan pertarungan berbasis Stand yang benar-benar kreatif, humor aneh, dan sejumlah momen legendaris yang akan selalu diingat fandom anime.

3. Hunter x Hunter
10 Anime Shounen yang Wajib Ditonton Sekali Seumur Hidup

Serial kondang Hunter x Hunter memang agak panjang. Tapi di sisi plusnya, serial ini punya relatif sedikit konten filler, dan tidak sepanjang serial bebas filler seperti Naruto atau Bleach. Sisi jelekya, itu karena serial ini terkenal suka hiatus. Meski begitu, ini tidak menodai konten yang sudah dirilis.

Hunter x Hunter adalah karya dari mangaka yang sama seperti pembuat Yu Yu Hakusho. Serial ini penuh warna dan cerita yang asyik dengan sistem pertarungan yang berdasarkan Nen. Anime ini menampilkan bocah pembunuh terkenal Killua Zoldyck, penjahat kondang Meruem, badut jahat Hisoka Morrow, dan lain-lain.
halaman ke-1
Share: