Apakah Wanda Maximoff Benar-benar Jahat di Jagat Marvel?

Jum'at, 06 Mei 2022 - 23:11 WIB
loading...
Apakah Wanda Maximoff Benar-benar Jahat di Jagat Marvel?
Wanda Maximoff alias Scarlet Witch adalah salah satu karakter paling abu-abu di Marvel Cinematic Universe (MCU). Dia tidak bisa dikatakan baik atau pun jahat. (Foto: Games Radar)
A A A
Wanda Maximoff menjadi fokus di Doctor Strange in the Multiverse of Madness . Seperti yang sudah ditebak ketika pemerannya, Elizabeth Olsen diumumkan terlibat di film ini, Wanda adalah antagonisnya. Namun, apakah Wanda memang selalu jahat?

Sejak diperkenalkan di Marvel Cinematic Universe (MCU) lewat Avengers: Age of Ultron, Wanda memang berdiri di atas area abu-abu. Awalnya, dia membantu Ultron untuk mewujudkan rencananya. Namun, di tengah jalan, dia membelot dan berpihak ke kubu Avengers.

Di Captain America: Civil War, Wanda berkubu pada Captain America dan turut bertempur melawan kubu Iron Man. hidupnya sepertinya mulai membaik setelah dia menjalin cinta dengan Vision. Sayang, itu tidak lama. Thanos hadir dan membunuh Vision di Infinity War.



Pasca-Endgame, Wanda yang putus asa, patah hati, berduka, dan marah, menyandera seluruh warga Westview. Dia membuat realitasnya sendiri di mana dia hidup bahagia bersama Vision dan dua anak yang dia ciptakan dari pikirannya. Kehadiran Agatha mengacaukan kebahagiaan semu Wanda. Pada akhirnya, dia pun terpaksa melepaskan belenggunya di Westview setelah berubah menjadi Scarlet Witch.
Apakah Wanda Maximoff Benar-benar Jahat di Jagat Marvel?

Wanda pun belum bisa move on. Dia masih mengingat kedua anak kembarnya, Billy dan Tommy. Di adegan pascakredit WandaVision, Wanda yang sedang mempelajari Darkhold mendengar suara riuh rendah kedua anaknya itu. Putus asa dan terobsesi, Wanda pun bertekad menemukan keduanya, apa pun caranya. Inilah yang membuatnya menjadi antagonis di Multiverse of Madness.

Penggemar MCU mungkin baru kali pertama bisa menyaksikan dahsyatnya kekuatan Wanda ketika dia tidak menjadi pahlawan. Namun, bagi penggemar komik, Wanda dikenal sudah pernah menjadi pahlawan dan penjahat. Scarlet Witch awalnnya diperkenalkan sebagai penjahat X-Men. Dia dan kembarannya, Pietro alias Quicksilver, menjadi anggota Persaudaraan Mutan, yang dipimpin Magneto. Grup ini sering bertarung melawan X-Men pimpinan Profesor Charles Xavier.

Tapi, setahun kemudian, baik Scarlet Witch dan Quicksilver, meninggalkan Persaudaraan Mutan. Mereka lantas bergabung dengan Avengers. Ini menjadi awal masa Wanda sebagai pahlawan. Namun, di busur Avengers: Disassembled dan House of M, Scarlet Witch kembali menjadi ancaman. Kali ini lebih berbahaya akibat Sihir Kekacauan, konsep yang dibawa WandaVision ke MCU.

Di cerita-cerita ini, kegagalan Scarlet Witch mengendalikan kekuatan besarsnya dan kemampuan barunya untuk mengubah realitas menyebabkan tragedi untuk Avengers. Ini termasuk kematian Vision, Hawkeye, Ant-Man, dan tiap mutan di dunia kehilangan kekuatan mereka. Seperti peran Scarlet Witch di Doctor Strange 2, dua cerita ini menunjukkan betapa Wanda, di situasi tertentu, bisa menjadi penjahat.
Apakah Wanda Maximoff Benar-benar Jahat di Jagat Marvel?

Namun, setelah apa yang terjadi di Avengers: Disassembled dan House of M, Wanda tidak pernah menjadi penjahat utuh jika dibandingkan dengan karakter seperti Thanos atau Kang the Conqueror. Nyatanya, Wanda kembali bergabung dengan Avengers di busur Avengers vs. X-Men. Ini mengonfirmasi betapa non-linear dan terbukanya intepretasi sejarah karakter itu.

Meski cerita seperti Avengers: Disassembled dan House of M memang terkenal, bahkan bagi mereka yang tidak membaca komik, cerita-cerita ini tidak membuat seluruh warisan Scarlet Witch di komik Marvel. Dari umpan Magneto sampai menjadi kekuatan yang harus diperhitungkan, peran Wanda di komik Marvel tidak bisa disebut sebagai pahlawan atau penjahat begitu saja. Penggemar MCU baru akan melihatnya sekarang.



Wanda Maximoff versi MCU berubah dari umpan Hydra menjadi seorang Avenger lantas menjadi penjahat berbahaya. Rute ini mirip dengan yang dijalani karakter itu di komik. Perbedaan utama antara MCU dan komik adalah komiknya sudah berjalan bertahun-tahun dan banyak edisi untuk kembali menempatkan Scarlet Witch sebagai pahlawan. Tapi, bagi MCU, mereka akan menghadapi tantangan untuk meneruskan cerita Wanda setelah peristiwa di Doctor Strange in the Multiverse of Madness.
(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2200 seconds (0.1#10.140)