Moon Knight Episode 5 Ungkap Asal Usul Pahlawan Baru Marvel

Kamis, 28 April 2022 - 02:02 WIB
loading...
Moon Knight Episode 5 Ungkap Asal Usul Pahlawan Baru Marvel
Moon Knight episode 5 akhirnya mengungkapkan asal usul pahlawan baru Marvel tersebut. Dalam perjalanan di memorinya, Marc mengingat pertemuannya dengan Khonshu. (Foto: ScreenGrab/Disney+)
A A A
Asal usul Moon Knight akhirnya terkuak di episode 5 serial Marvel Cinematic Universe (MCU) yang tayang di Disney+ itu. Episode ini mengungkapkan semuanya. Dari bagaimana Marc Spector mendapatkan alter ego hingga pada akhirnya dia bertemu Khonshu, dewa bulan Mesir.

Tapi, tentu saja, seperti episode sebelumnya, episode ini tetap menimbulkan pertanyaan. Apakah Moon Knight itu benar-benar ada atau itu hanya ada di kepala Marc saja? Terlebih, episode ini pun masih ber-setting di rumah sakit jiwa, tempat Marc selama ini dirawat.

Moon Knight membuktikan diri sebagai salah satu serial MCU dengan twist paling seru. Penonton sampai sekarang diajak untuk menebak-nebak apakah Moon Knihght itu sebenarnya ada atau tidak. Dengan pekan depan serial ini memasuki episode terakhir, maka jawaban demi jawaban atas misteri siapakah Moon Knight pun diharapkan akan terjawab dengan tuntas.



1. Marc Spector dan Steven Grant sudah mati
Moon Knight Episode 5 Ungkap Asal Usul Pahlawan Baru Marvel

Episode 4 berakhir dengan Marc dan Steven bertemu dewa kudanil yang aneh. Dia adalah Tawaret, pemandu jiwa menuju akhirat. Di episode 4, Marc ditembak Arthur Harrow. Episode 5 menunjukkan kalau Marc akhirnya tewas akibat tembakan itu, setidaknya itu yang dikatakan Tawaret. Ini akhirnya bisa menjelaskan mengapa Marc bisa “membelah” diri dan Steven bisa keluar dari tubuhnya. Karena Marc mati, maka jiwa di dalamnya pun keluar, termasuk jiwa Marc.

Rumah sakit jiwa (RSJ) tempatnya dirawat ternyata merupakan perwujudan imajinasinya atas Duat, alam bawah tanah Mesir. Duat adalah jalan mereka menuju ke A’aru atau Padang Ilalang. Menurut Tawaret, tempat itu akan muncul seperti apa yang ada di dalam pikiran mereka. Duat itu menjadi RSJ karena Marc punya gangguan jiwa. Padahal, aslinya, mereka berada di sebuah kapal besar milik Tawaret.

2. Marc dan Steven harus menyeimbangkan timbangan
Moon Knight Episode 5 Ungkap Asal Usul Pahlawan Baru Marvel

Kapal itu itu membawa Marc dan Steven ke A'aru atau Padang Ilalang. Namun, agar mereka sampai di sana, jiwa mereka harus stabil. Namun, timbangan Marc tidak seimbang. Menurut Taweret itu karena hati mereka tidak lengkap. Agar jiwa mereka lengkap, mereka harus saling terbuka.

Menurut Taweret, jika mereka gagal, maka mereka akan terlempar dari kapal itu dan terjebak di Duat selamanya. Karena kapal Taweret berisi memori, maka Marc dan Steven harus mencari memori yang bisa menyeimbangkan timbangan itu. Sepertinya mudah, tapi ternyata itu adalah perjalanann yang menyakitkan.

3. Masa lalu Marc Spector
Moon Knight Episode 5 Ungkap Asal Usul Pahlawan Baru Marvel

Usaha mereka untuk menyeimbangkan timbangan itu membawa mereka ke masa lalu. Mereka kembali ke RSJ dan melihat-lihat kamar di sana. Salah satunya membawa mereka ke sebuah ruangan penuh korban keganasan Marc ketika masih menjadi tentara bayaran dan Moon Knight. Namun, sesosok anak kecil menarik perhatian Steven.

Ternyata, anak kecil itu adalah Randall, adik Marc. Dia tewas tenggelam di dalam sebuah gua setelah Marc mengajaknya ke sana. Kematian Randall membuat hubungan Marc dan ibunya menjadi buruk. Marc pun menyimpan rasa bersalah atas kematian adiknya itu.

4. Lahirnya Moon Knight
Moon Knight Episode 5 Ungkap Asal Usul Pahlawan Baru Marvel

Episode 5 akhirnya mengungkapkan bagaimana Marc berubah menjadi Moon Knight. Seperti diceritakan di komik, Marc yang sekarat menemukan dirinya berada di bawah tangga sebuah kuil. Khonshu yang menghuni kuil itu kemudian menawari Marc kesempatan kedua untuk hidup, tapi sebagai Moon Knight, avatarnya. Marc menerima tawaran tersebut.

Asal usul Moon Knight memang belum pernah diungkap di serial ini sejak awal. Di episode 5 akhirnya terungkap jika Marvel tidak mengubah asal usul ini. Apa yang terjadi pada diri Marc di hadapan Khonshu itu sama dengan yang terjadi komik.

5. Lahirnya Steven Grant
Moon Knight Episode 5 Ungkap Asal Usul Pahlawan Baru Marvel

Episode 5 juga mengungkapkan bagaimana Steven Grant lahir. Steven lahir di masa buruk Marc kecil. Sejak kematian adiknya, Marc kerap menjadi korban kekerasan ibunya yang menyalahkannya atas kematian Randall. Ibunya juga jadi membenci Marc.

Di tengah kekerasan yang diterima Marc, Steven pun “lahir”. Dia adalah perwujudan kehidupan Marc yang bahagia dan naif. Selain itu, Steven juga merupakan tokoh yang tercipta dari seorang petualang idolanya, Steven Grant, tokoh dari film yang diputar di episode 4. Marc juga membuat Steven sebagai sosok yang mengingat ibunya sebagai orang baik.

Apa yang terjadi ini akhirnya membuat Steven sadar kalau dia tidak nyata. Bahwa dia adalah sosok yang diciptakan Marc. Namun, Marc tidak menyangka jika kemudian Steven menguasai tubuhnya. Sejak Steven mengambil alih kendali, Marc kesulitan untuk tampil sebagai dirinya.

6.Misteri Arthur Harrow
Moon Knight Episode 5 Ungkap Asal Usul Pahlawan Baru Marvel

Episode 1—3 Moon Knight menggambarkan Arthur Harrow sebagai antagonis. Tapi, di episode 4 dan 5, Arthur digambarkan sebagai seorang dokter yang merawat Marc Spector di sebuah fasilitas kesehatan mental di Chicago, Illinois. Dia mengenal sosok Marc dan juga Steven.

Dalam satu sesi wawancara, Arthur meminta agar Steven keluar. Ketika Steven keluar, Arthur mengungkapkan sesuatu yang mengejutkan. Ibu Steven alias Marc-lah yang membawanya ke RSJ itu. Selain itu, ibunya ternyata sudah meninggal dunia. Ketika ibunya meninggal itulah, Marc kehilangan kendali atas tubuhnya dan Steven pun berkuasa.

Arthur masih menjadi misteri di serial ini. Di episode awal, dia adalah seorang pemimpin sekte yang berusaha menghidupkan Ammit dan membuat Khonshu dihukum. Dia berhasil mewujudkan cita-citanya. Di episode 4, dia menembak Marc yang kemudian terbangun di RSJ.

Di RSJ, Arthur adalah psikiater atau dokter yang merawat Marc. Dia pintar memainkan pikiran tentara bayaran itu. Serial ini masih menyimpan misteri tentang Arthur: versi mana yang benar? Karena Marc sadar kalau dia sakit jiwa, maka Arthur versi dokter-lah yang mungkin benar. Tapi, karena Marc dan Steven sama-sama curiga dengan Arthur, maka mungkin Arthur memang penjahat.



7. Marc sampai A’aru
Moon Knight Episode 5 Ungkap Asal Usul Pahlawan Baru Marvel

Setelah kembali ke masa lalu dan Marc harus menghadapi iblisnya, Marc dan Steven sadar kalau mereka membutuhkan Khonshu. Mereka lalu meminta Tawaret putar balik. Tawaret pun setuju meski dia tidak yakin kalau rencana mereka akan berhasil. Terlebih, dia tahu kalau Marc dan Steven seharusnya tidak lagi butuh Khonshu.

Namun, ketika gerbang Osiris muncul, timbangan Marc tidak pernah seimbang. Maka, mereka pun akan berakhir di Duat. Marc dan Steven kemudian diserang para korban Marc di masa lalu yang terjebak di Duat. Marc pun melawan sekuat tenaga, Steven berusaha membantunya. Sayang, Steven kemudian terjatuh ke padang pasir. Dia membeku.
Moon Knight Episode 5 Ungkap Asal Usul Pahlawan Baru Marvel

Marc pun sangat sedih saat melihatnya. Namun, tanpa dia sadari, timbangannya menjadi imbang dan berhenti bergerak. Gerbang A’aru pun terbuka dan Marc sampai di tempat tersebut.

Episode 6 yang akan tayang pekan depan seharusnya menjawab apa yang terjadi pada Marc setelah tiba di A’aru. Selain itu, apakah yang terjadi pada Marc ini adalah kenyataan atau halusinasi pastinya akan terjawab. Moon Knight telah menjadi serial Marvel yang paling membuat penonton mempertanyakan semuanya.
(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1526 seconds (0.1#10.140)