Moon Knight Episode 4 Ungkap Marc Spector Adalah Pasien RSJ

Kamis, 21 April 2022 - 03:03 WIB
loading...
Moon Knight Episode 4 Ungkap Marc Spector Adalah Pasien RSJ
Ending Moon Knight episode 4 memberikan twist terbesar di Marvel Cinematic Universe (MCU). Ending itu membuat penonton mempertanyakan seluruh serial ini. (Foto: ScreenGrab/Disney+)
A A A
Moon Knight episode 4 memberikan salah satu twist terbesar dalam sejarah Marvel Cinematic Universe (MCU). Ending episode ini memunculkan pertanyaan penting: apakah yang dialami Marc Spector alias Steven Grant di serial ini nyata atau tidak? Setting rumah sakit jiwa dan kondisi mental protagonis serial ini akhirnya menantang penontonnya.

Episode 1—3 serial ini memperkenalkan Moon Knight, pahlawan baru MCU. Diperankan Oscar Isaac, dualitas antara identitas karakter Marc Spector dan Steven Grant serta peran mereka dalam melayani Khonshu menjadi tulang punggung serial ini. Setelah menyaksikan mereka bekerja sama untuk menghentikan Arthur Harrow (Ethan Hawke) membangkitkan Ammit, Moon Knight episode 4 membalik semua ceritanya.

Dari awal cerita Moon Knight, Marvel telah memberikan alasan bagi penonton untuk mempertanyakan apa yang terjadi. Moon Knight episode 1 tidak memperlihatkan peristiwa yang terjadi ketika Marc mengambil alih. Sementara, pengalaman Steven dengan supranatural menimbulkan pertanyaan tentang kesehatan mentalnya. Tapi, serial ini telah mengeksplorasi hubungan antara Marc, Steven, dan kemungkinan identitas ketiga mereka dengan Moon Knight dengan sangat baik.

Bagian 35 menit pertama episode 4 meneruskan cerita yang sudah diikuti penonton sejak awal. Tapi, bagian 15 menit terakhirnya memperlihatkan lokasi baru dan konsep yang akan dimainkan di dua episode terakhir serial ini. Episode 4 berakhir dengan twist ending. Marc terlihat menjadi sebuah pasien di sebuah rumah sakit jiwa. Apa yang sebenarnya terjadi? Mengutip Screen Rant, ada sejumlah teori yang bisa menjelaskannya.



1. Apakah yang terjadi sebelum Moon Knight episode 4 itu nyata?
Moon Knight Episode 4 Ungkap Marc Spector Adalah Pasien RSJ

Realitas baru Marc sebagai pasien di sebuah RSJ jelas mengubah konteks episode sebelumnya. Itu bisa berarti kalau semua yang terjadi di tiga episode sebelumnya tidak benar-benar terjadi. Setting RSJ itu mencerminkan dunia petualangan yang sebelumnya dihuni Marc. Tapi, sebagian besar detailnya berubah dan bisa dilihat sebagai hiasan di bagian pikiran Marc.

Layla adalah teman Marc dan sesama pasien di RSJ. Dia bukan istri yang pergi berpetualang dengannya. Kostum Moon Knight terlihat di sebuah action figure yang dipegang Marc. Sementara, identitas Steven Grant, petualangan lainnya dan dewa bulan sepertinya muncul dari sebuah film berdana rendah. Semua detail ini segera menaikkan kewaspadaan tentang apa yang telah diperlihatkan sebelumnya. Ini bisa mengindikasikan kalau 3,5 episode Moon Knight terjadi di kepala Marc.

Twist ending Moon Knight episode 4 ini akan membalik semua yang sudah mungkin dikira sudah diketahui tentang karakter Moon Knight. Ini akan membuat Marvel kembali memperkenalkan cerita asal usul sesungguhnya Marc. Mereka bisa mengungkap kalau sebenarnya dia bukanlah superhero. Ini tentu akan berarti kalau petualangan Moon Knight dan Layla mengejar Arthur Harrow tidak benar-benar terjadi.

Apa yang terjadi di sini sejauh ini juga tidak mempengaruhi semesta lebih besar Marvel. Mungkin inilah alasan mengapa Moon Knight tidak punya banyak referensi MCU. Marc bisa menghabiskan sebagian besar hidupnya di RSJ ini. Artinya, dia tidak menyadari peristiwa besar di Fase 4 MCU yang terjadi di luar empat dinding realitasnya.

Ide kalau peristiwa Moon Knight terjadi tidak benar-benar terjadi memberikan kebebasan bagi cerita ini di dua episode terakhirnya. Ada penekanan besar atas kemungkinan ini yang menimbulkan lebih banyak pertanyaan tentang apa yang terjadi setelahnya. Karena Moon Knight mengindikasikan kalau protagonis pusatnya bukanlah pencerita yang bisa dipercaya, ada potensi kalau peristiwa yang terjadi juga merupakan imajinasi Marc. Ini lebih jauh mengaburkan garis antara apa yang nyata dan apa yang palsu.

2. Bagaimana Marc Spector dan Steven Grant berinteraksi?
Moon Knight Episode 4 Ungkap Marc Spector Adalah Pasien RSJ

Salah satu momen besar di Moon Knight episode 4 menimbulkan pertanyaan adalah setelah Marc kabur dari kantor Arthur. Ini terjadi setelah dia menemukan sebuah sarkofagus yang di dalamnya ada Steven Grant. Marc membuka tutup sarkofagus dan membiarkan Steven keluar. Mereka pun bingung dengan interaksi yang sekarang mereka bagi.

Sementara sebelumnya Moon Knight membiarkan dua identitas ini berintraksi dengan berbicara lewat cermin, setting RSJ adalah contoh pertama di mana mereka secara fisik ada di saat yang sama dan bisa berinteraksi secara fisik. Tidak satu pun dari mereka yang tahu bagaimana itu mungkin. Tapi, mereka sepakat kalau hal terakhir yang mereka ingat adalah mereka ditembak Arthur di makam Ammit.

Interaksi Steve dan Marc di dunia fisik membuka kemungkinan kalau RSJ Moon Knight ini tidak nyata. Kecuali MCU berencana mengubah apa yang mungkin dengan identitas Moon Knight, ini tidak bisa dicapai di dunia nyata. Itu berarti, Moon Knight episode 4 memasukkan satu bagian penceritaannya di luar apa yang nyata. Hanya dunia palsu itu sekarang berusaha meyakinkan Marc kalau itu adalah yang nyata.

3. Apakah RSJ Moon Knight adalah konstruksi mental?
Moon Knight Episode 4 Ungkap Marc Spector Adalah Pasien RSJ

Kalau peristiwa Moon Knight benar-benar terjadi seperti yang sebelumnya dipaparkan, maka itu berarti RSJ di episode 4 adalah konstruksi mental. Dasar argumen ini berasal dari semua yang terjadi di rumah sakit. Begitu juga masa depan MCU diperkirakan mirip. Dalam bentuknya yang paling sederhana, ide kalau Marc sekarang berada di kontruksi mental tertentu bisa menjelaskan elemen RSJ yang fantastik dan tidak bisa dijelaskan di akhir episode 4.

Ini termasuk interaksi fisik dengan Steven hingga bertemu dewa kudanil. RSJ itu mungkin nyata dan momen itu adalah bagian dari imajinasi Marc. Tapi, semuanya membuat apa yang melibatkan Moon Knight tidak perlu dipikirkan secara serius karena mungkin itu tidak benar.

Terjebaknya Marc dan Steven di konstruksi mental yang didesain seperti RSJ mencuatkan pertanyaan tersendiri. Misalnya, siapa yang bertanggung jawab atas lokasi baru itu. Ini bisa jadi akibat Arthur yang melepaskan Ammit. Karena dewa keadilan itu bisa mencampuri Moon Knight dan memutuskan untuk memenjarakannya di dunia lain.

Di skenario ini, pikiran Marc mungkin bertanggun jawab memahami lokasi baru ini sebaik mungkin, menghasilkan setting RSJ serta wajah yang dikenal sebagai pasien dan pekerja. Itu juga bisa menjadi konstruksi mental yang dibuat Khonshu yang membuatnya bisa berinteraksi dengan Marc. Ini bahkan bisa terjadi di pikiran Moon Knight di mana Marc dan Steven terjebak di situ karena identitas lain telah mengunci mereka dari tubuh mereka. Komik telah menggunakan ide yang sama untuk mempresentasikan nisan Marc, yang memaksanya berjuang untuk kembali ke Khonshu.

4. Apakah Arthur Harrow benar-benar membunuh Moon Knight?
Moon Knight Episode 4 Ungkap Marc Spector Adalah Pasien RSJ

Peristiwa sebelum twist ending di episode 4 juga bisa punya cerita. Di situ, Arthur menembak dada Marc dua kali. Sementara Marc biasanya punya kostum healing Moon Knight untuk melindunginya, hukuman yang dijatuhkan para dewa Mesir terhadap Khonshu membuatnya rapuh. Bisa dicatat kalau dua tembakan di dada itu mencerminkan bagaimana awalnya Marc tewas di malam ketika dia menjadi Moon Knight.

Di saat debat muncul atas apa yang akan terjadi padanya ke depan, sangat mungkin kalau Arthur memang membunuh Moon Knight di momen itu. Kalau ini terjadi, maka dua episode akhir Moon Knight jelas akan mengeksplorasi Khonshu yang mendapatkan kembali kebebasannya. Dia kembali berpasangan dengan Marc dan menghidupkannya kembali sehingga dia bisa menjadi Moon Knight dan menghentikan Arthur.

5. Misteri sarkofagus ketiga di episode 4
Moon Knight Episode 4 Ungkap Marc Spector Adalah Pasien RSJ

Bagian misteri lainnya yang muncul di ending episode 4 adalah sarkofagus lainnya. Itu adalah sarkofagus ketiga di episode ini. Peti Mesir itu jelas berisi seseorang atau sesuatu. Tapi, tidak ada jawaban yang diberikan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1428 seconds (0.1#10.140)