10 Pengkianatan Terbesar dan Paling Mengejutkan di Film Marvel

10 Pengkianatan Terbesar dan Paling Mengejutkan di Film Marvel
Di Marvel Cinematic Universe (MCU), persahabatan dan aliansi ditempa sepanjang waktu. Tapi, itu tidak berarti tidak ada pengkhianatan pecah di antara mereka. (Foto: Digital Spy)
Pengkhianatan bukanlah cerita baru di Marvel Cinematic Universe (MCU) . Namun, tetap saja, ketika pengkhianatan itu terjadi, ini selalu mengejutkan dan menjadi twist menarik. Terlebih, ketika pengkhianatan itu dilakukan oleh orang terdekat karakter tersebut.

Pengkhianatan memang tidak bisa terhindarkan di MCU. Adanya ikatan persahabatan dan aliansi yang kuat tidak menjamin hubungan itu akan baik-baik saja. Pengkhianatan telah diperkenalkan di MCU sejak Iron Man pada 2008 ketika Obadiah Stane mengkhianati Tony Stark.

Namun, pengkhianatan Obadiah itu bukan yang pertama dan terakhir di MCU. Sepanjang perjalanan franchise raksasa itu, pengkhianatan sudah terjadi berulang kali. Beberapa di antaranya adalah pengkhianatan terbesar dan paling mengejutkan. Apa saja? Mengutip Screen Rant, berikut ulasannya!

Baca Juga: 7 Karakter Superhero Muslim yang Harus Kamu Ketahui

10. Wakanda — Black Panther
10 Pengkianatan Terbesar dan Paling Mengejutkan di Film Marvel

Black Panther punya cerita tentang pengkhianatan dengan caranya sendiri. Dua putra kerajaan Wakanda saling bermusuhan Dan berhadapan. Tragisnya, T'Chaka membunuh adiknya, N'Jobu. Dia meninggalkan seorang putra tanpa keluarga dan tidak punya pengetahuan tentang kampung halamannya. Anak itu ditinggalkan begitu saja demi "mempertahankan kebohongan" kalau N'Jobu menghilang Dan menutupi peran Wakanda dalam tragedi itu.

Anak itu, N'Jadaka, alias Erik Killmonger, terbentuk oleh trauma itu. Pengkhianatan ini bergema di level yang lebih dalam karena sifat personalnya. Ini juga mepresentasikan penggambaran Wakanda yang dingin dan tidak berperasaan, yang ingin menempatkan citra negara "baik" dalam memperlakukan salah satu warga aslinya. Dengan melakukan ini, mereka membatalkan tujuan yang sangat ingin dicapai Wakanda.

9. Hank Pym — What If...?
10 Pengkianatan Terbesar dan Paling Mengejutkan di Film Marvel

Di episode 3, What If...the World Lost Its Mightiest Heroes?, Hank Pym, sekutu SHIELD, mulai melakukan balas dendam terhadap Nick Fury. Dia membunuh para Avengers ketika Fury berusaha merekrut mereka. Pada akhir episode itu, penonton tahu kalau motivasi balas dendam Hank adalah kematian putrinya, Hope, saat bertugas sebagai agen SHIELD.

Balas dendam dan pembunuhan terhadap seluruh tim superhero dilakukan hanya demi mendapatkan poinnya. Rasa kehilangan Hank mendorongnya untuk mengkhianati organisasi yang didukung putrinya dan dirinya itu. Sifat personal dan kekacauan yang ditimbulkan Hank membuat pengkhianatannya ini jadi intensif.

8. Yondu — Guardians of the Galaxy
10 Pengkianatan Terbesar dan Paling Mengejutkan di Film Marvel

Peter Quill akhirnya bertemu ayahnya, Ego, di Guardians of the Galaxy 2. Ego mengungkapkan kalau dia sudah keliling galaksi untuk mencari anaknya itu agar dia bisa membantunya mengambil alih semesta. Kemudian, terungkap kalau Yondu Udonta, yang diutus mencari anak-anak Ego, menolak menyerahkan Peter ke ayahnya itu.

Insiden ini membuktikan kalau tidak semua pengkianatan itu buruk. Keputusan Yondu mempunyai banyak konsekuensi. Yondu mengalami pertumbuhan pribadi sebagai karakter, membentuk ikatan dengan Peter, Dan menyelamatkan semesta dengan menunda potensi kehancurannya.

7. Kazi — Hawkeye
10 Pengkianatan Terbesar dan Paling Mengejutkan di Film Marvel

Hawkeye memperkenalkan komandan Tracksuit Mafia, Maya "Echo" Lopez yang tunarungu, dan Kazimiers "Kazi" Kazmierczak, tangan kanannya. Echo terobsesi balas dendam terhadap Ronin Atas pembunuhan ayahnya. Tapi, dia kemudian tahu kalau Ronin mendapatkan informasi untuk kesempatan membunuh ayahnya itu. Bukti terkuat mengarah pada Kazi yang menjadi informan Ronin.

Yang menarik dari pengkhianatan ini adalah Kazi terus setia kepada Maya. Meskipun dampak besar yang dia ciptakan akibat memberitahu Ronin dan menyebabkan kematian ayah Maya, Kazi sepertinya benar-benar peduli pada Maya. Dia bahkan membayar pengkhianatannya itu dengan nyawanya. Tapi sebelumnya, dia berusaha meyakinkan Maya agar menghentikan impiannya untuk balas dendam.

6. Natasha Romanoff — Captain America: Civil War
10 Pengkianatan Terbesar dan Paling Mengejutkan di Film Marvel

Natasha adalah orang yang lebih menilai orang ketimbang misi. Di film itu, kekacauan pecah setelah Avengers retak Dan saling berhadapan satu sama lain. Steve dan Bucky berusaha kabur demi meneruskan investigasi yang akan membersihkan nama Bucky. Natasha, yang bertempur untuk kubu berseberangan, mengkhianati tim Iron Man dan membantu kaburnya dua orang itu.

Interaksi ini tidak akan pernah terjadi kalau Steve tidak membuktikan kemampuan dan integritasnya kepada Natasha di film sebelumnya. Steve memberi contoh kepada Natasha untuk memprioritaskan orang di atas misi. Dia jelas meninggalkan kesan yang kuat terhadap Natasha karena dia tidak segan memutuskan membalas jasa Steve. Ini adalah pengkhianatan, tapi kalau ini ada kualitas yang bisa dikagumi atas keputusan itu.

5. Mysterio — Spider-Man: Far From Home
10 Pengkianatan Terbesar dan Paling Mengejutkan di Film Marvel

Film ini terjadi setelah kematian Tony Stark. Akibat kematian itu, Peter Parker tidak lagi punya mentor. Maka, masuklah Mysterio. Tak lama setelah mendapatkan kepercayaan Peter, terungkap kalau Mysterio hanya memanfaatkan Spidey demi melakukan niat jahatnya.

Insiden ini terjadi di masa yang kejam bagi Peter. Pahlawan muda itu sendirian, ditinggalkan, dan dunia yang sedang berkabung tidak akan membiarkan Peter untuk melupakan Tony. Mysterio yang memanfaatkan kebutuhan berkabung dan peluang ketiadaan mentor itu membuat pengkhianatan ini menjadi aksi jahat ganda.

4. Agatha Harkness — WandaVision
10 Pengkianatan Terbesar dan Paling Mengejutkan di Film Marvel

Misteri telah menyelimuti serial ini sejak awal. Penonton dengan cepat diperkenalkan dengan tetangga Wanda dan Vision yang aneh, Agnes. Dia sepertinya selalu muncul di saat yang penting. Agnes kemudian terungkap sebagai Agatha Harkness, penyihir kuat yang memanipulasi semua peristiwa dari sejak awal serial ini.

Campuran daya tarik dan niat jahat itulah yang membuat Agatha sangat jahat. Dia berusaha mencuri setiap inti yang membuat Wanda jadi sangat kuat, baik sebagai penyihir atau ibu. Di atas semua itu, pengkhianatan itu muncul dengan lagu temanya sendiri.

3. Sylvie — Loki
10 Pengkianatan Terbesar dan Paling Mengejutkan di Film Marvel

Untuk urusan berkhianat, tidak ada yang selicik Loki di MCU. Namun, Loki tentu tidak pernah membayangkan kalau dirinya akan dikhianati oleh tak lain dan tak bukan oleh variannya sendiri, Sylvie. Sylvie diperkenalkan sebagai karakter yang memendam dendam terhadap Otoritas Variasi Waktu (TVA). Sepanjang hidupnya, Sylvie pun berusaha meruntuhkan organisasi yang dianggapnya telah mengacaukan hidupnya itu.

Dengan bantuan Loki, dia pun bisa meruntuhkan TVA. Namun, ketika berhadapan dengan He Who Remains, Sylvie menghadapi dilema. Loki terus merayunya untuk tidak melakukan apa pun dan kembali bersamanya. Terlihat menuruti permintaan Loki, Sylvie akhirnya mengkhianati Loki. Dia mengirim Loki ke lini masa berbeda dan membunuh He Who Remains. Akibatnya, multiverse pun terlepas. Pengkhianatan Sylvie ini punya imbas yang sangat besar terhadap MCU.
halaman ke-1
Share: