7 Karakter Superhero Muslim yang Harus Kamu Ketahui

Minggu, 03 April 2022 - 13:53 WIB
loading...
7 Karakter Superhero Muslim yang Harus Kamu Ketahui
Karakter superhero muslim jarang terekspos di layar. Tapi, itu tidak berarti mereka tidak ada. Superhero muslim ini sebagian besar ada di halaman buku komik. (Foto: CBR)
A A A
Dunia superhero bukanlah jajahan satu kaum tertentu. Di dalamnya, terdapat banyak karakter yang berasal dari latar belakang budaya dan kepercayaan yang berlainan. Salah satunya adalah superhero muslim. Meski jarang terekspos, keberadaan para superhero muslim ini tidak kalah penting dari superhero lainnya.

Sebagian besar superhero muslim dari komik populer seperti DC dan Marvel baru menjadi karakter pendamping. Mereka juga belum berkesempatan muncu di layar dan diperkenalkan kepada penikmat tontonan seru. Jadi, nama mereka baru sebatas dikenal penggemar komik.

Namun, dengan diperkenalkannya Ms. Marvel di Disney+ tahun ini, keberadaan superhero muslim ini akan jadi terekspos. Terlebih, Ms. Marvel juga bukan satu-satunya superhero muslim dari gudang komik Marvel. Selain dia, ada beberapa superhero muslim lainnya yang sebagian besar berasal dari franchise X-Men.

Para superhero muslim ini punya cerita latar yang menarik. Dari yang mendapatkan kekuatan dari artefak kuno sampai mualaf hasil rekayasa genetik, semuanya ada. Mereka adalah pejuang untuk diri mereka dan juga kaum mereka. Jadi, siapa superhero muslim baik dari Marvel dan DC? Simak ulasan berikut ini!



7. Dr. Faiza Hussain alias Excalibur
7 Karakter Superhero Muslim yang Harus Kamu Ketahui

Faiza adalah seorang dokter yang mendapatkan kemampuan mengendalikan organisme hidup setelah dihantam senjata laser Skrull. Dia kali pertama muncul di komik Captain Brian and MI:13. Penulis serial ini menyebut kekuatannya sebagai membuka tubuh dan memilahnya hingga level subatomik dengan aman. Ini berguna baginya sebaggai seorang dokter dan superhero. Dia diperlihatkan memecah tubuh menjadi bagian dasarnya sementara menjaga pasiennya tetap hidup dan menghentikan pergerakan sepasukan Skrull.

Selain itu, dia menjadi pemegang pedang legendaris, Excalibur, dan menggunakannya untuk melawan vampire setelah menjadi anggota MI:13. Dia juga menjadi pengawal Black Knight. Di Age of Ultron, dia menjadi Captain Britain untuk sementara waktu ketika Captain Britain Brian Maddock ketakutan kalau dia akan mati di pertempuran. Ada harapan dia akan tampil di filmBlade.

6. Bilal Alsselah alias Nightrunner
7 Karakter Superhero Muslim yang Harus Kamu Ketahui

Bilal adalah ABG biasa dari Paris sampai ulang tahunnya yang ke-16. Pada hari itu, dia dan sahabatnya, Arif, terjebak di tengah protes muslim Prancis dan dipukuli polisi. Meski mereka sembuh, Arif melawan polisi lagi dan tewas setelah membakar kantor polisi. Setelah kematian sahabatnya itu, Bilal menyadari kesalahan para demonstran dan polisi. Dengan menggunakan moral barunya dan pelatihannya sebagai atlet parkour, dia menjadi vigilante bertopeng bernama Nightrunner.

Setelah bertemu Batman dan Dick Grayson (Robin), dia didapuk menjadi perwakilan Batman Incorporated di Prancis. Dia mendapatkan apartemen penthouse lengkap dengan markas rahasia dan perlengkapan pembasmi kejahatan dari Bruce Wayne. Dia juga menerima pelatihan khusus dari Dick. Awalnya, dia dicibir kaum muslim Prancis karena mereka melihatnya sebagai orang Amerika yang benci ide mereka. Tapi, Batman menasihatinya agar melihat dirinya sebagai simbol dan dia bisa mengubah pandangan orang. Dengan dorongan itu, Bilal menjalankan perannya sebagai Batman Paris.

5. Josiah X
7 Karakter Superhero Muslim yang Harus Kamu Ketahui

Josiah X adalah produk serum tentara super di komik Marvel. Dia merupakan anak kandung Isaiah Bradley, Captain America kulit hitam pertama, dan istrinya, Faith. Anak itu yang menjalani rekayasa genetika dan dikandung seorang perempuan bernama Sarah Gail. Josiah X ditinggalkan Sarah di sebuah kereta. Dia kemudian tumbuh di sebuah panti asuhan Katolik di Boston.

Ketika masih remaja, Josiah X masuk angkatan darat Amerika Serikat (AS) dan pergi bertempur di perang Vietnam. Setelah diusir dari rumah keluarga Bradley, Josiah menjadi tentara bayaran. Namun, dia kemudian menemukan Islam dan memahami tujuan di dalamnya. Dia menjadi mualaf dan melaksanakan ibadah haji. Dia kemudian membuka masjid di Little Mogadishu.

4. Sooraya Qadir alias Dust
7 Karakter Superhero Muslim yang Harus Kamu Ketahui

Sooraya adalah mutan anggota X-Men yang lahir di Afghanistan. Dia tahu kalau dia punya kekuatan berubah menjadi zat seperti pasir setelah menyerang seorang penjual budak yang berusaha melepas niqab-nya. Dia kemudian di bawa ke markas X-Corps di India, di mana dia awalnya berubah menjadi pasir untuk bersembunyi dari X-Men yang bertugas di sana. Jean Grey menemukannya dan meyakinkannya agar mengungkap siapa dirinya.

Ketika Sooraya berubah, dia mengumumkan dirinya dengan kata Turaab yang berarti pasir dalam bahasa Arab. Kata itu pun terpatri sekian lama dan anggota timnya memanggilnya sebagai Dust. Sooraya menjadi anggota berbagai tim X-Men, termasuk Hellion Squad dan Young X-Men. Sooraya memilih mengenakan busana tradisional muslimnya, yang lengkap dengan abaya dan niqab. Meski itu menyebabkan friksi di antara X-men dan musuhnya, keyakinannya membuatnya bertahan di pertarungan keras.

3. Monet St Croix alias Penance
7 Karakter Superhero Muslim yang Harus Kamu Ketahui

Monet adalah mutant dengan berbagai kekuatan manusia super, seperti kekuatan, ketangguhan, ketangkasan, dan kecepatan super. Dia punya faktor penyembuh, memori fotografik, kemampuan melyang, terbang, dan kekuatan telekinesis. Dia adalah anggota berbagai cabang X-Men berbeda, seperti Generation X dan X-Factors Investigations.

Dia terungkap sebagai muslim saat menjadi anggota X-Factor. Ini terkuak ketika dia membela agamanya di sebuah demonstrasi anti-muslim. Ketika orang berteriak, “America untuk orang Amerika! Kami tidak butuh teroris muslim di sini! Mereka seburuk mutant”, Monet terbang dan berucap, “Aku muslim dan seorang mutan!” Karena X-Men sudah lama menjadi simbol bagi orang-orang yang terdiskriminasi, dengan Monet melakukan itu, ini sungguh menginspirasi.

2. Simon Baz alias Green Lantern
7 Karakter Superhero Muslim yang Harus Kamu Ketahui

Simon Baz adalah cowok keturunan Lebanon-Amerika yang menjadi anggota muslim pertama di Green Lantern Corps. Ketika tumbuh dewasa, Baz dipersekusi karena etnisnya setelah serangan 11 September. Dia terpilih menjadi seorang Green Lantern setelah berusaha menyelamatkan nyawa dengan mengendarai sebuah mobil curian ke pabrik mobil yang telantar setelah menemukan kalau tempat itu dipenuhi bahan peledak.

Sejak saat itu, dia telah membantu mengalahkan Third Army dan First Lantern. setelah menjadi anggota Justice League, dakwaan kriminalnya dicabut dan dia dinyatakan tidak bersalah secara umum. Dia tampil di komik Green Lantern dan muncul bersama Jessica Cruz sebagai bagian dari latihan mereka.



1. Kamala Khan alias Ms. Marvel
7 Karakter Superhero Muslim yang Harus Kamu Ketahui

Dijuluki superhero muslim pertama Marvel, Kamala Khan juga akan menjadi superhero muslim pertama yang punya serial solo. Karakter superhero remaja ini diciptakan G Willow Wilson, Sana Amanat, dan Adrian Alphona. Kamala diperkenalkan pada Agustus 2013 lewat komik Captain Marvel #14.

Juni mendatang, superhero keturunan Pakistan-Amerika itu akan tampil di serial Disney+. Cerita asal usul Ms. Marvel di Disney+ dan komik ini akan sangat berbeda. Di komik, Kamala punya kaitan dengan kekuatan Inhumans, sementara di serial Disney+, kekuatan Kamala berasal dari artefak kuno yang dia temukan di loteng rumahnya. Serial ini diperkirakan juga memperkenalkan superhero muslim lain, yaitu Red Dagger.
(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2577 seconds (0.1#10.140)