6 Kesalahan Mahasiswa dalam Mengatur Keuangan

6 Kesalahan Mahasiswa dalam Mengatur Keuangan
Kesalahan berulang dalam mengelola uang kamu bisa berdampak parah dan membuatmu terbelit utang. Foto/Ahsanjaya, Pexels
JAKARTA - Mengatur keuangan memang tak mudah dan kita bisa saja melakukan kesalahan. Namun jangan sampai kesalahan tersebut dilakukan berulang kali.

Kalau kesalahan mengelola keuangan dilakukan terus-menerus, maka hidupmu akan terus berantakan. Karena itulah meski masih mahasiswa , kita tetap harus mulai melatih diri mengelola keuangan secara serius.

Berikut kesalahan yang kerap dilakukan mahasiswa saat mengatur keuangannya. Jangan sampai hal ini terus-menerus kamu lakukan.

1. Memprioritaskan Keinginan dibanding Kebutuhan


6 Kesalahan Mahasiswa dalam Mengatur Keuangan

Foto:StockSnap/Pixabay

Kamu mungkin sadar barang-barang lucu dan mahal yang selama ini kamu beli hanya memberimu kepuasan semata. Padahal banyak kebutuhanmu sebagai mahasiswa yang belum terpenuhi.

Jika ini terus terjadi, kebiasaan buruk ini akan terus menyusahkan, bahkan ketika kamu sudah punya gaji sendiri. Karena berapa pun gaji yang kamu punya tak akan cukup jika kamu tak bisa menahan nafsumu.

2. Sulit Menolak Ajakan Teman

6 Kesalahan Mahasiswa dalam Mengatur Keuangan

Foto: Monstera/Pexels

Sudah berapa banyak ajakan teman yang kamu terima hari ini? Sebenarnya tidak masalah menghabiskan waktu dengan teman-teman, tetapi kamu perlu tahu batasannya.

Jika temanmu mengajakmu pergi ke restoran mewah dan tempat-tempat mahal, kamu sangat boleh mengatakan “tidak” demi terselamatkan dari pengeluaran yang berlebihan. Ingatlah selalu prioritas dalam tujuan keuanganmu.

3. Tidak Punya Tabungan

6 Kesalahan Mahasiswa dalam Mengatur Keuangan

Foto:Cottonbro/Pexels

Begitu banyak mahasiswa sering tergoda menghabiskan semua uang yang dimiliki. Padahal dengan mempelajari cara menabung yang baik, kamu tidak hanya mampu untuk memenuhi kebutuhan, tetapi kamu juga akan memiliki kebebasan finansial.

Nantinya kamu bisa menghadiahi diri sendiri dengan makan di restoran yang bagus atau membeli sesuatu yang sudah lama diinginkan.

Baca Juga: Tips Mengatur Keuangan saat Pemasukan Tidak Stabil

4. Pengeluaran yang Tidak Praktis

6 Kesalahan Mahasiswa dalam Mengatur Keuangan

Foto:Conttonbro/Pexels

Sebagai mahasiswa, kamu perlu hidup sehemat dan sepraktis mungkin. Jika kamu mahasiswa perantau, kamu bisa berbagi kamar kos dan biaya sewa dengan temanmu. Ini membuat pengeluaranmu jauh lebih hemat dibandingkan hidup sendiri.

Jika perlu membeli buku, jangan lupa untuk membelinya bersama dengan teman-temanmu. Membeli buku dalam jumlah banyak memungkinkan kamu mendapat harga diskon daripada harga eceran.

5. Tidak Melakukan Pencatatan Pengeluaran

6 Kesalahan Mahasiswa dalam Mengatur Keuangan

Foto:Karolina Grabowska/Pexels

Masih ingat berapa banyak uang yang telah kamu habiskan selama satu semester ini dan ke mana uang itu dihabiskan? Jika tidak, mulai dari sekarang cobalah untuk mencatat semua pengeluaranmu secara teratur.

Dengan begitu kamu bisa membandingkan uang yang kamu miliki saat ini dengan pengeluaranmu kemarin. Kamu juga bisa merencanakan secara jelas ke mana saja uangmu nantinya akan digunakan.

Baca Juga: 6 Karakter Pria Paling Bucin di Drakor

6. Tergoda dengan Aplikasi Pinjaman Online

6 Kesalahan Mahasiswa dalam Mengatur Keuangan

Foto:Andrea Piacquadio/Pexels

Cukup bermodalkan foto selfie dengan KTP, kamu sudah bisa mendapatkan pinjaman uang dalam hitungan jam saja. Karena itulah banyak mahasiswa yang sering berakhir dengan terlilit utang karena melakukan pinjaman online dengan tidak bijaksana.

Seluruh uangmu habis untuk membayar utang sehingga tak ada seperser pun yang bisa kamu gunakan untuk menabung. Tak jarang kamu harus membayar bunganya karena terlambat melakukan pembayaran.

GenSINDO
Shella Mapuji Rellang
Universitas Negeri Jakarta


(ita)
Share: