9 Makanan Anime yang Bisa Dijadikan Menu Berbuka Puasa

Minggu, 10 April 2022 - 07:44 WIB
loading...
9 Makanan Anime yang Bisa Dijadikan Menu Berbuka Puasa
Makanan anime bisa dijadikan menu berbuka puasa. Dari makanan manis, asin sampai berkuah, referensi makanan anime bisa dipilih sebagai alternatif menu biasa. (Foto: Social Frag Anime)
A A A
Di bulan Ramadhan ini, makanan anime bisa menjadi alternatif menu berbuka puasa. Banyak referensi yang bisa didapatkan dari serial anime kesayangan kalian jika memang mau. Makanan-makanan ini lezat dan selalu tampak nikmat disantap setelah seharian menahan lapar.

Ide makanan berbuka puasa dari anime bisa didapatkan dari serial yang berfokus memasak seperti Shokugeki no Soma atau Sweetness & Lightning. Tapi, itu tidak membuat anime lain bukan sebagai referensi. Malahan, ada banyak makanan di anime non-memasak yang juga menarik untuk dicoba.

Sebagian makanan di anime ini sudah terdapat di Indonesia. Ada yang dijual di stand kaki lima, mall, atau restoran khusus masakan Jepang. Kalau ingin menantang diri sendiri, makanan-makanan ini juga bisa dibuat di rumah. Resepnya banyak terdapat di internet. Jadi, makanan anime apa yang bisa dijadikan pilihan berbuka puasa? Berikut rekomendasinya!



9. Ramen
9 Makanan Anime yang Bisa Dijadikan Menu Berbuka Puasa

Menikmati makanan berkuah saat berbuka puasa memang menyegarkan. Apalagi, jika makanan itu disajikan saat masih hangat. Bisa benar-benar mengenyangkan perut, bukan? Salah satunya adalah ramen.

Ramen adalah salah satu makanan paling populer di anime. Makanan ini bisa dinikmati sebagai menu utama saat berbuka puasa. Kuah hangat dan rasa kaldu yang dipadu dengan mi kenyal tentu sangat nikmat disantap setelah seharian menahan lapar. Ramen bisa dibuat sendiri atau ditemukan di banyak restoran masakan Jepang.

8. Dorayaki
9 Makanan Anime yang Bisa Dijadikan Menu Berbuka Puasa

Dorayaki sangat populer di Indonesia berkat Doraemon. Makanan manis ini terdiri atas dua kue mirip pancake kecil dari kastela yang disatukan dengan pasta kacang azuki manis di antara keduanya. Doraemon sangat suka makanan ini.

Di Indonesia, makanan ini gampang ditemukan. Jadi, kalau ada yang ingin menjadikannya sebagai makanan untuk buka puasa, gampang dicari. Bahkan, dorayaki juga bisa dibuat sendiri di rumah.

7. Chazuke
9 Makanan Anime yang Bisa Dijadikan Menu Berbuka Puasa

Bagi kalian yang suka buka puasa langsung dengan makan nasi, chazuke bisa menjadi alternatif. Makanan ini muncul di Shokugeki no Soma dan Bungou Stray Dogs di mana Atsushi Nakajima makan 30 mangkuk makanan ini saking laparnya. Makanan ini terbilang cukup sederhana.

Chazuke terdiri atas nasi yang dituangi teh hijau, kuah dashi (kaldu khas Jepang), atau air panas biasa. Topping-nya biasanya bercita rasa gurih, dari ikan, seafood, nori, atau sayuran. Makanan ini juga cocok untuk sahur bagi yang tidak mau repot. Beras Jepang adalah pilihan tepat untuk membuat makanan ini.

6. Tempura
9 Makanan Anime yang Bisa Dijadikan Menu Berbuka Puasa

Tempura sebenarnya bukan makanan asli Jepang. Makanan ini kali pertama diperkenalkan orang Portugis di Nagasaki lewat teknik memasak gorengan pada abad ke-16. Namun, makanan ini jadi populer di Jepang dengan seafood, daging, dan sayuran yang digoreng dengan adonan tepung.

Tempura bisa dinikmati dengan tentsuyu alias saus tempura. Jika kalian ingin menikmati variasi gorengan untuk menu buka puasa, tempura adalah jawabannya. Makanan ini kian nikmat disantap saat hangat.

5. Kakiage
9 Makanan Anime yang Bisa Dijadikan Menu Berbuka Puasa

Kakiage adalah bakwan Jepang. Perbedaannya dengan bakwan lokal adalah kakiage tidak didominasi adonan tepung. Menurut seorang chef asli Jepang, adonan tepung di kakiage berfungsi sebagai “pengikat” sayurannya agar bisa menyatu. Bakwan ini bisa ditemui di gerai makanan Jepang di Indonesia.

Kakiage biasanya dibuat dari sayuran. Bagi pecinta gorengan untuk berbuka puasa, kakiage bisa menjadi alternatif varian bakwan yang tidak terlalu “bertepung” sehingga rasa sayurannya lebih mendominasi. Makanan ini tidak terlalu terekspos di anime. Terakhir, kakiage ini dinikmati Kyojuro Rengoku di Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba; Mugen Train Arc.

4. Mitarashi Dango
9 Makanan Anime yang Bisa Dijadikan Menu Berbuka Puasa

Bagi penyuka makanan manis, dango bisa menjadi pilihan untuk berbuka puasa. Kue bulat dari tepung ini biasanya dikukus atau direbus sebelum disajikan. Varian dango ada banyak. Tapi, yang paling populer di anime adalah mitarashi dango.

Dango ini biasanya disajikan dengan tusuk. Satu tusuk terdiri atas 4—5 bola kue yang kemudian dilumuri saus manis setelah dibakar. Camilan lezat, manis, dan kenyal ini teman yang cocok untuk minum teh di sore hari. Jadi, bisa pas untuk dijadikan makanan berbuka puasa.

3. Onigiri
9 Makanan Anime yang Bisa Dijadikan Menu Berbuka Puasa

Makanan ini sangat cocok dijadikan menu buka puasa terutama bagi mereka yang berada di jalanan. Onigiri bukan makanan yang sulit ditemukan di Indonesia sekarang. Sejumlah mini market menjual makanan ini dengan berbagai isian di dalamnya.

Lumrahnya, onigiri adalah nasi yang berisi daging, ikan, dan lain-lain, yang dibentuk segitiga dan dibungkus nori. Bentuknya yang tidak memakan tempat membuatnya jadi praktis untuk dibawa-bawa. Bagi mereka yang yakin akan buka di jalan, onigiri jelas pilihan tepat untuk berbuka puasa.

2. Taiyaki
9 Makanan Anime yang Bisa Dijadikan Menu Berbuka Puasa

Taiyaki adalah sejenis kue tradisional Jepang berbentuk dengan isian di dalamnya. Versi tradisional kue ini berisi pasta kacang merah. Tapi, variasi isiannya juga banyak dari cokelat, krim custard, dan sakura. Bagi pecinta rasa gurih, tersedia juga rasa keju.

Jajanan ini bisa dinikmati sebagai makanan buka puasa, terlebih jika disajikan hangat. Meski belum banyak dijual di tempat umum, tapi, taiyaki bisa dibuat sendiri di rumah. Resepnya banyak beredar di internet.



1. Takoyaki
9 Makanan Anime yang Bisa Dijadikan Menu Berbuka Puasa

Takoyaki sudah menjadi jajanan jalanan di Indonesia. Sekarang, sudah banyak stand pinggir jalan yang menjual makanan ini. Jajanan bercita rasa gurih ini dibuat dari adonan tepung yang berisi potongan gurita, sisa tempura, jahe, dan daun bawang.

Takoyaki biasanya disajikan dengan saus mayones Jepang atau saus takoyaki dengan berbagai macam garnish. Jajanan berbentuk bulat ini bisa dinikmati sebagai hidangan berbuka puasa bagi para pecinta makanan gurih. Takoyaki bisa dibuat sendiri di rumah selama punya cetakan dan resepnya.
(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1874 seconds (0.1#10.140)