Siapakah Dewa Matahari Nika yang Diungkap One Piece?

Siapakah Dewa Matahari Nika yang Diungkap One Piece?
Dewa Matahari Nika mengemuka di One Piece setelah terkuaknya rahasia Gomu Gomu no Mi. Nama dewa itu sebenarnya sudah diungkap Whos Who beberapa chapter silam. (Foto: Screen Rant)
One Piece sudah dikenal banyak orang suka mencuatkan misteri besar. Ketika Eiichiro Oda melemparkan misteri ke serial ini, akan lebih banyak pertanyaan yang muncul ketika ceritanya nyaris selesai. Setiap kali penggemar mengira mereka akan mendapatkan jawaban atas misteri yang ada, Oda malah memperkenalkan misteri baru.

Ini pula yang terjadi busur Wano. Di busur terpanjang di One Piece ini, Oda melemparkan misteri baru terkait Dewa Matahari. Inilah kali pertama Oda pernah menyebutkan misteri ini di sepanjang kisah petualangan Luffy dan teman-temannya itu.

Oda mengungkapkan keberadaaan Dewa di dunia One Piece berabad-abad lalu dalam pertarungan Jinbe melawan Who’s Who. Meski keberadaan dewa itu sepertinya tidak relevan dengan plot saat ini, penggemar tahu kalau itu tidak pernah menjadi masalah di serial ini. Tak diragukan lagi, Dewa Matahari bernama Nika itu akan sangat penting di masa depan serial ini. Mengutip Game Rant, berikut ulasannya!

Baca Juga: 8 Buah Iblis yang Sudah Dibangkitkan di Sepanjang One Piece

1. Dewa Matahari Nika
Siapakah Dewa Matahari Nika yang Diungkap One Piece?

Nika pertama kali disebut di Chapter 1.018. Dia adalah prajurit legendaris yang dihormati nyaris seperti dewa. Menurut Who’s Who, dia hidup berabad-abad lalu di dunia One Piece dan disembah seperti dewa di masa kuno.

Nika dikenal punya peran penting dalam perbudakan dunia kuno karena budak itu adalah teman-temannya. Menurut legenda, Nika akan membuat setiap wajah budak tersenyum dan menebar tawa di masa yang sulit. Tapi, legenda Nika ini lebih mendalam dari sekadar membawa kebahagiaan dan tawa kepada orang-orang.

Keyakinan yang sangat populer di dunia kuno One Piece adalah Nika akan membebaskan seluruh budak di dunia. Dia akan melindungi mereka dari orang-orang yang akan mencelakai mereka dan membebaskan mereka. Legenda itu sangat populer sampai para budak itu berdoa kepada Nika dan ini turun temurun hingga ke generasi setelah era ini.
Siapakah Dewa Matahari Nika yang Diungkap One Piece?

Bahkan sampai sekarang, legenda Nika sangat penting bagi para budak. Ini terbukti ketika Who’s Who mulai berdoa kepada Nika ketika dia dipenjara di fasilias Pemerintah Dunia setelah gagal menjaga Gomu Gomu no Mi dari Shanks. Who’s Who mendengar legenda Nika itu dari seorang sipir di tempat itu. Yang mengejutkan, sipir itu menghilang beberapa saat setelahnya. Ini mengimplikasikan kalau Pemerintah melakukan sesuatu terhadap dirinya dan legenda itu tidak ditujukan untuk dibagikanke orang lain.

Mengkhawatirkan nyawanya sendiri, Who’s Who berusaha kabur dari penjara. Dia pun berhasil melakukannya. Dia kemudian bergabung dengan Perompak Beasts pimpinan Kaido dan menjadi anggota Tobiroppo. Saat penyergapan, dia bertarung melawan Jinbe dan mengemukakan pertanyaan tentang legenda Nika.

2. Kaitan Nika dengan Luffy
Siapakah Dewa Matahari Nika yang Diungkap One Piece?

Nika akan memainkan peranan yang penting di serial ini di masa depan. Dalam pertarungan Jinbe vs Who’s Who, penggemar bisa melihat siluet sosok itu. Dari situ, Nika terlihat punya banyak persaman dengan Monkey D Luffy. Dari siluet itu, jelas kalau Nika punya anggota tubuh mirip mi yang, meski aneh, bisa terkait Gomu Gomu no Mi saat itu. Yang lebih mencolok lagi adalah rambut Nika, yang terlihat persis seperti rambut Luffy.

Nika dikenal sebagai prajurit legendaris yang selalu membebaskan budak dari penindasan dan membuat mereka tersenyum. Tidak mengherankan kalau ini juga terkait Luffy. Di mana pun Luffy berada, orang selalu dibebaskan dari para penindas mereka. Luffy telah melakukan yang terbaik untuk memulihkan senyum di wajah mereka.

Di busur Skypiea, Luffy langsung terkait Dewa Matahari itu. Ketika Enel menabrak pulau itu dengan kekuatan penuh dan menutupi matahari, orang-orang mulai berdoa meminta keajaiban kepada Dewa. Beberapa saat kemudian, Luffy muncul menembus awan dan mengalahkan Enel. Dia mengembalikan sinar matahari dan memulihkan senyuman di wajah semua orang.
Siapakah Dewa Matahari Nika yang Diungkap One Piece?

Alasan lain mengapa ini kaitan ini penting adalah karena warga Shadia, dan bahkan mungkin Skypiea, menyembah Dewa Matahari. Ini terbukti ketika putri Kalgara, Mousse, hendak dikorbankan, dia mengklaim akan bertemu Dewa Matahari. Ada banyak misteri terkait Nika di cerita ini. Tapi, dengan terungkapnya Buah Iblis Luffy, penggemar sekarang punya ide lebih jelas tentang siapa Nika.

Baca Juga: 4 Karakter One Piece yang Tidak Mau Makan Buah Iblis

Selintas, Joy Boy adalah Nika pertama karena dia adalah mantan pemakan Gomu Gomu alias Hito Hito no Mi, Model: Nika. Ketika dibangkitkan, Buah Iblis ini memberikan penampilan yang sama seperti Nika yang terlihat di siluet Who’s Who. Setelah kematian Joy Boy, buah itu bereinkarnasi dan—karena Zoan—menginvasi Pemerintah Dunia sejak saat itu sampai Luffy memakannya. Buah itu menganggap Luffy sebagai pengganti Joy Boy yang berharga dan ingin mengujinya.

Di busur Wano, Luffy menghidupkan harapan itu sejak dia berhasil membangkitkan Buah Iblisnya. Dengan melakukan itu, dia kini telah menjadi Nika berikutnya dan pengganti Joy Boy. Nika memegang peranan penting di cerita ini dengan Luffy menjadi orang yang mewarisi kehendaknya.


(alv)
Share: